Quiz Sumatif Modul 5
Question 1 (1 point)
Prinsip kerja kamera adalah:
Menangkap cahayA.
| |
Membiaskan cahayA.
| |
Meredam cahayA.
| |
Memantulkan cahayA.
|
Question 2 (1 point)
Proportion ( perbandingan / keserasian ) termasuk ke dalam
Unsur – unsur perancangan
| |
Perspektif bentuk
| |
Prinsip – prinsip dasar rancangan
| |
Tujuan perancangan
|
Question 3 (1 point)
Salah
satu prinsip keindahan bentuk adalah keseimbangan. keseimbangan yang
memiliki kesamaan polanya bukan hanya di antara ruang sebelah kiri dan
ruang sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan
ruang sebelah bawah disebut dengan keseimbangan ....
Keseimbangan tersembunyi (axial balance)
| |
Keseimbangan memancar (radial balance)
| |
Keseimbangan simetris (symmetrical balance)
| |
Keseimbangan sederajat (obvious balance)
|
Question 4 (1 point)
Sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnyA. Ini adalah prinsip:
workflow compatibility
| |
task compatibility
| |
product compatibility
| |
user compatibility
|
Question 5 (1 point)
Secara etimologis, nirmana sendiri mempunyai maknA
Tidak bermakna
| |
Tidak berbentuk
| |
Tidak berwarna
| |
Tidak bermula
|
Question 6 (1 point)
Selain
warna merah yang dapat menimbulkan kesan penambah nafsu makan,
kebanyakan toko makanan / restaurant memilih warna kuning sebagai
branding perusahaannya karena warna kuning memberikan kesan....
Kehangatan dan keramahan
| |
Kesegaran dan kesuburan
| |
Kemurahan hati dan ketenangan
| |
Kesehatan dan kebugaran
|
Question 7 (1 point)
Struktur
navigasi yang berbentuk seperti tangga atau pohon, dimana masing–masing
obyek menyediakan sebuah menu pilihan yang memiliki lebih banyak menu
dengan banyak pilihan adalah:
Struktur jaringan
| |
Struktur hirarki
| |
Struktur kombinasi.
| |
Struktur linear
|
Question 8 (1 point)
Suatu
proses memilih, mengatur dan menyusun shot-shot menjadi satu scene,
menyusun dan mengatur scene-scene menjadi sequence yang akhirnya
merupakan rangkaian shot yang bertutur tentang suatu cerita yang utuh.
Proses ini disebut:
Shot
| |
Framing
| |
Editing
| |
Kompilasi
|
Question 9 (1 point)
Suatu
susunan irama yang memiliki hubungan pengulangan dengan perbedaan pada
satu atau beberapa unsur/elemen seni/rupa yang digunakan hasilnya
kontras adalah
Transisi
| |
Harmoni
| |
Repetisi
| |
Oposisi
|
Question 10 (1 point)
Sumber cahaya sekunder dan ditempatkan di sisi berlawanan dari subyek adalah:
Fill light
| |
Low light
| |
Key light
| |
Back light
|
Question 11 (1 point)
Susunan ini hasilnya monoton, ada kesan resmi, rapi, terlihat statis dan menjemukan adalah susunan
Transisi
| |
Harmonis
| |
Repetisi
| |
Kontras
|
Question 12 (1 point)
Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian obyek dikenal dengan istilah:
Straight Angle
| |
Bird Eye View
| |
Frog eye
| |
High Angle
|
Question 13 (1 point)
Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage untuk kemudian diedit pada Adobe Premiere Pro CS4 adalah:
Sequence Monitor Window
| |
Monitor Window
| |
Source Monitor Window
| |
Timeline Window
|
Question 14 (1 point)
Tingkat kepekaan sensor atau film dalam merekam cahaya disebut:
Aperture (Diafragma)
| |
Zoom
| |
Shuter Speed
| |
ISO
|
Question 15 (1 point)
Tipe antarmuka di mana user mengisi area-area yang telah disediakan adalah tipe:
direct manipulation
| |
command language.
| |
menu selection
| |
form fill in
|
Question 16 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang berfungsi untuk memotong gambar secara manual adalah:
Brush Tool
| |
Arrow Tool
| |
Hand Tool
| |
Lasso Tool
|
Question 17 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu garis adalah:
Line Tool
| |
Stroke Color
| |
Swap Color
| |
Fill Color
|
Question 18 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran adalah:
Hand Tool
| |
Eye Dropper Tool
| |
Paintbucket Tool
| |
Ink Bottle tool
|
Question 19 (1 point)
Ukuran besar kecilnya bukaan lensa disebut:
Aperture (Diafragma)
| |
Zoom
| |
ISO
| |
Shuter Speed
|
Question 20 (1 point)
Ukuran
suatu garis pada konseptual nirmana bukan ukuran sentimeter ataupun
meter tetapi ukurannya bersifat nisbi, hal ini berarti ....
