Kamis, 10 Oktober 2024

Menyaring Konten Negatif di Dunia Digital

 

Pendahuluan

Dunia digital telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Di era di mana teknologi informasi berkembang pesat, kita mendapatkan berbagai manfaat, seperti kemudahan akses informasi, komunikasi cepat, serta sarana hiburan. Namun, di balik manfaat tersebut, terdapat pula risiko konten negatif yang bisa berdampak buruk, baik bagi individu maupun masyarakat. Oleh karena itu, menyaring konten negatif menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan mental, etika, dan keamanan lingkungan online.

Definisi Konten Negatif

Konten negatif di dunia digital mencakup segala jenis informasi atau materi yang dapat memberikan pengaruh buruk kepada pengguna internet, seperti:

  • Konten kekerasan: Materi yang menampilkan kekerasan fisik, verbal, atau visual.
  • Konten pornografi: Materi yang berisi visual atau tulisan yang mengandung unsur pornografi.
  • Hoaks (berita palsu): Informasi yang sengaja disebarkan untuk menipu atau menyesatkan publik.
  • Perundungan (cyberbullying): Penggunaan platform digital untuk mengintimidasi atau menyakiti orang lain.
  • Konten ekstremis dan radikalisme: Materi yang mendukung tindakan ekstrem atau radikal yang dapat membahayakan keamanan dan stabilitas sosial.

Pentingnya Menyaring Konten Negatif

  1. Perlindungan Kesehatan Mental: Konten negatif seperti kekerasan dan perundungan dapat mempengaruhi kesehatan mental pengguna, terutama anak-anak dan remaja. Akses tanpa filter terhadap konten semacam itu dapat menimbulkan stres, kecemasan, hingga depresi.

  2. Pencegahan Penyebaran Hoaks dan Disinformasi: Hoaks dan disinformasi dapat menyesatkan masyarakat, menyebabkan kepanikan, atau bahkan memicu konflik. Dengan menyaring informasi yang diterima, kita bisa terhindar dari dampak negatifnya.

  3. Menjaga Moral dan Etika: Banyak konten negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai moral dan etika, seperti pornografi dan ujaran kebencian. Dengan menyaring konten semacam ini, kita dapat menjaga nilai-nilai moral dan etika dalam masyarakat.

  4. Keamanan Digital: Penyebaran konten negatif, termasuk yang bersifat ekstremis, dapat membahayakan keamanan digital. Penyaringan konten penting untuk mencegah radikalisasi dan ancaman keamanan lainnya.

Cara Menyaring Konten Negatif

  1. Gunakan Aplikasi dan Fitur Penyaring Konten: Banyak platform digital, seperti mesin pencari dan media sosial, yang menyediakan fitur penyaring konten (content filter). Fitur ini memungkinkan pengguna memblokir konten negatif berdasarkan kategori tertentu, seperti pornografi, kekerasan, atau ujaran kebencian.

  2. Manfaatkan Parental Control: Untuk melindungi anak-anak dari konten negatif, orang tua dapat menggunakan parental control yang tersedia di perangkat digital dan aplikasi. Parental control memungkinkan orang tua untuk mengatur apa yang bisa diakses anak-anak.

  3. Periksa Sumber Informasi: Saat mendapatkan informasi online, penting untuk memeriksa sumbernya. Sumber yang tidak jelas dan tidak kredibel seringkali menjadi penyebar hoaks. Biasakan mencari referensi dari media yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

  4. Lakukan Edukasi Digital: Edukasi mengenai literasi digital perlu terus ditingkatkan. Pengguna internet, terutama anak-anak dan remaja, harus diberikan pemahaman mengenai cara mengenali konten negatif dan bagaimana melaporkannya.

  5. Laporkan Konten Negatif: Sebagian besar platform digital menyediakan fitur untuk melaporkan konten yang tidak pantas. Jika menemukan konten yang merugikan, pengguna bisa melaporkannya sehingga platform dapat mengambil tindakan, seperti menghapus konten tersebut atau membatasi akun yang bersangkutan.

