MELAKUKAN DELETE DATA
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan langkah-langkah delete data pada Microsoft Access
2. Memeriksa hasil delete data
B. LANGKAH – LANGKAH DALAM DELETE DATA
Penghapusan data dalam Microsoft Access (Basis Data) ada beberapa bentuk penghapusan, yaitu menghapus record, menghapus field dan menghapus table.
1. Menghapus Record
Menghapus atau menghilangkan record dapat dilakukan dalam satu record maupun beberapa record sekaligus. Adapun langkah – langkah dalam menghapus record adalah :
a. Buka table yang telah dibuat, kemudian pilih record yang akan dihapus. Dengan klik kanan pada selector record maka muncul beberapa pilihan. Apabila hendak menghapus record, pilih Delete Record. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol Delete pada keyboard. Bisa juga dilakukan dengan klik Menu Edit>Delete Record.
b. Setelah memilih Delete Record,maka jendela dialog akan muncul, pilih Yes apabila yakin bahwa record tersebut harus dihapus, atau No apabila penghapusan tidak jadi dilakukan.
c. Setelah proses penghapusan selesai, maka data akan berubah sesuai dengan perintah.
2. Menghapus field
Langkah-langkahnya:
a. Buka file yang telah dibuat
b. Buka tabel yang akan dihapus field-nya kemudian pilih Design View.
c. Klik kanan selector field yang akan dihapus dan pilih Delete Row.
d. Setelah selesai penghapusan, maka akan keluar jendela validasi, pilih Yes jika field yang ada akan dihapus secara permanen, atau No jika penghapusan tidak jadi dilakukan.
3. Menghapus Tabel
Langkah-langkahnya:
a. Buka jendela Database Object dan pilih Tables.
b. Kemudian pilih yang telah dibuat dan yang akan dihapus.
c. Klik kanan pada table yang akan dihapus, kemudian pilih Delete.
d. Setelah selesai penghapusan, maka akan keluar jendela validasi, pilih Yes jika Tabel yang ada akan dihapus secara permanen, atau No jika penghapusan tidak jadi dilakukan
M
Mohin izin pak
BalasHapusRika nurhaini kelas XIN1 hadir