Jumat, 25 Oktober 2024

Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 4: Menyisipkan WordArt, Shapes,Teks dalam Shapes dan Tabel)

   LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 
Judul Materi Ajar          :   Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 4: Menyisipkan WordArt, Shapes,Teks dalam Shapes dan Tabel)
Tujuan Pembelajaran :   peserta didik mampu memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasidata
Mata Pelajaran     : Informatika
Jenjang/Kelas       : SMK/X
Nama Anggota Kelompok:
1.            ______________________________
2.            ______________________________
3.            ______________________________
4.            ______________________________
 

Langkah Kerja
  • Menyiapkan Komputer/Laptop
  • Membuka dan membaca link materi yang disertakan
  • Melakukan diskusi kelompok untuk menentukan tugas masing – masing anggota
  • Mengidentifikasi materi Pembelajaran
  • Mendiskusikan hasil identifikasi materi 
  • Menentukan dan merangkum hasil identifikasi materi berupa langkah-langkah kerja 
  • Membuat laporan hasil identifikasi materi di BUKU CATATAN MASING-MASING
  • Mencetak  dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok berisi 
Tugas PRAKTEK 
Mendiskusikan dan membuat DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 4

HASIL PEMBELAJARAN
Mencetak  hasil PRAKTEK kelompok berupa DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 4 menggunakan aplikasi pengolah kata (kata dan ukuran dokumen yang dicetak Wajib  sama dengan CONTOH)

Selasa, 22 Oktober 2024

Apresiasi Teks Cerpen

A. Pengertian Cerpen

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu bentuk prosa fiksi yang menceritakan suatu peristiwa yang dialami oleh tokoh-tokohnya dalam kehidupan sehari-hari. Cerpen umumnya memiliki alur cerita yang singkat, fokus pada satu peristiwa, dan karakter tokoh yang terbatas.

B. Ciri-Ciri Cerpen

  1. Singkat: Panjang cerita lebih pendek dibandingkan novel, biasanya hanya berkisar antara 1.000 hingga 7.500 kata.
  2. Mengandung Satu Peristiwa: Cerpen hanya mengangkat satu kejadian penting yang dialami oleh tokoh utama.
  3. Penokohan Sederhana: Tokoh dalam cerpen terbatas, tidak terlalu banyak dan umumnya satu atau dua tokoh saja yang memiliki perkembangan karakter.
  4. Alur Tunggal: Cerpen memiliki alur yang tunggal dan biasanya bergerak dari awal hingga akhir cerita tanpa banyak pergeseran waktu atau ruang.
  5. Tema Spesifik: Cerpen biasanya memiliki satu tema yang jelas dan spesifik.

C. Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen

  1. Tema: Gagasan utama atau ide pokok yang mendasari cerita.
  2. Tokoh dan Penokohan:
    • Tokoh: Pelaku yang ada dalam cerita.
    • Penokohan: Cara pengarang menggambarkan watak tokoh, yang dapat berupa karakter protagonis, antagonis, tritagonis, atau tokoh pendukung lainnya.
  3. Alur (Plot): Jalannya cerita dari awal hingga akhir, yang mencakup tahap-tahap:
    • Pendahuluan: Pengantar cerita, pengenalan tokoh, latar, dan situasi.
    • Konflik: Permasalahan utama yang dihadapi tokoh.
    • Klimaks: Puncak permasalahan atau ketegangan tertinggi dalam cerita.
    • Antiklimaks: Penurunan ketegangan setelah konflik mencapai klimaks.
    • Penyelesaian: Akhir cerita, bisa berupa solusi dari konflik atau akhir terbuka.
  4. Latar (Setting): Tempat, waktu, dan suasana di mana peristiwa dalam cerita terjadi.
  5. Sudut Pandang: Posisi pengarang dalam menyampaikan cerita, bisa berbentuk:
    • Sudut Pandang Orang Pertama: Pengarang menjadi salah satu tokoh dalam cerita (menggunakan kata “aku” atau “saya”).
    • Sudut Pandang Orang Ketiga: Pengarang bercerita tentang tokoh lain (menggunakan kata “dia”, “mereka”).
  6. Amanat: Pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca.

D. Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur ekstrinsik cerpen adalah hal-hal yang berada di luar karya sastra itu sendiri, tetapi turut mempengaruhi isi dan bentuk cerita, antara lain:

  1. Latar Belakang Pengarang: Pengalaman hidup, pendidikan, atau nilai-nilai yang dianut pengarang.
  2. Kondisi Sosial Masyarakat: Fenomena sosial, budaya, politik, atau ekonomi yang sedang terjadi saat cerpen ditulis.
  3. Nilai-Nilai: Nilai moral, agama, sosial, politik, atau budaya yang ada dalam cerita.

E. Langkah-Langkah Mengapresiasi Cerpen

  1. Membaca dan Memahami: Membaca cerpen dengan cermat untuk memahami jalan cerita, karakter, latar, dan konflik.
  2. Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik: Setelah membaca, identifikasi tema, tokoh, alur, latar, dan sudut pandang yang digunakan.
  3. Menganalisis Unsur Ekstrinsik: Cari hubungan antara isi cerita dengan kehidupan pengarang atau latar belakang sosial masyarakat.
  4. Menilai Pesan atau Amanat: Refleksikan pesan yang disampaikan oleh pengarang melalui tokoh atau alur cerita.
  5. Mengaitkan dengan Pengalaman Pribadi: Kaitkan pesan atau peristiwa dalam cerpen dengan pengalaman pribadi atau kondisi di sekitar.

F. Contoh Cerpen

Berikut adalah contoh struktur cerpen yang dapat dianalisis:

Judul: “Sepotong Senja untuk Pacarku” (karya Seno Gumira Ajidarma)

  • Tema: Romantika cinta dan kerinduan.
  • Tokoh dan Penokohan:
    • S: Tokoh utama yang penuh kasih, puitis, dan melankolis.
    • Pacar S: Objek kerinduan, hanya ditampilkan dalam imajinasi tokoh S.
  • Alur: Maju, dimulai dengan kerinduan, lalu usaha tokoh untuk mengirimkan senja kepada pacarnya.
  • Latar: Latar waktu sore hari dengan suasana penuh keindahan alam.
  • Sudut Pandang: Orang pertama (S bercerita).
  • Amanat: Cinta tidak mengenal batasan waktu dan tempat, bahkan sesuatu yang sederhana seperti senja bisa menjadi lambang cinta yang mendalam.

G. Penilaian dalam Apresiasi Cerpen

  1. Keindahan Bahasa: Penggunaan bahasa yang menarik, puitis, atau menggugah emosi pembaca.
  2. Kekhasan Tema: Apakah tema yang diangkat unik atau sering ditemui dalam karya lain?
  3. Penggambaran Tokoh: Apakah karakter tokoh digambarkan dengan jelas dan hidup?
  4. Keselarasan Unsur-Unsur Intrinsik: Apakah alur, latar, tokoh, dan tema saling mendukung?

H. Latihan Mengapresiasi Cerpen

  1. Baca sebuah cerpen yang sudah ditentukan.
  2. Identifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik dari cerpen tersebut.
  3. Analisis konflik dan klimaks dalam cerita.
  4. Refleksikan amanat yang disampaikan pengarang.