Jenis-Jenis Konten Negatif yang Perlu Diwaspadai

  1. Konten Kekerasan dan Sadisme: Konten kekerasan sering kali menampilkan adegan yang eksplisit tentang kekerasan fisik atau verbal, seperti pemukulan, peperangan, dan penyiksaan. Video, gambar, atau narasi kekerasan dapat menyebabkan trauma psikologis bagi penonton, terutama anak-anak.

  2. Konten Pornografi: Pornografi melibatkan tampilan eksplisit aktivitas seksual yang ditujukan untuk menghibur secara erotis. Dampak negatifnya mencakup distorsi pandangan tentang seksualitas, serta potensi untuk merusak perkembangan moral dan emosional, terutama pada anak-anak dan remaja.

  3. Hoaks dan Disinformasi: Hoaks adalah berita palsu yang dibuat dengan tujuan memanipulasi atau menyesatkan orang. Hoaks politik, kesehatan, dan lingkungan dapat memicu masalah besar, seperti perpecahan sosial atau krisis kesehatan masyarakat.

  4. Konten Perundungan (Cyberbullying): Cyberbullying adalah bentuk intimidasi yang terjadi di dunia maya. Pengguna internet bisa menjadi sasaran pelecehan verbal, ejekan, atau ancaman melalui media sosial atau platform digital lainnya. Ini bisa berakibat pada isolasi sosial, trauma emosional, bahkan depresi pada korban.

  5. Konten Ekstremis dan Radikalisasi: Materi yang menyebarkan ideologi ekstremis sering digunakan untuk merekrut anggota baru, terutama di kalangan pemuda. Konten ini bisa mengarahkan individu pada tindakan kekerasan atau keterlibatan dalam organisasi teroris.

Dampak Negatif Konten Terhadap Pengguna

  1. Kesehatan Mental dan Emosional: Paparan terhadap konten negatif dapat memicu kecemasan, stres, dan depresi, terutama pada anak-anak, remaja, dan pengguna yang lebih rentan. Cyberbullying, misalnya, dapat menyebabkan isolasi sosial dan bahkan upaya bunuh diri.

  2. Pembentukan Persepsi Sosial yang Salah: Konten seperti pornografi dan kekerasan dapat membentuk pandangan yang keliru tentang hubungan sosial dan kekuasaan. Pengguna dapat menganggap tindakan tidak pantas sebagai norma yang diterima.

  3. Perpecahan Sosial: Penyebaran hoaks dan disinformasi dapat memicu ketidakpercayaan antar kelompok sosial, politik, atau etnis. Hoaks politik, terutama selama pemilu, bisa menyebabkan disintegrasi masyarakat dan merusak tatanan demokrasi.

  4. Radikalisasi Individu: Konten ekstremis yang tersebar luas dapat mendorong individu untuk terlibat dalam tindakan terorisme atau kekerasan ekstrem. Penyebaran konten radikal ini menjadi ancaman nyata terhadap keamanan nasional dan internasional.

Teknologi dan Teknik Penyaringan Konten Negatif

Berikut adalah beberapa metode dan teknologi yang digunakan untuk menyaring konten negatif di dunia digital:

  1. Penyaringan Berbasis Algoritma: Teknologi penyaringan berbasis algoritma menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memantau dan mengidentifikasi konten negatif. Sistem ini dilatih untuk mengenali gambar, video, atau kata-kata yang termasuk dalam kategori negatif. Misalnya, Facebook dan YouTube menggunakan AI untuk menghapus konten yang mengandung ujaran kebencian atau kekerasan.

  2. Content Moderation (Moderasi Konten): Selain AI, platform digital juga menggunakan moderator manusia untuk mengevaluasi konten yang dilaporkan. Moderator ini bekerja untuk memastikan bahwa konten yang melanggar kebijakan platform dihapus secara manual. Meskipun algoritma AI cepat, moderator manusia penting untuk menangani kasus-kasus yang membutuhkan penilaian subjektif.

