"Berbuat BAIK adalah investasi"- "Kesehatan adalah investasi"- "Ilmu adalah investasi"-- "BerInvestasilah yang bisa Menjamin Kebahagian Kehidupan Dunia Akhirat"
Kamis, 13 Januari 2022
Cara Membuat Website dengan Google Sites
Membuat website dengan Google Sites cukup mudah berkat menu dan tampilan yang simpel. Namun, bagaimanakah cara menggunakannya? Mari simak di bagian ini.
1. Akses Google Sites
Siapkan dulu akun Google agar dapat menggunakan Google Sites. Jika sudah punya, segera saja akses Google Sites dan log in dengan akun Anda.
2. Buat Draft Website
Setelah masuk ke Dashboard Google Sites, Anda akan menemukan beberapa pilihan template di bagian atas halaman. Dengan adanya template yang siap pakai, Anda bisa mendapatkan desain secara instan.
Namun, bagaimana jika Anda ingin membuat desain website yang unik?
Caranya, dengan memilih opsi Blank(Kosong) untuk memulai draft website Anda, seperti ditunjukkan di bawah ini:
3. Kenali Editor Google Sites
Setelah mengklik opsi Blank tadi, Anda akan dibawa menuju halaman editor Google Sites. Tampilannya seperti di bawah ini:
Seperti yang dapat Anda lihat, editor yang dimiliki Google Sites cukup sederhana. Namun, mari kenali dulu bagian-bagian di halaman ini.
Untuk memudahkan penjelasan, kami membagi halaman editor Google Sites menjadi tiga:
- Tengah
- Atas
- Kanan
Bagian Tengah
Bagian tengah di halaman editor Google Sites ini menunjukkan preview website Anda. Hasil semua kustomisasi yang dilakukan akan terlihat di bagian ini.
Bagian Atas
Di bagian atas, Anda dapat menemukan beberapa tombol, yaitu:
- Undo — Membatalkan perubahan yang dilakukan.
- Redo — Menggunakan kembali perubahan yang baru saja dilakukan.
- Preview — Melihat versi live website Anda.
- Copy website link — Mengkopi link draft website Anda untuk diberikan ke orang lain.
- Share with other people — Berfungsi untuk menunjukkan draft website atau mengajak orang lain berkolaborasi di draft website yang dikerjakan.
- Setting — Berisi beberapa pengaturan terkait desain website. Di sini Anda juga dapat menghubungkan website dengan akun Google Analytics.
- More — Menu untuk menampilkan fungsi tambahan. Contohnya, version history untuk melihat catatan perubahan draft dan duplicate site untuk menggandakan draft website yang sedang dibuat.
- Publish — Tombol untuk mempublikasikan website setelah draft selesai dibuat.
Bagian Kanan
Terakhir, di bagian kanan, terdapat berbagai menu untuk melakukan kustomisasi website tiga kategori utama yang ditampilkan yaitu: Insert, Pages, dan Themes.
Tab Insert berisi jenis-jenis konten yang dapat Anda masukkan ke halaman website. Misalnya, teks, gambar, tombol, divider, dan daftar isi. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan widget kalender, Google Maps, YouTube, dan dokumen-dokumen Google Docs.
Tidak hanya itu, ada enam pilihan layout section yang dapat Anda pilih di tab ini sesuai kebutuhan website Anda.
Fungsi tab Pages cukup jelas, yaitu menampilkan berapa banyak halaman website yang Anda miliki beserta strukturnya. Di tab ini juga Anda dapat menambahkan halaman ke website.
Tab terakhir adalah Themes yang memungkinkan Anda untuk memilih tema dari website yang Anda buat. Sebuah tema meliputi font tulisan, aksen warna website, dan pilihan latar belakang untuk bagian banner.
Meskipun sudah menentukan satu tema, Anda masih bisa menentukan ukuran font dan latar belakang yang digunakan. Cukup klik saja elemen yang digunakan.
