Kitab Investasi

Rabu, 16 Oktober 2024

Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 3: Penomoran, Pembutiran dan Tabulasi)

  LLEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 
Judul Materi Ajar          :  Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 3: Penomoran, Pembutiran dan Tabulasi)
Tujuan Pembelajaran :   peserta didik mampu memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasidata
Mata Pelajaran     : Informatika
Jenjang/Kelas       : SMK/X
Nama Anggota Kelompok:
1.            ______________________________
2.            ______________________________
3.            ______________________________
4.            ______________________________
 

Langkah Kerja
  • Menyiapkan Komputer/Laptop
  • Membuka dan membaca link materi yang disertakan
  • Melakukan diskusi kelompok untuk menentukan tugas masing – masing anggota
  • Mengidentifikasi materi Pembelajaran
  • Mendiskusikan hasil identifikasi materi 
  • Menentukan dan merangkum hasil identifikasi materi berupa langkah-langkah kerja 
  • Membuat laporan hasil identifikasi materi di BUKU CATATAN MASING-MASING
  • Mencetak  dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok berisi 
Tugas PRAKTEK 
Mendiskusikan dan membuat DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 3

HASIL PEMBELAJARAN
Mencetak  hasil PRAKTEK kelompok berupa DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 3 menggunakan aplikasi pengolah kata (kata dan ukuran dokumen yang dicetak Wajib  sama dengan CONTOH)

Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 2: Belajar Blok dan Format Teks )

 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 
Judul Materi Ajar          :  Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 2: Belajar Blok dan Format Teks )
Tujuan Pembelajaran :   peserta didik mampu memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasidata
Mata Pelajaran     : Informatika
Jenjang/Kelas       : SMK/X
Nama Anggota Kelompok:
1.            ______________________________
2.            ______________________________
3.            ______________________________
4.            ______________________________
 

Langkah Kerja
  • Menyiapkan Komputer/Laptop
  • Membuka dan membaca link materi yang disertakan
  • Melakukan diskusi kelompok untuk menentukan tugas masing – masing anggota
  • Mengidentifikasi materi Pembelajaran
  • Mendiskusikan hasil identifikasi materi 
  • Menentukan dan merangkum hasil identifikasi materi berupa langkah-langkah kerja 
  • Membuat laporan hasil identifikasi materi di BUKU CATATAN MASING-MASING
  • Mencetak  dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok berisi 
Tugas PRAKTEK 
Mendiskusikan dan membuat DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 2

HASIL PEMBELAJARAN
Mencetak  hasil PRAKTEK kelompok berupa DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 2 menggunakan aplikasi pengolah kata (kata dan ukuran dokumen yang dicetak Wajib  sama dengan CONTOH)

Selasa, 15 Oktober 2024

menyampaikan ceramah

 Pengertian Ceramah Ceramah adalah salah satu bentuk komunikasi lisan yang disampaikan oleh seseorang kepada audiens dalam rangka menyampaikan informasi, pengetahuan, atau nasihat, khususnya yang berkaitan dengan topik agama, pendidikan, sosial, atau moral. Dalam ceramah, pembicara diharapkan mampu menyampaikan pesan yang jelas, mudah dipahami, dan berdampak pada pendengarnya.

Ciri-Ciri Ceramah

  1. Komunikasi satu arah: Ceramah umumnya dilakukan oleh satu orang (penceramah) dan pendengar hanya menerima informasi.
  2. Bersifat informatif dan edukatif: Isinya bertujuan memberikan informasi atau pengetahuan kepada audiens.
  3. Biasanya formal: Ceramah sering disampaikan dalam suasana formal, seperti di tempat ibadah, sekolah, atau acara resmi.
  4. Menggunakan bahasa yang jelas dan tepat: Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan pendengar dan mudah dipahami.