  3. Parental Control dan Safe Browsing: Banyak aplikasi dan perangkat digital menawarkan fitur parental control yang memungkinkan orang tua untuk membatasi akses anak-anak ke situs-situs tertentu atau kategori konten. Selain itu, fitur safe browsing di browser seperti Google Chrome dapat memblokir situs yang mencurigakan atau berisi malware.

  4. Penggunaan Blacklist dan Whitelist: Teknologi ini memungkinkan administrator jaringan atau pengguna untuk menentukan situs atau jenis konten mana yang dilarang (blacklist) atau diizinkan (whitelist). Hal ini sering digunakan di lingkungan sekolah atau kantor untuk menjaga akses internet yang aman.

  5. Sistem Peringatan Pengguna: Beberapa platform seperti Twitter dan Instagram mulai mengembangkan fitur yang memberikan peringatan kepada pengguna jika konten yang akan mereka lihat mengandung elemen sensitif, seperti kekerasan atau ujaran kebencian. Ini memberikan kontrol lebih kepada pengguna sebelum mereka memutuskan untuk melanjutkan melihat konten tersebut.

  6. Teknologi Natural Language Processing (NLP): NLP adalah cabang AI yang memungkinkan mesin untuk memahami dan memproses bahasa manusia. Dalam konteks penyaringan konten, NLP digunakan untuk mendeteksi dan menyaring kata-kata kasar, ujaran kebencian, atau hoaks dalam teks, baik di media sosial maupun platform lainnya.

  7. Enkripsi dan Sistem Privasi: Teknologi enkripsi memainkan peran penting dalam melindungi privasi pengguna. Meski bukan metode penyaringan konten negatif secara langsung, enkripsi membantu mencegah peretas atau aktor jahat lainnya mengakses data pribadi yang dapat digunakan untuk tindakan kriminal atau penyalahgunaan.

Langkah-Langkah Proaktif bagi Pengguna

  1. Tingkatkan Literasi Digital: Penting untuk memahami bagaimana cara mengidentifikasi konten negatif, menyaringnya, dan melindungi diri dari dampaknya. Pengguna harus memiliki kemampuan untuk memverifikasi sumber informasi dan mengenali berita palsu.

  2. Laporkan Konten yang Tidak Pantas: Banyak platform sosial memungkinkan pengguna untuk melaporkan konten yang melanggar pedoman komunitas. Dengan melaporkan konten negatif, pengguna turut berperan dalam menjaga ekosistem digital yang lebih sehat.

  3. Hindari Berbagi Konten yang Tidak Terverifikasi: Jangan sembarangan membagikan informasi atau konten yang tidak jelas kebenarannya. Membagikan konten hoaks atau negatif hanya akan memperparah penyebarannya.

  4. Gunakan Fitur Penapisan Otomatis: Banyak layanan digital menyediakan opsi untuk menyaring konten otomatis. Misalnya, Google SafeSearch dapat digunakan untuk memfilter hasil pencarian yang mengandung konten dewasa atau berbahaya.

Teknologi Penyaringan Konten yang Lebih Maju

  1. Machine Learning dan Deep Learning untuk Penyaringan Otomatis Salah satu teknologi terdepan dalam penyaringan konten adalah penggunaan machine learning (pembelajaran mesin) dan deep learning (pembelajaran mendalam). Kedua teknologi ini memungkinkan sistem untuk belajar dari data sebelumnya dan mengenali pola yang terkait dengan konten negatif.

    • Pembelajaran Mesin (Machine Learning): Sistem ini dilatih dengan data yang sudah diklasifikasikan, misalnya konten yang mengandung ujaran kebencian, pornografi, atau kekerasan. Dengan algoritma seperti supervised learning dan unsupervised learning, sistem dapat mengenali pola dan mengklasifikasikan konten secara otomatis.