4. Membuat Desain Website
Sudah mengenal bagian-bagian di editor Google Sites, bukan? Sekarang, mari membuat desain website Anda.
Sebagai contoh, di bagian ini akan ditunjukkan langkah-langkah membuat homepage atau halaman utama website.
Pertama, klik teks judul di header dan ganti dengan nama website Anda. Misalnya, “Test Website”.
Kemudian, klik Text Box di tab Insert untuk memasukkan kolom teks di bawah header. Anda dapat mengisinya dengan deskripsi singkat tentang tujuan website Anda.
Ketika kolom teks diklik, Anda dapat mengubah format teks agar sesuai tampilan yang diinginkan. Opsi formatting yang ditawarkan mirip dengan yang ada di Microsoft Word atau Google Docs, termasuk adanya pilihan bold, italic, numbering, dan bullets.
Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat draft halaman website tersebut. Caranya, klik dan tarik template layout dari tab Insert. Di dalam template ini, Anda juga dapat menyisipkan gambar dan teks.
Jika ada elemen yang tidak dibutuhkan atau kurang sesuai, Anda dapat menghapusnya dengan mudah. Caranya, letakkan kursor di atasnya. Lalu, klik ikon tempat sampah di sebelah kiri elemen tersebut.
Jika letak sebuah elemen tidak sesuai keinginan, cukup geser saja sesuai lokasi yang Anda kehendaki. Jadi, tidak perlu buru-buru menghapusnya.
Caranya, letakkan kursor di atas elemen dan klik ikon titik-titik yang ada di sebelah kanan ikon tempat sampah tadi. Tahan tombol mouse Anda ketika memindahkan elemen tersebut.
5. Melakukan setting/pengaturan google sites
6. Menyisipkan objek kedalam halaman google sites
7. Menyisipkan berbagai objek kedalam halaman google sites
8. Mempublikasikan Website
Apabila Anda sudah selesai dengan draft desain dan konten website, klik tombol Publish.
Selasa, 11 Januari 2022
Menu Dan Icon Pada Microsoft Excel
Elemen : TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Setelah kegiatan
pembelajaran blended
learning dengan menggunakan model Problem Based Learning ini Peserta Didik diharapkan mampu :
TIK 4. Menggunakan aplikasi spreadsheet untuk menyajikan data dan menyusun proposal atau laporan keuangan
TIK 5. Menerapkan operator logika proposional pada perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet)Menu File
File pada Microsoft excel ini berperan sebagai office button di versi Microsoft excel sebelumnya. File ini terdiri dari beberapa ikon dan perintah yaitu:
- Save merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja excel yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dokumen penyimpanan.
- Save As merupakan perintah yang sama dengan Save, hanya saja jika Save as itu berfungsi untuk menyimpan file baru. Jadi, apabila file lama disimpan dengan tombol ini maka itu sama artinya dengan membuat file baru pada media penyimpanan.
- Openmerupakan perintah untuk membuka file Microsoft excel yang telah tersimpan di media penyimpanan.
- Closemerupakan perintah untuk menutup lembar kerja dan me-nonaktifkan seluruh tombol menu bar pada jendela Microsoft excel . Setelah itu kita baru bisa menutup jendela Microsoft excel dengan mengklik tombol close dipojok kanan atas.
- Options merupakan ikon yang memberikan beberapa pilihan untuk mengatur lembar kerja excel.
- Exitmerupakan perintah untuk menutup jendela Microsoft excel .
- Infomerupakan ikon yang berfungsi untuk memberikan informasi terkait lembar kerja yang kita gunakan.
- Recentadalah ikon yang berfungsi untuk menampilkan file-file yang baru saja kita buka atau simpan.
- Newmerupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja baru yang masih kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru.
- Printmerupakan perintah untuk melakukan penyetakan terhadap file yang kita kehendaki.
- Save & Send merupakan perintah yang digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan file-file tertentu yang kita kehendaki.
- Helpmerupakan ikon yang kita gunakan untuk mencari bantuan terhadap masalah yang timbul dari Ms. Excel .
