Sabtu, 23 Juli 2022

Panduan Install Ubuntu Server di VirtualBox

 Ubuntu merupakan sistem operasi linux turunan debian yang kian hari kian populer dikarenakan mudah dalam konfigurasi, instalasi, maupun pengunaan. Sistem operasi Ubuntu ini hadir dalam 2 varian yaitu versi Desktop (GUI) dan versi Server (CLI). Pada tutorial kali ini kita akan melakukan instalasi sistem operasi ubuntu server pada program virtual mesin yaitu menggunakan virtualbox.

Ubuntu adalah salah satu distro linux yang cukup populer dan mudah dalam pengoperasiannya, serta cukup andal. Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux yang berbasis Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (Perusahaan milik Mark Shuttleworth).  

Langkah pertama yang harus kita siapkan untuk memulai melakukan instalasi sistem operasi Ubuntu server ini adalah tentunya kita harus memiliki file iso installernya terlebih dahulu. Untuk file installernya kita bisa download pada halaman web resmi ubuntu os https://releases.ubuntu.com/focal/. Perlu diketahui bahwa semenjak tutorial ini dibuat, ubuntu telah mengeluarkan versi paling terbaru yaitu Ubuntu 20.04.2 LTS. Namun pada tutorial ini kita akan menggunakan installer Ubuntu 20.04.1 LTS, jangan khawatir karena walaupun ubuntu telah melakukan update versi tersebut untuk langkah instalasi mayoritas sama tidak ada yang berubah.

Persiapan


Langkah pertama yang harus kita siapkan untuk memulai melakukan instalasi sistem operasi Ubuntu server ini adalah tentunya kita harus memiliki file iso installernya terlebih dahulu. Untuk file installernya kita bisa download pada halaman web resmi ubuntu os https://releases.ubuntu.com/focal/. Perlu diketahui bahwa semenjak tutorial ini dibuat, ubuntu telah mengeluarkan versi paling terbaru yaitu Ubuntu 20.04.2 LTS. Namun pada tutorial ini kita akan menggunakan installer Ubuntu 20.04.1 LTS, jangan khawatir karena walaupun ubuntu telah melakukan update versi tersebut untuk langkah instalasi mayoritas sama tidak ada yang berubah.

title

System Requirement

Perlu di ingat bahwa ubuntu sudah menghentikan support terhadap arsitektur 32 bit (i386) dan fokus pada pengembangan arsitektur 64 bit (amd64). Berikut ini merupakan minimal system requirements yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi Sistem Operasi Ubuntu 20.04 LTS Server.

system requirements ubuntu server 20.04 lts

Versi VirtualBox yang dipakai pada tutorial ini adalah 6.1.18

Virtualbox Version

Membuat Virtual Machine


Untuk memulai membuat mesin virtual untuk Ubuntu Server kita bisa dengan mulai dengan cara klik New.

Membuat mesin virtual dengan virtualbox

Selanjutnya kita buat nama untuk mesin virtual yang akan kita buat, untuk nama ini bebas bisa anda sesuaikan dengan nama yang kamu inginkan. Pada option Type kita pilih Linux dan pada Version kita pilih Ubuntu (64-bit).

Memberi nama virtual mesin dan memilih sistem operasi

Jika pada komputer teman - teman tidak ada option untuk Ubuntu (64-bit). Ini bisa jadi kamu menggunakan sistem operasi 32 bit sebagai host virtualboxmu. Jika kamu sudah yakin telah menggunakan sistem operasi 64 bit tetapi tidak muncul option tersebut, coba cek pada pengaturan bios bahwa Virtualization Technology sudah diaktifkan atau berstatus enabled seperti berikut.virtualization is enabled

Langkah selanjutnya kita tentukan besar ukuran memory yang akan kita gunakan. Karena kita kali ini melakukan demo instalasi maka kita tentukan saja sesuai dengan minimal system requirements sistem operasi ubuntu yaitu 1024 MB atau setara dengan 1 GB. Pada langkah ini sebenarnya optional jika dirasa kurang teman - teman bisa menambah besarnya ukuran memory ini.

Menentukan Besar Memory Virtual

Untuk hardisk yang akan kita gunakan disini kita akan buat hardisk virtual baru saja.

Membuat hardisk virtual baru

Sedangkan untuk hardisk file type kita gunakan VDI (Virtual Disk Image).

File Tipe Hardisk

Kita gunakan Dynamically allocated.

Type Virtual Hardisk

Nah pada tahap ini kita diharuskan untuk menentukan besarnya virtual hardisk yang akan kita buat. Disini saya menentukan virtual hardisknya sebesar 15 GB.

Menentukan besarnya virtual hardisk yang dibuat

Setelah kita tekan create maka kita sudah selesai melakukan pembuatan virtual mesin selanjutnya klik settings untuk melakukan konfigurasi lainnya.

Mesin virtual selesai dibuat.

Pada tab system kita tentukan core prosesor yang akan kita gunakan dalam virtual mesin ini. Secara default mesin virtual yang kita buat hanya menggunakan 1 core saja namun jika prosesor host kalian memiliki banyak core (Komputer spesifikasi dewa 😉) saya lebih menganjurakn untuk menambah ini. Langkah ini sebenarnya hanya optional tapi agar didapatkan peforma terbaik pada virtual mesin kalian untuk core prosesor ini bisa kalian tambah agar nantinya mesin virtual yang dibuat bisa memiliki peforma yang optimal , maka pada tutorial ini saya menambah jumlah core yang semula hanya 1 saja menjadi 2.

Penentuan jumlah core prosesor

Selanjutnya pada tab storage kita remove saja controller IDE karane kita akan gunakan Controller SATA saja.

hapus controller IDE

Kemudian untuk menambahkan Installer ubuntu yang sudah didownload caranya adalah dengan klik Adds optical drive.

menambah optical drive

Klik Add.

Menambah installer

Kemudian cari file .iso installer Ubuntu 20.04 LTS jika sudah klik Open.

Menambahkan installer Ubuntu 20.04 LTS

Klik Choose pada installer yang sudah kita tambahkan.

Menambahkan installer

Jika sudah maka nantinya optical drive installer telah berhasil ditambahkan.

installer

Selanjutnya pada tab Network kita disable untuk networking nya karena secara default pada setiap mesin virtual yang kita buat sudah otomatis terhubung dengan internet melalui jaringan NAT virtualbox. Mengapa kita matikan internetnya ? Karena agar instalasi Ubuntu OS nantinya cepat dan tidak melakukan proses update pada saat instalasi yang mengakibatan proses instalasi menjadi lama. Saya cenderung mematikan koneksi internet pada virtual mesin saya ketika melakukan instalasi dan saya lebih senang ketika melakukan update dan upgrade ketika instalasi sudah selesai dan mengganti dari mode NAT ke Bridge yang nantinya agar host dan mesin virtual kita bisa berada dalam satu network yang sama. Untuk langkah ini saya berikan opsi opsional jika kalian tidak mengikutinya tidak apa-apa atau bisa juga dengan cara memutus koneksi internet langsung dari host anda sehingga mesin virtual tidak bisa terkoneksi dengan internet. Jika sudah tidak ada konfigurasi yang ingin anda edit atau tambahkan bisa kalian tekan OK.

Mematikan koneksi internet pada virtual mesin virtualbox

Memulai Instalasi Ubuntu Server


Setelah mesin virtual sudah selesai dibuat selanjutnya kita mulai menyalakan mesin virtual dengan klik Start.

Mulai menyalakan virtualmesin

Jika pada saat kalian Start muncul popup seperti ini kalian bisa tambahkan installer Sistem Operasi Ubuntu lalu klik Start lagi.

Menyalakan vbox

Tunggu hingga proses load selesai maka nanti akan tampilan halaman installer. Pilih bahasa instalasi yang kalian inginkan. Disini saya memilih untuk memilih bahasa English saja.

Karena secara default Installer Ubuntu Server ini menggunakan mode CLI maka untuk navigasinya kalian bisa menggunakan arrow keys atau tab pada keybord dan enter untuk memilih/konfirmasi.

Halaman installer ubuntu server

Selanjutnya kita diminta untuk melakukan konfigurasi keyboard layout. Biarkan default saja dan pilih Done untuk lanjut.

Konfigurasi Keyboard Layout

Karena pada awal tadi saya tidak menghubungkan virtual mesin ini ke internet maka kita lanjut saja dengan pilih opsi Continue without network.

Lanjut instalasi tanpa menggunakan network

Untuk Proxy Address kita kosongi saja.

Konfigurasi Proxy Adress

Untuk Mirror Address kita biarkan default saja.

Konfiguras Mirror Address

Untuk opsi storage ini saya menggunakan default dan langsung memilih Done untuk lanjut. Kalian juga bisa memilih opsi manual jika ingin melakukan custom layout storage.

Konfigurasi Storage Layout

Selanjutnya akan muncul keterangan bahwa dari storage default yang kita pilih tadi installer akan membagi storage kita menjadi 3 partisi yaitu bios_grub, boot, dan / (root). Jika dirasa sudah mengerti maka pilih Done.

Konfigurasi Partition

Nantinya akan ada prompt konfirmasi, jika dirasa sudah yakin maka bisa lanjut saja Continue.

Konfirmasi keputusan yang dilakukan

Maka selanjutnya kita diminta untuk membuat akun yang nantinya kita gunakan untuk masuk kedalam sistem operasi ubuntu server yang telah kita install. Ini tidak harus sama, sesuaikan dengan keinginan kalian.

Membuat user ubuntu server

Selanjutnya akan ada tawaran untuk langsung melakukan instalasi OpenSSH Server yang bisa kita gunakan untuk remote server nantinya. Tapi pada step ini optional dan saya memilih untuk tidak menginstallnya.

Install OpenSSH Server Ubuntu

Tunggu proses instalasi ubuntu server hingga selesai. Jika sudah maka nantinya kita diminta untuk melakukan reboot untuk kemudian booting masuk ke sistem operasi yang telah selesai kita install.

Proses instalasi Ubuntu 20.04 LTS Server

Instalasi Ubuntu 20.04 LTS Server Selesai

Jika cdrom telah di umount (ditandai dengan icon cdrom pada virtualbox beruabah menjadi warna abu) maka kita tekan ENTER pada keyboard untuk melanjutkan proses reboot.

Umount CDROM

Tungu proses booting selesai hingga muncul prompt login masuk sistem operasi. Jika sudah ada prompt untuk masuk ke sistem operasi masukan username dan password yang telah kita buat saat instalasi tadi. Sampai disini kita telah selesai melakukan instalasi sistem operasi ubuntu server. Jangan lupa untuk menghubungkan kembali koneksi internet pada virtual mesin untuk melakukan update dan upgrade sistem operasi ubuntu server agar mendapatkan pembaharuan sistem terkini.

Instalasi Ubuntu Server Selesai

Sekian Tutorial instalasi Ubuntu Server ini untuk kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Bagikan postingan ini jika dirasa bermanfaat. Terimakasih 😉

Jumat, 22 Juli 2022

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual dan Otomatis di Microsoft Word

Daftar isi merupakan sekumpulan urutan bab dalam sebuah karya tulis yang berfungsi mempermudah pembaca dan memberikan struktur karya tulis yang jelas. Umumnya, daftar isi terletak pada halaman depan sebuah karya tulis sehingga pembaca dapat menggunakan daftar isi sebagai panduan untuk mengetahui konten apa saja yang ada dalam sebuah karya tulis.


Berikut ini merupakan cara membuat titik-titik Daftar isi otomatis menggunakan Tabulasi di Microsoft Word.

  1. Menentukan jenis Tabulasi yang akan kita gunakan yaitu Left Tab dan Right Tab. Caranya, Klik pada bagian kiri atas di lembar kerja sampai menemukan jenis Tabulasi yang kita inginkan. Kemudian klik pada ruler sesuai jarak yang kita inginkan. Tabulasi yang pertama (Laft Tab) merupakan batas tab untuk titik-titik, Tabulasi yang kedua (Right Tab) merupakan batas untuk penulisan nomor halaman.
  2. Klik 2x pada titik Tabulasi maka akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut. Pilih angka jarak Tabulasi yang pertama, kemudian pada "Leader"nya pilih yang no. 2. sedangkan untuk angka jarak Tabulasi yang kedua biarkan saja di no. 1 (None), selanjutnya klik OK.
  3. Silahkan buat Daftar isi, gunakan tombol Tab pada Keyboard, tekan Tab sebanyak 2 kali, yang pertama untuk membuat titik-titik dan tab yang kedua untuk menulis nomor halaman.


Perlu diketahui, daftar isi merupakan salah satu bagian terpenting yang ada di dalam karya tulis. Bagian ini berisi urutan judul pada tiap bab beserta halamannya.

Letak dari daftar isi ada di bagian depan, fungsinya untuk memandu para pembaca agar dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari dari karya ilmiah yang dibaca.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat daftar isi secara otomatis:

1. Blok judul atau subjudul pada dokumen

Memblok judul atau subjudul adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Blok judul atau subjudul yang anda inginkan.

2. Memilih tipe heading yang diinginkan

Jika sudah melakukan blok pada judul atau sub judul, langkah selanjutnya adalah memilih tipe heading pada tab Home. Anda bisa memilih Heading 1 untuk judul, Heading 2 untuk sub judul, dan Heading 3 untuk sub sub judul.

1. Membuat sub judul Dalam makalah, skripsi, jurnal, atau jenis teks lain, menggunakan subjudul dapat memberi struktur pada teks sehingga mudah untuk dibaca. Sub judul juga berfungsi agar navigasi teks dapat dilakukan melalui daftar isi.

Untuk membuat sub judul, sorot teks yang akan dijadikan sub judul lalu pilih tab "Styles" dan pilih gaya "Heading" yang diinginkan. Sub judul Microsoft Word (Katadata) 

2. Memasukkan daftar isi Daftar isi merupakan sekumpulan urutan bab dalam sebuah karya tulis yang berfungsi untuk mempermudah pembaca dan memberikan struktur karya tulis yang jelas. Umumnya, daftar isi terletak pada halaman terdepan sebuah karya tulis sehingga pembaca dapat menggunakannya sebagai panduan untuk mengetahui konten apa saja yang ada dalam sebuah karya tulis. Untuk memasukkan daftar isi, pilih tab "References" lalu klik "Table of Contents" dan pilih "Automatic Table". Daftar isi otomatis di Microsoft Word (Katadata)   Daftar isi akan muncul secara otomatis sesuai dengan konten yang ada dalam karya tulis. Ini akan muncul secara otomatis dan sudah memiliki format yang rapi dan urut sesuai dengan halaman dalam karya tulis. Hal tersebut dapat mempersingkat waktu dalam pengerjaan karya tulis karena tidak perlu repot membuat satu per satu. 

3. Memperbarui daftar isi Saat menyunting dokumen, bisa jadi muncul perubahan yang membuat beberapa konten memiliki halaman yang lebih banyak sehingga letaknya berubah dan ada subjudul yang diganti atau ditambahkan. Microsoft Word tidak langsung mengubah daftar isi ketika ada pergantian sub judul atau halaman. Oleh karena itu, daftar isi perlu diperbarui agar sesuai dengan subjudul dan halaman yang baru. Cara memperbaruinya tidak perlu mengetik manual, cukup pilih "Update Table of Contents" yang terletak pada bagian kiri atas. Memperbarui daftar isi dalam Microsoft Word (Katadata)   Ada dua pilihan. Pertama, “Update page numbers only” berfungsi untuk memperbarui halaman saja tanpa mengubah judul dan sub judul. Kedua, “Update entire table” berfungsi untuk memperbarui seluruh isi sehingga judul, sub judul, dan halaman semua berubah sesuai dengan keinginan.

FORMAT LAPORAN PKL YANG HARUS DISELESAIKAN:


Profesi (job-profile) di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi

Job Profile – apa itu?
Job Profile adalah sebuah dokumen yang berisi informasi lengkap atau profil sebuah pekerjaan dalam sebuah organisasi. 

Isinya adalah:

1.Identifikasi pekerjaan (Job Identification) yaitu identitas dari sebuah posisi atau pekerjaan seperti : nama posisi, bagian/ departemen di mana posisi tersebut berada, kode jabatan, nama posisi atasan, lokasi dsb.
2. Tujuan pekerjaan (Job Purpose) : berisi tujuan atau alasan keberadaan pekerjaan atau kontribusi pekerjaan itu secara umum.   (Bila anda bingung/ sulit mengisi sebuah tujuan sebuah pekerjaan, kemungkingan pekerjaan tsb memang tidak diperlukan). 
3.Uraian pekerjaan (Job Description): menjelaskan tanggung jawab/ tugas / kegiatan yang harus dilakukan oleh posisi  atau rincian dari kontribusi umum pekerjaan ini.
4. Dimensi pekerjaan (Job Dimension): menggambarkan besarnya cakupan posisi baik langsung maupun tidak langsung yang membedakannya dengan posisi lainnya.
5. Hal – hal lain seperti : wewenang, hubungan kerja, indikator keberhasilan, kompetensi  pemegang jabatan, dan persyaratan lain dari posisi.

Manfaat Job Profile
Job Profile menjadi dokumen penting bagi perusahaan dalam banyak aspek, seperti:

Recruitment & Selection: bila Job Profile tidak jelas, bagaimana perusahaan akan menentukan profil pekerjanya? Job profile akan menolong perusahaan menentukan semua persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja serta menjaga konsistensi dan obyektivitas pada saat menilai para pelamar.

Compensation:  kecuali sebuah pekerjaan akan dilakukan secara sukarela, maka perusahaan harus menentukan besarnya imbal jasa.  Job profile menyediakan informasi untuk menentukan bukan hanya besarnya imbalan atas pekerjaan tsb, tapi juga untuk perbandingan dengan  imbalan yang diberikan atas pekerjaan yang lain.  

Training & Development:  Job Profile akan menjadi acuan menentukan jenis pelatihan dan pengembangan yang diperlukan seorang pelamar bila dia diterima menjadi pemegang jabatan.
 
Performance Evaluation: Salah satu “anak” Job Profile adalah Job Description. Sebuah Job Description yang jelas akan menolong perusahaan melakukan penilaian kinerja yang obyektif.


Seiring dengan perkembangan teknologi, lapangan pekerjaan pun kian berkembang. Muncul profesiprofesi Baru yang beberapa tahun kebelakang belum popular, Atau bahkan Belum ada. Profesi Android Developer misalnya, baru Ada setelah smartphone berbasis Android mulai booming. 

Dibawah ini ada beberapa profesi dibidang teknologi yang akan dibutuhkan di masa sekarang :

1. Database Administrator

Database administrator memegang kendali atas basis data perusahaan yang hanya dapat diakses oleh pihak yang memegang otoritas. Admin database bekerja bersama system manager untuk menyesuaikan kapasitas database dengan kebutuhan perusahaan. Di lapangan, database administrator terbagi ke dalam dua kategori yaitu, sebagai System Database Adminstrator, Secara umum, ruang lingkup system database administrator meliputi aspek teknis pengelolaan database, termasuk memperbarui software dan debug kode. Kasarnya, system database administrator bertugas di bidang operasional database. Mulai dari instalasi, patching, dan pengelolaan. Tak jarang, mereka juga dipercaya untuk merekomendasikan software maupun hardware yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan. System DBA juga memiliki satu tugas yang tak kalah penting, yakni merancang sistem keamanan untuk melindungi database. Application Database Administrator, application database administrator bertanggung jawab terhadap kegiatan penggunaan database. Tugasnya bisa dibilang cukup rumit, mulai dari merancang arsitektur data, model data, hingga menunjang penggunaan database untuk aplikasi tertentu. Pemahaman tentang desain dan implementasi keamanan database juga diperlukan untuk menduduki posisi ini.m Di samping tanggung jawab khusus di atas, baik system maupun application DBA memiliki tugas harian yang sama. Database administrator bertanggung jawab dalam melindungi data dengan sistem yang terstruktur, mengembalikan data yang hilang, membuat izin pengguna baru, menggabungkan database lama, menguji modifikasi, serta memonitor sistem database untuk menjamin efektivitasnya.

Jenjang karier dan prospek kerja DBA (Database Administrator) dapat berkembang sampai posisi manajemen, terutama jika kamu sudah menempuh pendidikan Master, hampir semua industri membutuhkan database administrator, ada banyak lowongan kerja sebagai DBA diberbagai situs internet, peluangnya berasal dari berbagai perusahaan diIndonesia.

Keahlian yang harus dimiliki Database Administrator yaitu , selain memenuhi kualifikasi pendidikan, seorang DBA juga wajib memiliki pengetahuan bahasa pemrograman database. Kamu pun perlu membekali diri dengan serangkaian soft skill seperti, Berorientasi pada pola pikir logis dan metodis, mampu memperhatikan detail, memiliki kemampuan organisasi yang efektif dan dapat memecahkan masalah, mampu menganalisis data dengan akurat, dan dapat bekerja sama dengan tim.

2. Game Developer

Menjadi seorang game developer berarti nantinya kamu akan membuat rancangan dasar, mendesain level, termasuk juga mengaplikasikan sistem tertentu kedalam game buatanmu tersebut. Human computer interaction dan computer graphic hanyalah dua diantara sekian bekal yang kamu peroleh dari Teknik Komputer untuk membuat dan mengembangkan game. Kamu harus menguasai berbagai operation system (OS), terutama iOS dan Android. Yang tak kalah penting, kamu wajib terus updated dengan pesatnya perkembangan dunia game. Dengan begitu, kamu dapat membuat dan merancang game yang sesuai dengan tren pasar.

3. Programmer

Sebagai alumni Teknik Komputer, pasti tahulah tentang bagaimana membuat, merawat, dan mengembangkan beragam program komputer, website, maupun aplikasi. Baik sebagai aplication developer maupun system programmer, keahlian yang khusus dimiliki anak Teknik Kompter ini sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan instansi pemerintah. Selain itu, industri IT, perbankan, bahkan media juga membutuhkan kecakapan alumni Teknik Komputer. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, hampir semua perusahaan ataupun organisasi menggunakan program komputer, baik dalam bentuk aplikasi maupun website.

4. Computer Network

Engineer Network engineer adalah sebuah peran yang bertanggung jawab atas keberlangsungan dan stabilitas jaringan internet sebuah organisasi. Keberlangsungan dan stabilitas tersebut diukur melalui data, suara, panggilan, video, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, mereka bertanggung jawab untuk membuat desain dan implementasinya di suatu area. Selain itu, mereka juga wajib melakukan monitoring dan melakukan pengaturan secara rutin agar tidak ada sedikit pun masalah. Keberadaan mereka telah diakui oleh perusahaan-perusahaan, entah itu yang masih berstatus startup atau sudah mapan. Dengan keberadaan mereka, keberlangsungan dan stabilitas jaringan di sebuah perusahaan tidak hanya akan terjaga, tapi juga akan meminimalisir anggaran untuk internet.

Dengan peran yang amat besar, network engineer menjadi tumpuan sebuah perusahaan. Namun demikian, sulitnya menemukan alumni dengan latar belakang ini, membuat beberapa perusahaan memilih untuk mengontrak biro jaringan. Menurut Robert Half, ada beberapa tugas utama yang hampir selalu dikerjakan oleh network engineer. Entah dia bekerja secara inhouse atau di dalam sebuah network agency.

Beberapa network engineer menyebut proses ini sebagai network architecture. Dalam proses ini, mereka bertugas untuk membuat kerangka untuk komponen fisik, organisasi, serta konfigurasi fungsional untuk setiap jaringan yang digunakan. Untuk setiap network engineer baru, mereka juga sering membuat uraian terperinci mengenai produk dan layanan yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk melakukan pendataan mengenai setiap jaringan yang digunakan dan kualitasnya.

Di posisi ini dituntut untuk memiliki pemahaman dasar mengenai jaringan internet, hingga instal dan konfigurasi. Kebutuhan akan instal dan konfigurasi ini meliputi router, proxy servers, switches, WAN accelerators, DNS, dan DHCP. Selain kualifikasi, ada beberapa skill khusus yang disyaratkan. Berikut di antaranya: Dasardasar jaringan, Pemikiran analitis, dan Pembuatan dokumentasi.

5. Developer Software

Microsoft word yang sering kamu pakai untuk mengetik, chrome yang sering dipakai untuk browsing, mereka ada karena karya para developer software. Tugas mereka adalah merancang software aplikasi komputer. Kemudian setelah jadi, mereka juga melakukan pengujian software. Jika ada kerusakan pada software, developer software harus memperbaikinya.

6. Analisis Sistem Komputer

Seorang analisis system komputer bertugas dalam menganalisis software, hardware, maupun system informasi, agar sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan atau klien. Memberikan Analisa dan rekomendasi perbaikan system, serta merancang, menerapkan, serta mengevaluasi system adalah hal-hal yang harus dilakukan orang yang menekuni profesi ini.

7. Data Scientist

Pastinya, kerjaan data scientist tidak jauh dari soal data. Sehari-hari, tugas mereka adalah mengumpulkan dan menganilisis data. Selesai menganalisa, data scientist mengkomunikasikan hasil temuan dan kesimpulannya, kesimpulan ini dapat digunakan untuk pengambilan keputusan strategi perusahaan atau suatu kebijakan pemerintah.

8. Analis Keamanan Informasi 

Dijaman serba digital, keamanan tidak sekedar aman secara fisik saja tapi juga kemanan informasi. Hacker yang bermunculan bisa sangat meresahkan keamanan data dan informasi yang ada disuatu perusahaan/institusi. Disinilah peran seorang analis keamanan informasi sangat dibutuhkan. Yaitu, untuk memastikan kerahasiaan data dan jaringan komputer.

9. Web Developer

Seorang web developer bertugasdalam membuat dan mengelola suatu situs. Apalagi, sekaranmg ini hamper semua instansi dan perusahaan punya website, dari departemen pemeritah, perusahaan consumer goods, hingga tempat cukur rambut pun punya situs sendiri. Selain informasi dan membentuk image perusahaan, website perusahaan juga berfungsi sebagai sarana komunikasi. Oleh karena itu, web developer menjadi profesi yang sangat dibutuhkan.

10. Arsitek Jaringan Komputer 

Nama lainnya adalah network engineer. Sebuah perusahaan dengan banyaknya komputer pastinya memerluakan seorang network engineer untuk mengatur lalu lintas jaringan komputer.

11. Intelligence System Developer 

Intelligence  System  Developer  adalah seseorang  yang  memiliki  kemampuan mengembangkan  sebuah  sistem  yang   dapat melakukan  pembelajaran  dan  penalaran berdasarkan pengetahuan-pengetahuan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi (sistem cerdas).

12. Network Administrator

Menjadi seorang network administrator berarti siap dengan tugas menjaga kemanan dan kontinuitas. Network administrator adalah orang yang bertanggung jawab untuk selalu mengawasi sistem komunikasi di kantor agar tetap berjalan lancar.

13. Start-Up 

Sebuah usaha yang baru berjalan dan menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan core business-nya


Dewasa ini, informasi mengenai lowongan pekerjaan sudah banyak tersedia secara online melalui berbagai situs salah satunya yaitu LinkedIn. LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang dapat menjadi pilihan untuk menemukan lowongan pekerjaan. Situs ini termasuk dalam situs lowongan kerja terpercaya dan paling banyak diakses oleh calon pekerja Indonesia. Dalam situs tersebut, tersedia informasi dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan dalam suatu profesi, termasuk informasi gaji yang ditawarkan.

Seperti media sosial lainnya, LinkedIn juga harus dimaksimalkan penggunannya, supaya bisa berpotensi membantu para profesional untuk menjalin koneksi dengan kolega, dan juga mendapatkan pekerjaan. Berikut ini beberapa cara yang bias digunakan peserta didik untuk mulai menggunakan akun social media LinkedIn:

  1. Membuat akun / profil di LinkedIn
  • Klik ikon ‘Jobs’ di bagian atas halaman utama LinkedIn
  • Klik kolom ‘Search jobs’ dan masukkan kata kunci job profile yang ingin dicari
  • Masukkan lokasi pekerjaan yang diinginkan di kolom
  • Opsi filter di bagian atas halaman hasil pencarian diguanakan untuk memfilter hasil sesuai dengan preferensi yang diinginkan

Dengan adanya jejaring sosial LinkedIn diharapkan peserta didik mampu memiliki gambaran mengenai jobprofile yang ada di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Peserta didik mampu menemukan tempat magang dan pekerjaan yang tepat setelah lulus, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional dan mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses dalam karir.

ada beberapa soft skill yang perlu dikuasai dan tak kalah pentingnya untuk menunjang karier, antara lain:

1. Problem solving

Soft skill pertama yang harus dikuasai oleh seorang network administrator adalah problem solving. Memiliki kemampuan problem solving yang kuat tentu akan memudahkan kamu untuk mengidentifikasi masalah dalam jaringan komputer perusahaan. Saat masalah sudah diidentifikasi, tentunya akan dimudahkan untuk mencari solusi yang paling tepat.

2. Berpikir kritis

Dalam mencari solusi dari suatu permasalahan, tentunya dibutuhkan kemampuan berpikir yang kritis. Tanpa kemampuan ini, pastinya kamu akan kesulitan untuk mempertimbangkan semua kemungkinan saat sedang mengidentifikasi suatu masalah. Kemampuan berpikir kritis juga akan mempermudah untuk mencari solusi yang paling efektif dalam menghadapi suatu masalah di pekerjaan.

3. Komunikasi

Kemampuan komunikasi merupakan salah satu skill yang dibutuhkan oleh setiap jenis pekerjaan, begitu juga dengan network administrator. Saat memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni pastinya akan dimudahkan untuk berdiskusi dengan kolega saat harus memecahkan suatu masalah. Selain itu, diperlukan juga kemampuan active listening yang mumpuni agar lebih mudah mengerti permasalahan dari pengguna.

4. Reading comprehension Reading comprehension atau memahami bacaan rupanya juga harus dikuasai dengan baik oleh setiap network administrator. Dalam menjalankan pekerjaannya, mereka harus selalu siap untuk membantu memecahkan masalah jaringan yang terjadi di perusahaan. Dalam mencari solusi yang paling efektif, tentu saja bisa dilakukan dengan membaca instruksi dari dokumen yang relevan dengan masalah yang dihadapi.




LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

PERTEMUAN 16

Materi Ajar          :  Profesi (job-profile) di bidang  teknik jaringan komputer  dan telekomunikasi

Mata Pelajaran     : Dasar Program Keahlian

Jenjang/Kelas       : SMK/X

Nama Anggota Kelompok:

1.            ______________________________

2.            ______________________________

3.            ______________________________

4.            ______________________________

Langkah Kerja

1.   Melakukan diskusi kelompok untuk menentukan tugas masing – masing anggota

2.      Mengidentifikasi soal

3.      Mendiskusikan hasil identifikasi soal

4.      Menentukan dan merangkum hasil identifikasi soal

5.      Membuat laporan hasil identifikasi soal menggunakan folio

6.      Membuat presentasi hasil kelompok

7.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok

 

Tugas Diskusi

1. Jelaskan apa itu job profile!

2. apa saja isi dari dokumen job profile!

3. apa saja manfaat dari job profile!

4. Jelaskan apa saja job profile dibidang TJKT!

5. Jelaskan apa saja soft skill yang perlu dikuasai untuk menunjang karier!

 

 

Rangkuman Hasil Diskusi

No

Pertanyaan

Jawaban Hasil Diskusi

1

 

 

2

 

 

3