    • Pembelajaran Mendalam (Deep Learning): Metode ini lebih kompleks dan menggunakan jaringan saraf tiruan (neural networks) yang meniru cara kerja otak manusia untuk memproses data gambar, video, atau teks secara lebih mendalam. Misalnya, video yang menampilkan kekerasan dapat dianalisis frame per frame untuk mengidentifikasi adegan kekerasan meski dalam konteks yang samar.

    Contoh Kasus:

    • YouTube menggunakan deep learning untuk secara otomatis mendeteksi video yang melanggar kebijakan mereka, terutama dalam kasus ujaran kebencian dan terorisme.
    • Facebook menggunakan machine learning untuk mendeteksi ujaran kebencian yang bersifat teks dengan memindai kata-kata atau frasa yang mencurigakan.
  2. Computer Vision untuk Deteksi Gambar dan Video Computer vision adalah cabang dari kecerdasan buatan yang memungkinkan komputer untuk “melihat” dan memahami konten visual. Teknologi ini berguna dalam menyaring konten seperti pornografi, kekerasan visual, atau konten ekstrim.

    Teknik yang digunakan:

    • Object Detection: Teknologi ini memungkinkan sistem untuk mendeteksi objek-objek tertentu dalam gambar atau video yang mengindikasikan konten negatif. Misalnya, objek senjata, darah, atau aksi kekerasan.
    • Image Classification: Sistem ini digunakan untuk mengklasifikasikan gambar berdasarkan kategorinya. Jika gambar terdeteksi mengandung unsur seksual eksplisit atau kekerasan, maka gambar tersebut akan dihapus atau diberi tanda sebagai konten negatif.
    • Face Recognition (Pengenal Wajah): Pada platform sosial, teknologi ini digunakan untuk mendeteksi wajah pelaku yang sering terlibat dalam aktivitas ilegal atau radikal.

    Contoh Kasus:

    • Instagram dan Facebook menggunakan teknologi computer vision untuk mendeteksi gambar dan video yang melanggar kebijakan komunitas, seperti pornografi atau kekerasan. Gambar yang terindikasi negatif secara otomatis diproses dan dihapus.
  3. Natural Language Processing (NLP) untuk Penyaringan Ujaran Kebencian dan Hoaks Natural Language Processing (NLP) adalah cabang kecerdasan buatan yang memungkinkan sistem komputer memahami, menganalisis, dan memproses bahasa manusia. Dalam konteks penyaringan konten negatif, NLP digunakan untuk menyaring teks, terutama di media sosial, blog, atau forum online.

    Teknik yang digunakan dalam NLP:

    • Text Classification: Menggunakan teknik ini, NLP dapat mengklasifikasikan teks ke dalam berbagai kategori seperti ujaran kebencian, disinformasi, atau konten berbahaya.
    • Sentiment Analysis: Teknologi ini menganalisis emosi atau sentimen dalam teks. Jika konten terdeteksi memiliki sentimen negatif, seperti marah, benci, atau menyerang individu atau kelompok tertentu, maka teks tersebut akan dihapus atau diberi peringatan.
    • Named Entity Recognition (NER): Teknik ini mengenali nama orang, organisasi, atau lokasi dalam teks. Teknologi ini digunakan untuk mengidentifikasi subjek yang mungkin menjadi target ujaran kebencian atau informasi palsu.