Tab Home
Menu Dan Icon Pada Microsoft Excel Beserta Fungsinya – Tab home terdiri dari beberapa toolbar yaitu :
- Clipboard memiliki beberapa icon yaitu Paste(Menempelkan hasil cut/copy yang ada di clipboard), Cut(memindahkan bagian yang dikehendaki), Copy(Menyalin bagian yang dikehendaki) dan Format Painter(menyalin format).
- Fontmemiliki beberapa icon, diantaranya yaitu Font style(memungkinkan kita untuk memilih jenis atau tipe huruf yang kita inginkan), Font size(memungkinkan kita untuk memilih ukuran huruf), Increase dan decrease font size(memperbesar dan memperkecil ukuran huruf), Bold(mempertebal teks yang dipilih), Italic(memiringkan teks yang dipilih), Underline(menggarisbawahi text yang dipilih), Bottom Border(memberi bingkai garis pada sel), Fill color(memberi warna sel-sel yang telah dipilih) dan Font color (memberi warna pada huruf).
- Alignment memiliki beberapa icon yaitu Top align(Mengatur posisi teks agar berada diatas), Middle align(mengatur posisi teks agar berada di tengah), Bottom align(mengatur posisi teks agar berada di bawah), Align left(mengatur posisi teks agar menjadi rata kiri), Align right(mengatur posisi teks agar menjadi rata kanan), Center(Mengubah posisi text agar memusat ke tengah), Orientation (mengatur tingkat kemiringan text),Increase dan Decrease indent(Menambah dan mengurangi inden teks), Wrap Text(mengatur ukuran sel sesuai dengan jumlah huruf/kata), dan Merge & Center(menggabungkan beberapa sel menjadi satu).
- Number memiliki beberapa icon yaitu general(memungkinkan kita untuk memilih format angka dengan cara mengklik tanda panah ke bawah di samping general, di situ akan muncul beberapa pilihan format angka), Currency(Mengatur jenis mata uang), Percent(memberi persentase pada angka di suatu sel), Coma(memberi tanda koma pada angka di suatu sel) dan Increase dan Decrease decimal(menambah dan mengurangi angka decimal di belakang koma).
- Stylememiliki beberapa ikon yaitu Conditional Formatting(mengatur format terkondisi), Format as table(mengatur format warna dan huruf tabel secara cepat) dan Cell style(mengatur format, warna dan huruf pada sel).
- Cellmemiliki beberapa icon yaitu Insert(menambah sel yang ingin dibuat), Delete (Menghapus sel) dan Format(melakukan format sel).
- Editingmemiliki beberapa ikon yaitu Autosum(Cara pintas untuk menjumlahkan angka), Fill(membuat pola angka secara kontinyu), Clear(menghapus segalanya dari sel), Sort & Filter(Mengatur posisi data agar mudah dalam penganalisaan) dan Find & Select(Mencari dan melakukan penyeleksian terhadap teks dalam worksheet).
Tab Insert
Fungsi menu dan icon pada microsoft excel –Tab insert memiliki beberapa toolbar yaitu :
- Tables berisi beberapa icon seperti Pivot Table(menambahkan tabel pivot) dan Table(membuat tabel).
- Ilustration memiliki beberapa icon yaitu Picture(memungkinkan kita untuk menambahkan gambar yang tersimpan di dokumen pribadi), Clip Art(memungkinkan seseorang untuk menambahkan gambar yang merupakan bawaan dari Ms. Excel ), Shape(memungkinkan kita untuk menambahkan bentuk-bentuk tertentu yang kita inginkan) dan Smart Art(menyisipkan objek SmartArt).
- Charts memiliki beberapa icon yaitu Column(Memungkinkan kita untuk menyisipkan grafik), Line(memungkinkan kita untuk menyisipkan grafik garis), Pie(menyisipkan grafik lingkaran), Bar(menyisipkan grafik batang), Area(menyisipkan grafik area), Scatter(menyisipkan grafik distribus) dan Other Charters(menyisipkan berbagai grafik yang kita harapkan).