ukuran garis tidak dipengaruhi bidang ataupun ruang
| |
ukuran garis dapat bernentuk lurus, lengkung, rata, berombak yang memberntuk irama
| |
ukuran garis berupa horizontal, diagonal ataupun vertikal
| |
ukuran panjang, tinggi, besar dipengaruhi bidang atau ruang dimana garis itu berada
|
Question 21 (1 point)
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara:
pengguna (user) dengan sistem.
| |
pengguna (user) dengan pengembang sistem.
| |
pengguna (user) dengan pengguna (user).
| |
pengguna (user) dengan hardware
|
Question 22 (1 point)
Berdasarkan gambar berikut ini, manakah susunan warna yang termasuk ke dalam warna triad komplementer ....
merah ungu (MU) - ungu (U) - biru ungu (BU)
| |
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
| |
kuning jingga (KJ) - merah ungu (MU) - biru ungu (BU) - kuning hijau (KH)
| |
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
|
Question 23 (1 point)
Berikut ini adalah format yang digunakan dalam membuat storyboard multimedia interaktif, kecuali:
Double coloum
| |
Landscape
| |
Portrait
| |
Kartu
|
Question 24 (1 point)
Berikut ini adalah jenis-jenis metering, kecuali:
Balance metering
| |
Spot metering
| |
Center weight metering
| |
Matrix metering
|
Question 25 (1 point)
Berikut
ini adalah prinsip yang perlu diperhatikan agar pengambilan gambar yang
akan dilakukan mempunyai nuansa sistemik, kecuali:
Scene
| |
Continuity
| |
Close up
| |
Camera angle
|
Question 26 (1 point)
Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan suatu antarmuka sebuah aplikasi, kecuali:
Familiarity
| |
Consistency
| |
Usability.
| |
Simplicity
|
Question 27 (1 point)
Berikut ini adalah struktur film, kecuali:
Shot
| |
Sequence
| |
Scene
| |
Framing
|
Question 28 (1 point)
Berikut ini adalah tipe teks pada Adobe Flash, kecuali:
Input Text.
| |
Output text.
| |
Dynamic Text.
| |
Static Text.
|
Question 29 (1 point)
Berikut ini adalah triangle fotografi, kecuali:
Shuter Speed
| |
ISO
| |
Aperture (Diafragma)
| |
Zoom
|
Question 30 (1 point)
Berikut ini adalah unsur Three points lighting, kecuali:
Fill light
| |
Key light
| |
Back light
| |
Low light
|
Question 31 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur komposisi fotografi, kecuali:
Rule of Third
| |
Kurva
| |
Exposure
| |
Simplicity
|
Question 32 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur sinematografi, kecuali:
Framing
| |
Durasi gambar
| |
Kamera dan film
| |
Skenario
|
Question 33 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam prinsip keindahan bentuk nirmana adalah
Tekstur
| |
Keterpaduan
| |
Titik
| |
Garis
|
Question 34 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur konseptual nirmana adalah
Question 34 options:
Tekstur
| |
Bentuk
| |
Warna
| |
Gempal
|
Question 35 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur visual nirmana adalah, kecuali ...
Gempal
| |
Bentuk
| |
Titik
| |
Garis
|
Question 36 (1 point)
Dari gambar berikut ini yang termasuk kedalam warna dmau adalah
Hijau – merah
| |
Merah – jingga
| |
Hijau – biru
| |
Kuning – biru
|
Question 37 (1 point)
Film Seluloid yang pertama diperkenalkan pada tahun:
1878
| |
1887
| |
1891
| |
1895
|
Question 38 (1 point)
Foto berwarna yang pertama diperkenalkan oleh:
Richard Maddox
| |
John Herschel
| |
James Clerk Maxwell
| |
Frederick Scott Archer
|
Question 39 (1 point)
Fungsi Anchor Point pada Adobe Premiere adalah:
mengatur skala klip.
| |
mengatur rotasi atau perputaran klip.
| |
mengatur letak atau posisi klip.
| |
mengatur letak titik pusat perputaran klip.
|
Question 40 (1 point)
Fungsi image stabilizer adalah:
Menstabilkan objek bergerak
| |
Memperbesar gambar
| |
Menstabilkan goncangan tangan
| |
Menstabilkan warna
|
Question 41 (1 point)
Gambar berikut merupakan interval tangga dari ?
interval tangga jarak
| |
interval tangga raut bidang
| |
interval tangga ukuran bidang
| |
interval tangga arah bidang
|
Question 42 (1 point)
Gambar di atas adalah gambar…..