    Contoh Kasus:

    • Twitter menggunakan NLP untuk mendeteksi dan menghapus tweet yang mengandung ujaran kebencian atau disinformasi. Mereka juga menggunakan algoritma berbasis sentimen untuk mengenali diskusi yang cenderung mengarah pada konflik.
  4. AI-based Content Moderation Tools (Alat Moderasi Konten Berbasis AI) Selain platform besar, ada banyak alat moderasi konten berbasis AI yang dapat digunakan oleh perusahaan kecil atau komunitas online untuk menyaring konten negatif. Beberapa di antaranya termasuk:

    • Google’s Perspective API: Alat ini menggunakan AI untuk menganalisis teks dan menentukan apakah teks tersebut cenderung merugikan atau tidak. Pengguna dapat mengintegrasikan API ini ke dalam platform untuk membantu moderasi konten secara otomatis.
    • Hive Moderation: Layanan yang menyediakan moderasi berbasis AI untuk gambar, video, dan teks. Hive dapat mendeteksi kekerasan, pornografi, ujaran kebencian, dan bahkan konten yang mengandung narkoba.

Pendekatan Kebijakan dalam Menyaring Konten Negatif

Selain teknologi, pendekatan kebijakan juga memegang peran penting dalam mengatasi konten negatif di dunia digital. Beberapa pendekatan kebijakan yang telah diterapkan oleh negara-negara di seluruh dunia meliputi:

  1. Regulasi Pemerintah: Banyak negara telah menerapkan regulasi khusus untuk mengatur konten yang beredar di internet. Regulasi ini sering kali mewajibkan platform media sosial dan penyedia layanan internet untuk bertanggung jawab terhadap konten yang diunggah oleh pengguna.

    Contoh Regulasi:

    • Undang-Undang Perlindungan Konsumen di Internet (dalam beberapa negara): Regulasi ini mewajibkan penyedia platform untuk memiliki kebijakan moderasi konten yang jelas dan transparan. Jika platform gagal menghapus konten negatif dalam jangka waktu tertentu, mereka bisa didenda atau diancam pembatasan akses.
    • Digital Services Act (Uni Eropa): Ini adalah salah satu regulasi paling ketat yang diberlakukan di Eropa. Platform seperti Facebook dan Twitter diwajibkan untuk segera menghapus konten ilegal dan negatif atau berisiko terkena denda besar.
  2. Kolaborasi Pemerintah dan Perusahaan Teknologi: Kolaborasi antara pemerintah dan perusahaan teknologi sangat penting dalam menangani penyebaran konten negatif. Banyak platform besar seperti Google, Facebook, dan Twitter bekerja sama dengan pemerintah untuk membatasi penyebaran konten negatif.

    Contoh Kerja Sama:

    • Internet Watch Foundation (IWF): Organisasi ini bekerja sama dengan perusahaan teknologi untuk mendeteksi dan menghapus materi pelecehan seksual anak di internet.
    • Global Internet Forum to Counter Terrorism (GIFCT): Ini adalah inisiatif kolaboratif antara pemerintah dan perusahaan teknologi untuk melawan penyebaran konten terorisme di internet.
  3. Edukasi Literasi Digital: Edukasi menjadi salah satu elemen penting dalam kebijakan penyaringan konten negatif. Pengguna internet, khususnya anak-anak dan remaja, perlu dibekali dengan literasi digital agar dapat mengenali konten negatif dan memahami cara melaporkannya.

    Program Edukasi:

    • Program Literasi Digital di Sekolah: Banyak negara telah memasukkan literasi digital sebagai bagian dari kurikulum pendidikan formal. Siswa diajarkan cara menggunakan internet dengan bijak, mengenali berita palsu, serta melindungi diri dari cyberbullying.
    • Kampanye Kesadaran Publik: Pemerintah dan LSM sering kali meluncurkan kampanye kesadaran untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya konten negatif dan pentingnya literasi digital.

Tanggung Jawab Pemangku Kepentingan dalam Menyaring Konten Negatif

  1. Perusahaan Teknologi (Platform Media Sosial) Perusahaan teknologi memiliki tanggung jawab besar untuk menciptakan ekosistem yang aman. Mereka harus terus memperbarui teknologi penyaringan konten dan memastikan bahwa algoritma yang digunakan mampu mendeteksi konten negatif dengan akurat.