- Sparklines memiliki beberapa submenu yaitu Line, Columndan Win/Loss.
- Filter berisi
- Links berisi Hyperlink(menyisipkan hyperlink pada lembar kerja).
- Text memiliki beberapa ikon yaitu Textbox(menyisipkan kotak teks), Header & Footer, Word Art(membuat huruf indah), Signature Line(membuat garis tanda tangan) dan Objek(menyisipkan objek-objek tertentu).
- Symbols memiliki beberapa ikon yaitu Equation(menyisipkan simbol-simbol persamaan yang terutama berhubungan dengan bidang metematika) dan Symbol(Menyisipkan karekter-karakter khusus).
Tab Page Layout
Fungsi menu dan icon pada microsoft excel beserta fungsinya –Tab page layout memiliki beberapa toolbar yaitu :
- Themes memiliki beberapa ikon yaitu Theme(mengubah tampilan tema), Color(mengubah warna tema), Font(mengubah huruf tema) dan Effect(mengubah efek tema).
- Page Set up berisi beberapa ikon yaitu Margins(mengubah garis tepi halaman), Orientation(mengubah orientasi halaman), Size(mengubah ukuran kertas), Print Area(menentukan area yang akan dicetak), Breaks(menentukan pemisah halaman), Background(menentukan gambar latar/wallpaper) dan Print Title(menentukan baris atau kolom yang akan dicetak).
- Scale to fit memiliki beberapa ikon di antaranya adalah Width(menentukan lebar kertas), Height(menentukan tinggi/panjang kertas) dan Scale(memperbesar dan memperkecil tampilan kertas sesuai dengan persentase).
- Sheet Option memiliki beberapa ikon yaitu Gridlines(Mengatur tampilan garis grid pada kertas) dan Heading(mengatur tampilan header).
- Arrange memiliki beberapa ikon yaitu Bring to Front(mengubah posisi objek ke depan), Send to Back(mengubah posisi objek ke belakang), Selection pane(menampilkan papan seleksi objek), Align(meluruskan objek), Group(mengelompokkan objek) dan Rotate(menentukan posisi objek dengan melakukan rotasi/perputaran objek).
Tab Formulas
Pengenalan menu pada microsoft excel 2010 dan fungsinya –Tab Formulas memiliki beberapa toolbar yaitu:
- Function library berisi beberapa ikon yaitu Insert function(menyisipkan fungsi pada sel yang dipilih), Autosum(menampilkan hasil perhitungan sederhana), Recently used(menampilkan fungsi yang baru digunakan), Financial(Fungsi keuangan), Logical(fungsi logika), Text(fungsi teks), Date & Time(Fungsi tanggal dan waktu), Lookup & Reference(Fungsi lookup dan keterangan), Math & trig(Fungsi matematika dan trigonometri) dan More Function(Fungsi lain).
- Definend Names memiliki beberapa icon yaitu Name manager(mengatur semua nama yang ada di workbook), Define name(menemukan gambaran/acuan rumus melalui nama-nama yang ada di sel), Use in formula(melakukan seleksi terhada nama di workbook dan menyisipkannya ke dalam formula yang sudah digunakan) dan Create from selection(membuat nama secara otomatis dari sel yang telah diseleksi sebelumnya).
- Formula auditing berisi beberapa ikon yaitu Trace Precedents(memperlihatkan arah panah pada sel yang lain yang dianggap mempengaruhi nilai sel yang lainnya), Trace dependents(memperlihatkan arah panah pada sel lain yang dianggap mempengaruhi nilai sel yang lain), Remove arrows(menghilangkan panah trace precedents dan trace dependents), Show formulas(menampilkan semua formula dan menentukan hasil), Error Checking(memungkinkan kita untuk mengecek kesalahan pada formula), Evalute formula(menampilkan hasil penilaian formula) dan Watch window(memantau sel sebagai akibat adanya perubahan).
