Kitab Investasi

Kamis, 10 Maret 2022

PENDAFTARAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 7

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila

Guru penggerak akan berperan untuk

  • Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
  • Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  • Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
  • Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah

Guru penggerak diharapkan menjadi pemimpin- pemimpin pendidikan di masa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia.

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Untuk menjadi Guru Penggerak, guru harus mengikuti pendidikan guru penggerak selama 9 bulan. Selama mengikuti proses pendidikan, peserta yang lolos seleksi Program Guru Penggerak akan mendapatkan

  • Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama
  • Peningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid
  • Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstuktur, dan menyenangkan
  • Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos seleksi program guru penggerak
  • Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak
  • Mendapatkan komunitas belajar baru
  • Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak

Selama pelaksanaan Kemdikbud akan memberikan dukungan berupa:

  • Selama pendidikan dan pendampingan mendapatkan bantuan paket data untuk pelatihan daring (online)
  • Biaya transportasi, konsumsi, dan akomodasi jika diperlukan utk pelaksanaan Lokakarya (sesuai kebutuhan).*

*) syarat dan ketentuan berlaku
 
Pada angkatan pertama, kedua, dan ketiga, seleksi program guru penggerak dibuka untuk guru TK, SD, SMP, dan SMA, sedangkan angkatan keempat dst akan dibuka untuk guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. 

Guru dari kabupaten/kota yang belum menjadi daerah sasaran setiap angkatan tidak bisa mendaftar.  Setiap tahun akan dibuka tiga angkatan program pendidikan guru penggerak. Adapun daerah sasaran program angkatan berikutnya dapat dilihat pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/ pada tombol “Daerah Sasaran GP”

Untuk menjadi guru penggerak, guru harus lulus seleksi tahap 1 (CV, Esai, Tes Bakat Skolastik)) dan tahap 2 (Simulasi Mengajar dan Wawancara) dan mengikuti pendidikan guru penggerak selama sembilan (9) bulan.

Cara pindah pendaftaran bisa men-klik tombol lingkaran kecil profil (foto) dipojok kanan atas, kemudian klik "reset pendaftaran".

Jika berkas pendaftaran sudah dikirim, batalkan pengiriman berkas melalui "klik disini" yang berada pada dibawah tulisan berkas terkirim. Kemudian klik batalkan pengiriman berkas. Setelah dibatalkan, klik tombol lingkaran kecil profil (foto) dipojok kanan atas, kemudian klik "reset pendaftaran"

Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.  

Guru dapat meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Selama pelaksanaan program, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator, dan Pengajar Praktik profesional. 

Program guru penggerak akan diselenggarakan pada masing-masing daerah domisili calon guru penggerak. Setiap bulan akan diadakan Lokakarya Bersama di wilayah masing-masing. Tempat pelaksanaan Lokakarya akan disepakati secara bersama-sama dengan calon guru penggerak dan pengajar praktik (pendamping)

Modul 1: Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Topik Pembelajaran

  • a. Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia - Ki Hajar Dewantara
  • b. Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak
  • c. Visi Guru Penggerak
  • d. Membangun budaya positif di sekolah

Modul 2: Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

Topik Pembelajaran

  • a. Pembelajaran berdiferensiasi
  • b. Pembelajaran emosional dan sosial
  • c. Coaching

Modul 3: Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah

Topik Pembelajaran

  • a. Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
  • b. Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
  • c. Pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid

Konferensi: Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi dan Aksi

Topik Pembelajaran

  • a. Menjadi fasilitator kelompok dan fasilitator perubahan
  • b. Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor
  • c. Mempersiapkan rencana berbagi praktik baik

Proses pendidikan meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Pelatihan daring dilaksanakan dengan perpaduan moda sinkron (pertemuan virtual) dan asinkron (mengakses materi atau mengerjakan tugas secara mandiri).

Lokakarya dilakukan satu kali setiap bulan di wilayah masing-masing, dengan dipandu oleh Pengajar Praktik. Topik lokakarya diselaraskan dengan pelatihan daring, sementara pada lokakarya ke-7 ada kegiatan berbagi praktik baik dengan mengundang para pemangku kepentingan di bidang pendidikan daerah tersebut.

Seminggu sebelum lokakarya, Pengajar Praktik akan berkunjung ke sekolah calon Guru Penggerak. Pendampingan individu ini bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya, serta berdialog untuk merefleksikan proses kemajuan yang telah dijalani.

Selasa, 08 Maret 2022

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Informasi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Menindaklanjuti pelaksanaan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022 di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dilaksanakan secara berani melalui aplikasi SIMPKB, dengan rasa hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Dari hasil seleksi administrasi nomor tersebut 391.530 guru dinyatakan lulus seleksi sebagaimana mestinya daftar rekapitulasi terlampir, hasil kelulusan dapat dilihat pada laman ppg.kemdikbud.go.id atau melalui akun SIMPKB masing-masing.

2. Guru yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi maka selanjutnya dapat mengikuti seleksi akademik sesuai jadwal sebagaimana terlampir.

3. Bagi guru yang dinyatakan lulus seleksi administrasi agar melakukan pemutakhiran nomor telepon seluler (whatsapp), pas foto, dan tautan belajar.id pada profil SIMPKB masing-masing. 

4. Seleksi akademik akan dilaksanakan secara berani berbasis domisili. Informasi selengkapnya dapat dipantau melalui laman ppg.kemdikbud.go.id dan akun SIMPKB masing-masing.

KUMPULAN Soal-soal PPG, PPPK dan CPNS SERTA PEMBHASAN:

KISI-KISI SELEKSI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 PPG Terbaru: Konsep Dasar Ilmu Pendidik

PPG-Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB1 PPGDALJAB Pedagogik

PPG-PEMETAAN MODUL PEDAGOGIK

PPG - kompetensi kepribadian dan sosial

PPG- SOAL DAN JAWABAN UP PPG 2019/2020

PPG- Soal dan Jawaban Tes Formatif dan Sumatif Pedagogik

ppg-Tes Formatif dan Sumatif TIK PPG Daring

SOAL UP UKM PPG 2019

LATIHAN SOAL TIK-Belajar Mandiri P3K PPG

LATIHAN SOAL MULTIMEDIA-Belajar Mandiri

CONTOH SOAL Seleksi wawancara DAN JAWABAN GURU PPPK

















Cara mengganti Password PTK, GTK di Aplikasi Dapodik 2022

Langkah ini hanya bisa dilakukan oleh operator DAPODIK, Kecuali ANDA tahu PASSWORD DAPODIK, maka ANDA bisa melakukan LANGKAH ini, jadi silakan minta tolong ke operator DAPODIK sekolah ANDA:
 
perlu ANDA ketahui saat ini dari aplikasi DAPODIK SEKOLAH sudah tidak bisa merubah Akun PTK, dan diarahkan LANGSUNG ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id. seperti gambar berikut:
 
 
Pertama, kunjungilah situs dapodikdasmen kemudian pilih menu manajemen sekolah  atau langsung ke link ini https://sp.datadik.kemdikbud.go.id.

Kemudian, kita akan diminta untuk login menggunakan akun dapodik yang terdaftar di VervalSDM (SSO), kita akan dimintai untuk mem-verifikasi akun dan akan dikirimi kode rahasia untuk mengakses situs.

Kemudian seletah tampil seperti gambar berikut,



Klik Akun dan Pilih PTK dan Tampilkan,

Nanti akan muncul nama-nama GTK, baik Kepala Sekolah,Guru ataupun tenaga Kependidikan.



Untuk mengubah email dan password akun tersebut klik gambar pensil di sebelahnya, Selanjutnya, ubahlah email yang aktif saat ini, yakni email yang bisa digunakan untuk mendapatkan kode verifikasi akun.


Nah, sahabat demikian cara mengubah email dan password akun PTK untuk bisa masuk ke InfoGTK di dapodik 2022, bila sudah di update Anda  sudah bisa login ke https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id.untuk membuka infoGTK. Silakan Tunggu 1x24 Jam agar bisa langsung masuk ke InfoGTK

Informasi  kali ini berkaitan dengan Akun PTK/GTK di Aplikasi Dapodik Versi 2022. Kenapa dan ada Apa akun PTK/GTK harus di Reset/diganti?

Reset Password GTK di Dapodik 2022

Setelah Aplikasi Dapodik Versi 2022 yang sudah di rilis berdasarkan informasi di situs pauddikdasmen. Ada beberapa hal tidak bisa di lakukan oleh guru, operator sekolah terkait perubahan di aplikasi dapodik. Perubahan yang paling mendasar yaitu email, dan password akun PTK/Guru yang tidak bisa mengakses beberapa situs secara mandiri. Salah satunya adalah situs https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ untuk mengecek pembaharuan di tahun ajaran baru 2021/2022.