  2. Pemerintah Pemerintah berperan dalam menetapkan regulasi yang jelas dan memberikan sanksi tegas bagi pelanggaran. Pemerintah juga harus mendorong inisiatif literasi digital di masyarakat untuk memerangi penyebaran konten negatif.

  3. Pengguna Internet Pengguna internet juga memiliki tanggung jawab moral untuk tidak menyebarkan konten negatif dan melaporkan konten yang tidak pantas. Selain itu, pengguna harus bijak dalam memverifikasi informasi dan menghindari berbagi berita palsu.

Menyaring konten negatif di dunia digital adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan online yang sehat dan aman. Dengan kesadaran dan tindakan proaktif, seperti menggunakan penyaring konten, melakukan edukasi digital, dan memverifikasi informasi, kita dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari pengaruh buruk konten negatif. Literasi digital dan tanggung jawab bersama menjadi kunci untuk menjadikan dunia digital tempat yang lebih positif.

Menyaring konten negatif di dunia digital bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau platform teknologi, tetapi juga tanggung jawab pengguna internet itu sendiri. Dengan teknologi yang semakin maju, langkah-langkah penyaringan konten dapat dilakukan dengan lebih efektif. Namun, tanpa literasi digital dan kesadaran penuh dari setiap pengguna, konten negatif tetap dapat menyebar dan mempengaruhi banyak orang. Oleh karena itu, edukasi berkelanjutan tentang cara menyaring dan melaporkan konten negatif, serta penggunaan teknologi yang tepat, adalah kunci untuk menciptakan lingkungan digital yang aman dan sehat.

Menyaring konten negatif di dunia digital membutuhkan kombinasi dari teknologi yang canggih, kebijakan yang tepat, serta peran aktif dari pemerintah, perusahaan teknologi, dan pengguna internet. Dengan terus berkembangnya teknologi seperti AI

Rabu, 09 Oktober 2024

Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 1: Belajar Mengeti Teks )

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
 
Judul Materi Ajar          :  Perkakas teknologi digital (Praktek Mengetik 1: Belajar Mengeti Teks )
Tujuan Pembelajaran :   peserta didik mampu memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasidata
Mata Pelajaran     : Informatika
Jenjang/Kelas       : SMK/X
Nama Anggota Kelompok:
1.            ______________________________
2.            ______________________________
3.            ______________________________
4.            ______________________________
 

Langkah Kerja
  • Menyiapkan Komputer/Laptop
  • Membuka dan membaca link materi yang disertakan
  • Melakukan diskusi kelompok untuk menentukan tugas masing – masing anggota
  • Mengidentifikasi materi Pembelajaran
  • Mendiskusikan hasil identifikasi materi 
  • Menentukan dan merangkum hasil identifikasi materi berupa langkah-langkah kerja 
  • Membuat laporan hasil identifikasi materi di BUKU CATATAN MASING-MASING
  • Mencetak  dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok berisi 
Tugas PRAKTEK 
Mendiskusikan dan membuat DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 1

HASIL PEMBELAJARAN
Mencetak  hasil PRAKTEK kelompok berupa DOKUMEN LATIHAN MENGETIK 1 menggunakan aplikasi pengolah kata (kata dan ukuran dokumen yang dicetak Wajib  sama dengan CONTOH)