- Calculation berisi beberapa ikon yaitu Calculation options(menentukan format penghitungan), Calculate now(menghitung lembar kerja yang ada saat sekarang) dan Calculate sheet(menghitung lembar yang digunakan).
- Tab Data
Fungsi icon dan menu pada microsoft excel 2010 –Tab data terdiri dari beberapa toolbar yaitu :
- Get External Data memiliki beberapa ikon yaitu From Acces(menyisipkan data dari Microsoft acces), From web(menyisipkan data dari web), From text(menyisipkan data dari teks), From other sources(menyisipkan data dari sumber lain) dan Existing Connections(menyisipkan data dari sumber lain yang pernah digunakan sebelumnya).
- Connections memiliki beberapa ikon yaitu Refresh all(me-refresh data), Connections(menampilkan semua koneksi data pada workbook), Properties(melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook) dan Edit Links(melakukan pengaturan terhadap koneksi data dari file yang lain).
- Sort & Filter memiliki beberapa ikon yaitu Sort(menampilkan system pengurutan), Sort A to Z(mengurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar), Sort Z to A(mengurutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil), Filter(penyaringan sel), Clear(menghapus penyaringan sel), Reapply(Penyaringan kembali) dan Advanced(penyaringan spesifik).
- Data Tools memiliki beberapa ikon yaitu Text to column (memisahkan teks pada sel menjadi kolom-kolom), Remove Duplicates(menghilangkan duplikasi), Data Validation(mencegah masuknya data yang tidak sah), Consolidate(menyatukan beberapa range menjadi satu range) dan What if analysis(mencoba menganalisis).
- Outline berisi beberapa ikon di antaranya adalah Group(mengelompokkan baris sel), Ungroup(memisahkan sel yang bersatu) dan Subtotal(melakukan subtotal terhadap seluruh baris yang berhubungan).
Tab Review
Fungsi menu dan icon pada microsoft excel 2010 –Tab review terdiri dari beberapa toolbar yaitu :
- Proofing berisi beberapa ikon yaitu Speeling(mengecek ejaan pada lembar kerja yang sedang aktif), Research(melakukan pencarian terhadap materi referensi) dan Thesaurus(memberi saran terhadap sinonim).
- Language berisi beberapa ikon yaitu Translate(melakukan penerjemahan terhadap kata ke dalam bahasa lain dengan kamus atau mesin penerjemah).
- Comments memiliki beberapa ikon yaitu New comment(membuat komentar/ulasan mengenai tulisan di dalam worksheet Ms. Excel), Delete(menghapus komentar yang dipilih), Previous(kembali ke komentar sebelumnya), Next(melanjutkan ke komentar setelahnya), Show/Hide comment(menampilkan/menyembunyikan komentar), Show all comment(menampilkan semua komentar) dan Show ink(menampilkan/menyembunyikan tinta catatan).
- Changes berisi beberapa ikon di antaranya yaitu Protect sheet(melindungi lembar kerja), Protect workbook(melindungi buku kerja), Share workbook(membagi buku kerja), Protect and share workbook(melindungi dan membagi workbook), Allow user to edit ranger(memperbolehkan pengguna untuk melakukan pengeditan) dan Track changes (menelusuri perubahan yang terjadi).
Tab View
Tab view berisi beberapa toolbar yaitu:
- Workbook Views berisi beberapa ikon yaitu Normal(menampilkan dokumen normal), Page layout(mengatur tampilan background worksheet), Page break preview(melihat tampilan dokumen dan pemotongannya), Custom view(menyimpan pengaturan tampilan) dan Full screen(melihat dokumen dalam layar penuh).
- Show berisi beberapa ikon yaitu Ruler(menampilkan/menyembunyikan penggaris), Gridlines(menampilkan/menyembunyikan garis grid), Formula bar(menampilkan/menyembunyikan batang rumus) dan Headings(menampilkan/menyembunyikan heading).
- Zoom memiliki beberapa ikon yaitu Zoom(mengatur besar kecilnya penampilan), 100%(Tampilan 100%) dan Zoom to Selection(memperbesar tampilan sesuai bidang yang dipilih).