Pengatur fokus.
| |
Filter
| |
Gelang Kamera
| |
Lensa
|
Question 43 (1 point)
Gambar di bawah ini adalah:
Tombol Set Out Point
| |
Toggle Take Audio
| |
Toggle Take Video
| |
Tombol Set In Point
|
Question 44 (1 point)
Jenis kamera yang pembidikannya secara langsung tanpa melalui lensa utama adalah:
Kamera Large Format
| |
Kamera Range Finder
| |
Kamera SLR
| |
Kamera Pocket
|
Question 45 (1 point)
Jenis lensa yang memiliki fokus yang sesuai dengan pandangan mata manusia adalah:
Wide Angle Lens
| |
Lensa Standar
| |
Fish Eye Lens
| |
Lensa Tele
|
Question 46 (1 point)
Jika mengmaukan warna hijau, kita harus mencampurkan warna
Kuning dan biru
| |
Merah dan kuning
| |
Merah dan biru
| |
Biru dan merah
|
Question 47 (1 point)
Jika mengmaukan warna ungu, kita harus mencampurkan warn
Kuning dan biru
| |
Biru dan merah
| |
Merah dan biru
| |
Merah dan kuning
|
Question 48 (1 point)
Kamera
video yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dengan kecenderungan
pengguna kalangan yang memiliki hobi di bidang videografi, adalah:
Kamera Studio
| |
Kamera consumer
| |
Kamera Prosumer
| |
Kamera Professional
|
Question 49 (1 point)
Kecepatan terbuka sampai tertutupnya tirai (rana) pada kamera digital disebut:
ISO
| |
Zoom
| |
Aperture (Diafragma)
| |
Shuter Speed
|
Question 50 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Komunikasi Visual, kecuali:
Interaksi pengguna dengan aplikasi.
| |
Animasi/video yang digunakan sudah sesuai.
| |
Kesederhanaan fungsi navigasi menu.
| |
Format teks dan kombinasi warnA.
|
Question 51 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Rekayasa Perangkat Lunak, kecuali:
Penggunaan backsounD.
| |
Kemudahan pengoperasian aplikasi.
| |
Kelengkapan menu navigasi.
| |
Fungsionalitas menu yang tersediA.
|
Question 52 (1 point)
Model pembelajaran yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language adalah:
Tutorial
| |
Simulasi
| |
Drill and practice
| |
Socratic
|
Question 53 (1 point)
Model
pembelajaran yang memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga pengguna
merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya adalah:
Tutorial
| |
Simulasi
| |
Drill and practice
| |
Hybrid
|
Question 54 (1 point)
Model
pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel,
definisi istilah, latihan dan branching yang sesuai adalah:
Socratic
| |
Hybrid
| |
Inquiry
| |
Tutorial
|
Question 55 (1 point)
Pengambilan gambar dari belakang obyek, biasanya obyek tersebut hanya terlihat kepala atau bahunya saja, dikenal dengan istilah:
Profil Shot
| |
Reflection Shot
| |
Over Shoulder
| |
Jaws Shot
|
Question 56 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dari dagu hingga kepala, dikenal dengan istilah:
Medium Close Up (MCU)
| |
Close up (CU)
| |
Extreme Close Up (ECU)
| |
Big Close Up (BCU)
|
Question 57 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dengan fisik manusia tampak jelas namun latar belakang masih dominan, dikenal dengan istilah:
Long shot (LS)
| |
Medium long shot (MLS)
| |
Extreme long shot (ELS)
| |
Full Shot (FS)
|
Question 58 (1 point)
Pengambilan
gambar sosok manusia mulai mendominasi dalam frame. Tubuh manusia
tampak dari dada ke atas hingga kepala, dikenal dengan istilah:
Medium long shot (MLS)
| |
Close up (CU)
| |
Medium Close Up (MCU)
| |
Full Shot (FS)
|
Question 59 (1 point)
Pergerakan horizontal kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Zooming
| |
Tilting
| |
Tracking
| |
Panning
|
Question 60 (1 point)
Pergerakan vertikal kamera dari atas ke bawah atau sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar