Kitab Investasi

Senin, 04 Agustus 2025

Dasar-Dasar Hardware dan Software Komputer

 

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:

  1. Membedakan antara hardware dan software komputer.

  2. Mengidentifikasi fungsi dan komponen utama dari hardware komputer.

  3. Menjelaskan jenis-jenis software komputer dan kegunaannya.

  4. Menganalisis hubungan antara hardware dan software dalam sebuah sistem komputer.

A. Pengantar Materi

Komputer terdiri atas dua komponen utama: hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Keduanya bekerja sama agar komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengetik, mengolah data, membuat desain, dan mengakses internet.

Komponen fisik komputer yang dapat dilihat dan disentuh, berfungsi untuk memproses data berdasarkan instruksi perangkat lunak.

1. Pengenalan Sistem Komputer

Sistem komputer adalah satu kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen yang saling bekerja sama untuk menghasilkan informasi. Secara garis besar, sistem komputer terbagi menjadi dua komponen utama:

  • Hardware (Perangkat Keras): Komponen fisik dari komputer yang dapat dilihat dan disentuh.

  • Software (Perangkat Lunak): Program atau data yang tidak memiliki wujud fisik, tetapi memberikan perintah kepada hardware untuk menjalankan tugas tertentu.

2. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware komputer dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian berdasarkan fungsinya:

A. Perangkat Masukan (Input Device) Berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

  • Keyboard: Digunakan untuk memasukkan teks, angka, dan karakter khusus.

  • Mouse: Digunakan untuk mengarahkan kursor dan memberikan perintah visual.

  • Scanner: Mengubah dokumen fisik atau gambar menjadi data digital.

  • Webcam: Merekam gambar dan video secara real-time.

  • Microphone: Merekam suara.

B. Perangkat Keluaran (Output Device) Berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan data.

  • Monitor: Menampilkan informasi visual berupa teks, gambar, dan video.

  • Printer: Mencetak data digital ke media kertas.

  • Speaker/Headset: Menghasilkan suara dari komputer.

  • Projector: Menampilkan data dari komputer ke layar yang lebih besar.

C. Perangkat Pemroses (Processing Device) Merupakan "otak" dari komputer yang berfungsi untuk memproses data.

  • CPU (Central Processing Unit): Komponen utama yang bertugas mengeksekusi instruksi dari software. Terdiri dari:

    • Arithmetic Logic Unit (ALU): Melakukan perhitungan aritmatika dan logika.

    • Control Unit (CU): Mengatur aliran data dan instruksi dalam komputer.

  • GPU (Graphics Processing Unit): Sebuah prosesor khusus yang dirancang untuk memproses dan merender gambar, video, dan animasi.

D. Perangkat Penyimpanan (Storage Device) Berfungsi untuk menyimpan data dan program.

  • Penyimpanan Utama (Primary Storage):

    • RAM (Random Access Memory): Penyimpanan sementara yang digunakan saat komputer sedang berjalan. Data akan hilang saat komputer dimatikan.

    • ROM (Read-Only Memory): Penyimpanan permanen yang berisi instruksi dasar untuk menyalakan komputer (booting).

  • Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage):

    • HDD (Hard Disk Drive): Media penyimpanan magnetik berkapasitas besar.

    • SSD (Solid State Drive): Media penyimpanan berbasis chip yang lebih cepat dan efisien daripada HDD.

    • Flash Drive (USB): Media penyimpanan portabel yang menggunakan memori flash.

E. Komponen Internal Lainnya

  • Motherboard: Papan sirkuit utama yang menghubungkan semua komponen hardware.

  • PSU (Power Supply Unit): Berfungsi menyuplai daya listrik ke semua komponen komputer.

3. Software (Perangkat Lunak)

Software adalah program yang memberikan instruksi kepada hardware. Secara umum, software dibagi menjadi dua kategori:

A. Sistem Operasi (Operating System - OS)

  • Program dasar yang berfungsi sebagai jembatan antara pengguna, hardware, dan program aplikasi.

  • Tugas utamanya adalah mengelola sumber daya hardware (memori, CPU, storage) dan menyediakan antarmuka pengguna.

  • Contoh:

    • Desktop: Windows, macOS, Linux (Ubuntu, Fedora).

    • Mobile: Android, iOS.

B. Aplikasi (Application Software)

  • Program yang dirancang untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas tertentu.

  • Aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi.

  • Contoh:

    • Produktivitas: Microsoft Office (Word, Excel), Google Workspace (Docs, Sheets).

    • Web Browser: Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge.

    • Grafis dan Multimedia: Adobe Photoshop, Blender, VLC Media Player.

    • Game: Minecraft, Fortnite.

4. Hubungan antara Hardware dan Software

  • Hardware dan software saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan.

  • Hardware tidak dapat berfungsi tanpa adanya instruksi dari software. Contohnya, sebuah printer tidak akan mencetak jika tidak ada program (software) yang memberikan perintah cetak.

  • Software juga tidak akan bisa berjalan tanpa adanya hardware sebagai tempatnya beroperasi. Sebuah aplikasi game tidak akan bisa dimainkan jika tidak ada CPU, RAM, atau GPU.

  • Interaksi:

    1. Pengguna memberikan perintah melalui perangkat masukan (hardware) seperti mouse dan keyboard.

    2. Sistem Operasi (software) menerjemahkan perintah tersebut.

    3. CPU (hardware) memproses instruksi tersebut.

    4. Hasil pemrosesan ditampilkan melalui perangkat keluaran (hardware) seperti monitor atau speaker.

Aktivitas Pembelajaran

  1. Diskusi Kelas: Sebutkan contoh hardware & software yang sering digunakan.

  2. Praktik Observasi: Identifikasi perangkat keras dan lunak pada komputer/laptop di sekolah.

  3. Tugas Mandiri: Buat diagram (mind map) yang membedakan hardware dan software.


CONTOH MINDMAP






Tidak ada komentar:

Posting Komentar