- Window memiliki beberapa ikon yaitu New window(membuka jendela baru dengan data yang sama), Arrange all(mengatur jendela agar sejajar), Freeze Panes(membuat sebagian worksheet terlihat dan sebagian tergulung), Split(membagi jendela menjadi beberapa bagian),Hide(tidak memunculkan jendela yang dipilih), Unhide(memunculkan jendela yang tersembunyi), View side by side(menampilkan jendela yang saling sejajar),Synchronous scrolling(membuat 2 jendela menggulung secara bersamaan), Reset window position(mengatur ulang posisi jendela yang berdampingan), Save workspace(menyimpan pengaturan tampilan jendela) dan Switch windows(melakukan pergantian jendela yang sedang aktif).
- Macros memiliki satu ikon yaitu Macros(memperlihatkan macro dari dokumen).
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
PERTEMUAN 5
Materi Ajar : PRAKTEK MENGOPERASIKAN SPREADSHEET
Mata Pelajaran : Informatika
Jenjang/Kelas : SMK/X
Nama Anggota Kelompok:
1. ______________________________
2. ______________________________
3. ______________________________
4. ______________________________
Langkah Kerja
1. Melakukan diskusi kelompok untuk menentukan tugas masing – masing anggota
2. Mengidentifikasi soal
3. Mendiskusikan hasil identifikasi soal
4. Menentukan dan merangkum hasil identifikasi soal
5. Membuat laporan hasil identifikasi soal menggunakan folio
6. Membuat presentasi hasil kelompok
7. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Tugas Diskusi
1. Gambarlah fitur ms excel!
2. Diskusikan tentang fitur (Menu dan Tools) yang paling sering di gunakan dalam mengolah angka dengan ms excel!
Rangkuman Hasil Diskusi
No | Pertanyaan | Jawaban Hasil Diskusi |
1 |
| |
2 |
| |
3 |
| |
Bagian Bagian Tampak Muka Microsoft Excel
Perbedaan Workbook dan Worksheet
Elemen elemen Microsoft excel –Workbook merupakan kumpulan dari beberapa sheet sedangkan worksheet merupakan lembar kerja yang terdapat di dalam sheet. Perumpamaannya seperti buku. Buku itu adalah workbook. Di dalam buku itu terdiri dari beberapa lembar halaman. Nah halaman itu disebut sheet. Dan di setiap halaman tempat menulis itulah yang disebut worksheet.
Bagian-Bagian Microsoft Excel dan fungsinya
Title Bar
Title bar merupakan bar atau balok judul sebagai identitas suatu program aplikasi. Title bar ini ada di semua program.
Menu Bar
Menu Bar biasanya berisi deretan perintah yang di dalamnya masih terdiri dari beberapa toolbar atau submenu lainnya.
Toolbar
Toolbar merupakan deretan tombol-tombol bergambar yang memudahkan kita untuk memilih suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah yang sering digunakan. Toolbar ini berbetuk kotak dan berfungsi untuk mempercepat proses pekerjaan yang sedang dilakukan. Tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shortcut sebagai perintah cepat dari sebuah pilihan menu.
Quick Acces Toolbar
Bagian-bagian pada Microsoft Excel –Quick Acces Toolbar terletak dipojok kiri atas. Setiap tombol dikenali dengan bentuk-bentuk tertentu yang masing-masingnya mewakili suatu perintah yang berbeda-beda. Berikut merupakan icon-icon yang terdapat pada quick acces toolbar.
- Save merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja yang baru saja dibuat atau baru saja diedit.
- Undo Redo merupakan perintah untuk kembali pada tindakan sebelumnya atau membatalkan perintah yang baru saja dilakukan sedangkan redo hanya dapat berfungsi jika kita telah melakukan atau mengklik icon undo.
- Open merupakan perintah untuk membuka file Ms. Excel yang telah tersimpan.
- New merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja yang baru.