Tutorial singkat cara reset Password GTK/PTK di aplikasi dapodik Tahun Pelajaran 2021/2022. Perlu di ingat untuk login di SSO PTK secara mandiri ini hanya berlaku di tahun pelajaran 2021/2022 sejak artikel ini di publikasikan banyak Rekan Guru yang tidak bisa login secara mandiri di sso ptk. 

Berikut Alur/langkah untuk mereset password PTK/GTK di Aplikasi Dapodik

1. Buka Aplikasi Dapodik

2. Masukan Email dan Password PTK tahu Ajaran 2020/2021 dan login (Masuk)

Reset Akun PTK di Dapodik 2022

Jika muncul Popup hasil login menggunakan email dan password GTK/PTK yang lama seperti screen shoot dibawah ini.

Reset Akun PTK/GTK di Dapodik 2022

3. Sediakan Password Baru dengan Cara Kombinasi (Hurup Besar, Huruf Kecil dan Tanda Baca, minimal 8 karakter ). Dari Screen Shoot ke 2 silahkan masukan Password PTK/GTK yang lama, dan masukan Password baru yang sudah dibuat sesuai dengan ke ingin PTK/GTK bersangkutan.

4. Simpan dan biarkan browser mereferes sendiri ke halaman depan dapodik untuk kembali login dengan email yang sama dan gunakan password yang baru.

5. Selesai. 

Setelah berhasil login di aplikasi dapodik menggunakan akun GTK/PTK langkah selanjutnya adalah dengan melakukan sinkron aplikasi dapodik, agar perubahan dari password baru tersebut dapat digunakan oleh PTK/GTK secara mandiri. 


Bagaiaman cara mengubah email atau password kepala sekoalh dan GTK? yuk simak caranya berikut ini:


Kalau tidak di sinkron aplikasi dapodik maka perubahan password dari semua PTK/GTK/Tendik di dapodik tidak akan bisa digunakan oleh Guru bersangkutan untuk mengecek data pribadi secara mandiri dibeberapa situs yang sudah di rekomendasikan oleh Kemdikbud. Selamat mencoba semoga berhasil dengan Cara mengganti Password PTK, GTK di Aplikasi Dapodik 2022 tanpa harus menggunakan Tukar pengguna di aplikasi dapodik.

Senin, 07 Maret 2022

Panduan menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB

 

Tahapan ini dilakukan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan untuk kelola data dan informasi personal SIMPKB nya. Berikut langkah singkat untuk kelola data personal di SIMPKB :

  1. Pastikan Anda telah login pada akun SIMPKB.

  2. Selanjutnya akses laman https://akun.simpkb.id/

  3. Sistem akan mengarahkan Anda pada laman Dasbor Akun SIMPKB. Klik tombol Selengkapnya untuk menuju pada laman Data Personal. 


     

  4. Akan ditampilkan data personal Anda yang juga bersumber dari data Dapodik. 

     

    5. Akan ditampilkan data personal Anda yang juga bersumber dari data Dapodik.

    6. Anda dapat menyesuaikan data sesuai kebutuhan dengan cara klik tombol ubah yang aktif seperti gambar dibawah ini.


    (Data yang bersumber dari Dapodik dapat Anda sesuaikan melalui mekanisme perubahan data yang berlaku di Dapodik)

Integrasi Layanan - Tautkan Akun Belajar.id

SIMPKB telah mengakomodir integrasi dengan layanan Akun Pembelajaran (https://belajar.id/) , sehingga nantinya guru dapat login pada SIMPKB menggunakan akun pembelajarannya masing-masing. 

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. 

Anda dapat menyesuaikan data sesuai kebutuhan dengan cara klik tombol ubah yang aktif seperti gambar dibawah ini.

Berikut langkah singkat menautkan akun pembelajaran (https://belajar.id/) di SIMPKB :

  1. Pastikan Anda berada pada laman https://akun.simpkb.id/ .
     
  2. Pada laman Kelola data Integrasi layanan SIMPKB, klik tombol TAUTKAN.
     
  3. Sistem akan mengarahkan pada laman login akun pembelajaran Anda. Masukan email akun pembelajaran Anda pada form yang diberikan.
     

  4. Masukan kata sandi akun pembelajar Anda pada tahap selanjutnya. jika anda pertama kali membuka email belajar.id maka anda HARUS mengganti PASSWORD akun ANDA
  5. Akun pembelajar Anda berhasil ditautkan
     

  6. Klik tombol Hapus jika ingin melepas tautan tersebut.