Unsur-Unsur Ceramah

  1. Pembicara (Penceramah): Orang yang menyampaikan ceramah.
  2. Pendengar (Audiens): Kelompok orang yang menjadi sasaran ceramah.
  3. Materi Ceramah: Isi atau pokok bahasan yang disampaikan dalam ceramah.
  4. Media: Alat atau sarana yang digunakan untuk mendukung penyampaian ceramah, seperti mikrofon atau presentasi visual (slide).

Langkah-Langkah Menyusun Ceramah

  1. Menentukan tema: Pilih tema yang relevan dan menarik bagi audiens. Tema yang baik akan membuat ceramah lebih efektif.

  2. Menyusun kerangka: Buat kerangka yang mencakup:

    • Pembukaan: Salam pembuka, perkenalan diri, tujuan, dan pengantar singkat tentang tema.
    • Isi: Uraian pokok-pokok penting yang mendukung tema. Bagian ini bisa dibagi menjadi beberapa subtopik yang saling berhubungan.
    • Penutup: Kesimpulan, harapan, pesan utama yang ingin disampaikan, dan salam penutup.
  3. Mengumpulkan bahan: Gunakan sumber-sumber yang valid dan relevan untuk mendukung materi ceramah. Anda bisa menggunakan buku, artikel, atau pengalaman pribadi.

  4. Latihan penyampaian: Latihlah cara menyampaikan ceramah agar lancar, jelas, dan meyakinkan.

Teknik Menyampaikan Ceramah

  1. Penguasaan materi: Sebelum menyampaikan ceramah, pastikan Anda menguasai materi dengan baik sehingga bisa menjelaskan dengan lancar.

  2. Gunakan bahasa yang jelas dan sederhana: Hindari penggunaan kata-kata yang sulit atau istilah yang tidak dipahami oleh audiens.

  3. Kontak mata dan ekspresi wajah: Lakukan kontak mata dengan audiens untuk menciptakan ikatan yang lebih dekat. Ekspresi wajah yang sesuai dengan materi juga penting untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

  4. Intonasi suara: Atur intonasi suara agar tidak monoton. Berikan penekanan pada bagian yang penting dan buat variasi suara sesuai dengan situasi.

  5. Gestur dan gerakan tubuh: Gunakan gerakan tangan dan tubuh untuk memperkuat pesan, tetapi jangan berlebihan.

  6. Manajemen waktu: Perhatikan waktu yang disediakan untuk ceramah. Usahakan untuk tidak melebihi batas waktu yang telah ditetapkan.

Contoh Kerangka Ceramah

Tema: "Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah"

  1. Pembukaan:

    • Salam pembuka.
    • Perkenalan diri dan latar belakang penceramah.
    • Pengantar singkat tentang pendidikan karakter.
  2. Isi:

    • Definisi pendidikan karakter.
    • Pentingnya pendidikan karakter dalam kehidupan siswa.
    • Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter di sekolah.
    • Peran guru, orang tua, dan lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter.
    • Dampak positif dari pendidikan karakter pada masa depan siswa.
  3. Penutup:

    • Kesimpulan: Pendidikan karakter sangat penting untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas.
    • Pesan: Mari bersama-sama membangun karakter siswa melalui pendidikan yang baik.
    • Salam penutup.

Tips dalam Menyampaikan Ceramah

  1. Bersikap percaya diri: Penceramah yang percaya diri akan memberikan kesan meyakinkan kepada pendengar.
  2. Menjaga sikap tubuh: Sikap tubuh yang tegak dan rapi mencerminkan keseriusan dan profesionalisme.
  3. Melibatkan audiens: Tanyakan pendapat atau buat pernyataan yang mengundang respons dari audiens, meskipun ceramah cenderung satu arah.
  4. Berikan contoh nyata: Audiens lebih mudah memahami pesan ceramah jika ada contoh konkret yang relevan.
  5. Sisipkan humor: Jika sesuai, sisipkan humor ringan untuk membuat suasana lebih santai dan menyenangkan.

Dengan memahami unsur-unsur dan teknik penyampaian ceramah yang baik, Anda dapat menjadi penceramah yang efektif dan mampu memberikan dampak positif kepada audiens.