Size Button
Size button ini digunakan untuk mengatur tampilan dari jendela Ms. Excel. Berikut adalah icon-icon yang terdapat pada size button.
- Minimize digunakan untuk menutup sementara jendelan Microsoft excel dan secara otomatis menjadi icon di taskbar. Jika kita ingin membukanya kembali, kita cukup mengklik icon yang terdapat di taskbar tersebut.
- Maximize digunakan untuk memperbesar ukuran jendela Ms. Excel. Letak icon ini sama dengan letak icon restore. Kita baru bisa memperbesar ukuran jendela jika sebelumnya kita melakukan restore.
- Restore digunakan untuk mengembalikan jendela Ms. Excel ke ukuran semula atau mengecilkan ukuran jendela Ms. Excel.
- Close digunakan untuk menutup jendela Ms. Excel.
Name Bar
Biasanya terletak di bawah toolbar, di samping formula bar dan berada di atas lembar kerja. Name bar biasanya menampilkan nama sel yang sedang aktif. Contohnya A1, B1,C1 dan seterusnya. Berdasarkan contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa penamaan yang benar terhadap sel yang sedang aktif adalah didahului oleh letak columns yang diwakili dengan huruf dan diikuti letak Rows yang diwakili dengan angka.
Formula Bar
Elemen-elemen Microsoft Excel 2010 dan fungsinya –Formula bar atau bar rumus terletak sejajar dengan bar nama. Biasanya digunakan untuk memasukkan atau mengedit data beserta rumus-rumus yang terdapat di sel. Bar rumus akan terisi bila sel yang sedang aktif juga telah terisi. Jadi, bila sel yang aktif masih kosong maka bar rumus juga akan terlihat kosong.
Columns
Columns atau kolom merupakan deretan huruf secara horizontal yang berjajar lurus ke samping dan terletak di bawah Name bar dan formula bar, di atas kumpulan sel yang diwakili dengan dengan huruf dari A sampai XFD sebanyak 16384 kolom setiap lembar kerja (worksheet).
Rows
Rows atau baris merupakan deretan angka secara vertical, berjajar kebawah yang terletak di samping worksheet yang tampilannya bertanda angka mulai dari angka 1 sampai 1048576 baris di setiap sheet.
Cells
Cells atau sel merupakan pertemuan antara baris dan kolom. Untuk mengaktifkan sel, kita dapat mengkliknya pada sel yang kita inginkan. Sel ini merupakan penyusun lembar kerja Ms. Excel dan di sini jugalah proses pengerjaan dokumen berlangsung.
Scroll Bar
Bagian-bagian Microsoft Excel 2010 –Scrool bar atau baris penggulung berfungsi untuk mengubah sudut pandang pada lembar kerja. Scrool bar ada 2 jenis yaitu :
- Scroolbar vertical
Merupakan scroolbar yang tegak lurus dengan dengan lembar kerja dan sejajar atau berhadapan dengan Rows. Scrollbar vertical ini memungkinkan kita untuk menggulung/menggeser layar dari atas ke bawah atau sebaliknya.
- Scroolbar Horizontal
Merupakan Scroolbar yang sejajar atau berhadapan dengan kolom. Scroolbar ini memungkinkan kita untuk menggulung/menggeser layar dari kanan ke kiri.
Tab Sheet
Tab sheet atau tab lembar kerja terletak di bawah worksheet dan sejajar di samping scrollbar horizontal. Tab sheet ini berfungsi untuk mengaktifkan sebuah lembar kerja.
New Sheet
New Sheet atau lembar baru digunakan untuk menambah jumlah sheet dalam satu jendela Ms. Excel.
Status Bar
Bagian-bagian di Microsoft Excel 2010 –Status bar atau bar status terletak di bawah tab sheet yang berfungsi untuk menampilkan kondisi workspace kita. Sebagai contoh hampir setiap saat Ms. Excel menampilkan kata Ready di ujung kiri baris status. Hal itu berarti worksheet telah siap menerima berbagai informasi baru.