Tahap Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional ini merupakan tahap ke 5 (lima) dari Rincian Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk
Adapun materi untuk Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum Tahap Asesmen Literasi Membaca terdiri sebagai berikut:
- Konsep Literasi Membaca
- Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca
- Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca
- Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca
- Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi
- Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi
- Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
- Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
Materi, Soal dan Referensi Jawaban Bimtek Guru Belajar seri AKM Tahap Asesmen Literasi Membaca
Memasuki tahap selanjutnya dari Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SD yaitu Tahap Asesmen Literasi Membaca
Tahap Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional ini merupakan tahap ke 5 (lima) dari Rincian Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum
Adapun materi untuk Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum Tahap Asesmen Literasi Membaca terdiri sebagai berikut:
- Konsep Literasi Membaca
- Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca
- Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca
- Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca
- Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi
- Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi
- Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
- Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
Untuk itu simak
catatan materi sebelum menuju ke Soal dan Referensi Jawaban Bimtek Guru
Belajar seri AKM Tahap Asesmen Literasi Membaca
Konsep Literasi Membaca
Literasi
membaca termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin
dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Sebelum membahas lebih jauh
mengenai asesmen Literasi membaca dalam AKM, Bapak dan Ibu perlu
meninjau kembali apa yang dimaksud dengan literasi membaca dan menulis.
Literasi
baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis,
mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk
menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai
tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi
di lingkungan sosial.
Literasi membaca dan menulis, tidak seperti sebutannya,
mencakup kemampuan yang lebih dari sekedar mampu mengeja kalimat dan
menuliskannya. Literasi membaca dan menulis, perlu dikembangkan untuk
mendapatkan pemahaman yang lebih bermakna terkait berbagai cakupan dan
konteks kehidupan. Di dalam lingkungan satuan pendidikan, kompetensi
literasi yang terus berkembang memungkinkan siswa untuk dapat
menggunakannya dalam berbagai mata pelajaran.
Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca
Asesmen Kompetensi Minimum
merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa
untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif
pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu
literasi membaca dan numerasi.
Pada topik
ini, Bapak dan Ibu guru akan mempelajari lebih jauh mengenai Asesmen
Literasi Membaca yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan
diberikan pada siswa. Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak
hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten,
berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif.
Konten
pada Literasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal
ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi.
Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang
dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal.
Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi,
interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Sedangkan
konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang
digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal,
sosial budaya, dan saintifik.
Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca
terdapat 3 level pembelajaran, mari kita pelajari setiap level pembelajaran .
Pada
level pembelajaran 1 untuk kelas 1 dan 2, siswa akan menemukan
informasi dengan cara mengakses dan mencari informasi dalam teks. Selain
itu siswa akan memahami teks secara literal, kemudian menyusun
inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks
jamak. Siswa juga akan mengevaluasi dan merefleksi dengan menilai format
penyajian dalam teks. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang
lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Informasi.
Pada
level pembelajaran 2 untuk kelas 3 dan 4, sama seperti level
pembelajaran 1 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada
literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 3 dan 4 akan menggunakan
konten yang sesuai dengan jenjangnya. Siswa akan mengevaluasi menilai
format penyajian dalam teks, selain itu siswa juga merefleksi isi wacana
untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi
teks terhadap pengalaman pribadi. Bapak dan Ibu juga dapat melihat
penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Informasi.
Pada
level pembelajaran 3 untuk kelas 5 dan 6, sama seperti level
pembelajaran 2 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada
literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 5 dan 6 akan menggunakan
konten yang sesuai dengan jenjangnya. Bapak dan Ibu juga dapat melihat
penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Informasi.
Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca
Pada
topik ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir asesmen
literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi
Berikut ini merupakan contoh-contoh soal kompetensi, simak pada tautan-tautan berikut:
- Contoh-Contoh Butir Soal Kompetensi Level 1
- Contoh-Contoh Soal Kompetensi Level 2
- Contoh-contoh soal kompetensi 3 Level 1
- Contoh-contoh soal kompetensi 4 Level 1
- Contoh-contoh soal kompetensi 5 Level 1
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 1
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 1
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 1
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 1
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 1
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 3
- Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 3
Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi
Dari
penjelasan pada aktivitas-aktivitas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa
butir-butir soal asesmen literasi AKM melibatkan proses penalaran yang
tidak dapat dipersiapkan melalui program bimbingan belajar intensif yang
berfokus pada latihan-latihan soal saja. Proses penalaran siswa justru
perlu lebih banyak dikembangkan dan dipupuk melalui strategi
pembelajaran di kelas.
Pertanyaan-pertanyaan
yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata,
memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan
dasar literasinya dalam penalaran. Kompetensi literasi sendiri tidak
dapat berkembang dengan baik dengan hanya melalui latihan soal. Namun
diperlukan strategi pembelajaran yang lebih berbasis kompetensi.
Referensi Jawaban Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi
Pertanyaan
Teks bacaan mana
yang Anda pilih. Mengapa? Kompetensi literasi apa yang ingin Anda ukur?
Silakan menuliskan 3 butir soal yang telah Anda buat disini.
Referensi Jawaban
- Teks bacaan mana yang Anda pilih. Mengapa?
- Teks fiksi untuk pembelajaran level 1 kelas 1 dan 2.
- Melalui teks tersebut, dapat mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan.
- Kompetensi literasi apa yang ingin Anda ukur?
- Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
- Silakan menuliskan 3 butir soal yang telah Anda buat disini.
- Contoh soal:
- (1) Hewan apa yang Sukma dan Trisna tangkap? (2) Bagaimana perasaan Sukma dan Trisna setelah menyelesaikan tugas dari Bu guru? (3) Apa kegiatan Sukma dan Trisna sebelum pergi ke lapangan untuk mencari serangga?
Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
Pada tahap ini peserta diminta untuk menulis hasil dari refleksi atas materi yang disampakian.
Simak Referensi Jawaban Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
PertanyaanApa
yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi
membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar? Apakah Anda setuju bahwa
kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal
ujian?Referensi Jawaban Refleksi- Apa yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar?
Jawab:
Bapak dan Ibu Guru selaku Peserta mengenal contoh-contoh butir asesmen
literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi untuk mengukur
beberapa kompetensi yang dilatihkan tingkat SD. - Apakah Anda setuju bahwa kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal ujian?
Jawab: Setuju.
Pertanyaan
Apa
yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi
membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar? Apakah Anda setuju bahwa
kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal
ujian?
Referensi Jawaban Refleksi
- Apa yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar?
Jawab: Bapak dan Ibu Guru selaku Peserta mengenal contoh-contoh butir asesmen literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi untuk mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan tingkat SD. - Apakah Anda setuju bahwa kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal ujian?
Jawab: Setuju.