Senin, 07 Oktober 2024

MENYUSUN BAGIAN-BAGIAN PENTING DARI PERMASALAHAN AKTUAL SEBAGAI BAHAN UNTUK DISAJIKAN DALAM CERAMAH

Dalam menyampaikan informasi ke publik atau khalayak ramai salah satu syaratnya adalah memiliki kedalaman informasi atau aktual. Sehingga, informasi yang disampaikan mendapatkan sambutan dan juga tanggapan baik dari masyarakat. Untuk itu, dalam menyampaikannya kalian perlu  mengetahui bagian-bagian penting dari permasalahan aktual yang akan disampaikan. Secara umum, untuk menilai suatu informasi mengandung permasalahan aktual atau tidaknya bisa dilihat dari penyampaian hal umum yang dapat merangkum atau menjadi poin utama yang nantinya dijelaskan dengan kalimat-kalimat penjelas lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memberi komentar informasi mengandung permasalahan aktual atau tidak, dengan memperhatikan bentuk, isi, dan cara penyampaiannya.
  1. Memahami dan mengenali konteks isi
Pada kegiatan ceramah memahami dan mengenal konteks isi berarti kita harus mengenali peserta ceramah dan situasinya. Mengetahui isu atau topik yang ingin disampaikan tentu akan berbeda jika audiensnya berbeda pula, begitu pula dari latar belakang tempat penyampaian. Sebagai contoh, topik untuk ibu-ibu akan berbeda penyampaian dengan topic untuk anak-anak. Demikian pula dengan situasinya. Gaya ceramah yang akan disampaikan tentu akan berbeda antara gaya berceramah dalam situasi resmi dan situasi santai.
  1. Mengidentifikasi topik
Dalam menentukan dan mengidentifikasi topik isi ceramah sebaiknya mempertimbangkan hal-hal berikut yaitu ; sesuai dengan latar belakang dan pengetahuan para pendengar, menarik minat, ruang lingkup jelas dan spesifik, sesuai waktu dan situasi.
  1. Menyusun Kerangka Ceramah
Dalam kegiatan ceramah, salah satu kegiatan yang menentukan kesuksesan adalah menyusun kerangka ceramah dengan memuat pokok-pokok materi yang akan disampaikan. Hal ini bertujuan agar ceramah menjadi lebih sistematis, pengulangan pembahasan dapat dihindari, serta pengumpulan data dan sumber-sumber menjadi teratur.
  1. Mengumpulkan dan Mencari Bahan
Pengumpulan bahan dan data dapat dilakukan dari sumber-sumber yang ada antara lain surat kabar atau buku, media jejaring linimasa dan media sosial, contoh naskah pidato dengan tema yang sama, istilah-istilah popular, cerita, atau humor-humor yang relevan. Karakteristik Kebahasaan Dalam Teks Ceramah Informasi dalam suatu ceramah bisa dikatakan merupakan permasalahan aktual jika dilihat berdasarkan dari manfaatnya. Dalam hal ini ada beberapa jenis-jenis kalimat majemuk pada kebahasaan dalam teks ceramah yaitu :
  • Kalimat Majemuk Hubungan Akibat, dimana terdapat kata penghubung “sehingga”, “sampai-sampai”, “maka”. Contoh : mereka sering terlambat datang ke sekolah sehingga diberikan hukuman oleh pihak sekolah.
  • Kalimat Majemuk Hubungan Cara, dimana terdapat kata penghubung “dengan”. Contoh : Dengan cara membuat gerakan tidak menggunakan sampah plastik, dua perempuan Bali mengharumkan nama Indonesia.
  • Kalimat Majemuk Hubungan Sangkalan, dimana terdapat kata penghubung “seolah-olah” dan “seakan-akan”. Contoh : Gempa mengguncang Palu di dalam kota warga panik seakan-akan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan.
  • Kalimat Majemuk Hubungan Kenyataan, dimana terdapat kata penghubung “padahal” dan “sedangkan”. Contohnya : Dia pura-pura tidak tahu padahal dia tahu semuanya.
  • Kalimat Majemuk Hasil, dimana terdapat kata penghubung “makanya”.
  • Kalimat Majemuk Hubungan Penjelasan, dimana terdapat kata penghubung “bahwa” dan “yaitu”. Contoh :Program pemerintah penanganan kemiskinan menunjukan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mengentaskan angka kemiskinan di Indonesia.
  • Kalimat Majemuk Atributif, dimana terdapat kata penghubung “yang”. Contohnya : Anggota partai itu adalah anggota yang kurang memiliki kedisiplinan terhadap sikap dan tutur kata.