Contoh Proposal Pembelajaran Luar Kelas (outdoor study)
I. PENDAHULUAN
Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi diatas adalah melalui pembelajaran diluar kelas (outdoor).
Pembelajaran outdoor merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas belajar anak. Anak dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Lebih lanjut, belajar di luar kelas dapat menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang nyata akan memberikan peningkatan kapasitas pencapaian belajar melalui objek yang dipelajari serta dapat membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik.
Pembelajaran outdoor yang akan dilakukan adalaha studi lapangan . Studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran outdoor dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta–fakta guna memperoleh data dengan cara terjun langsung ke lapangan. Studi lapangan merupakan cara ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional sehingga didapat hasil yang lebih akurat. Dalam kegiatan studi lapangan, siswa diajak mengunjungi ke tempat dimana objek-objek geografi yang akan dipelajari tersedia disana.
Melalui kegiatan studi lapangan siswa akan memiliki pengalaman belajar yang tinggi karena berinteraksi dengan objek geografi secara langsung. Selain itu, siswa dapat belajar lebih dalam dengan kegiatan lapangan daripada belajar secara tekstual melalui buku-buku. Hal ini disebabkan berbagai fenomena nyata yang tidak terdapat di dalam buku dapat diamati secara langsung sehingga memunculkan rasa ingin tahu siswa. Rasa ingin tahu akan mendorong siswa untuk mencari jawaban/belajar lebih keras.
Sementara itu beberapa kelebihan dari pembelajaran outdoor dengan melalui studi lapangan yaitu:
1. Pembelajaran di luar kelas akan meningkatkan pencapaian pembelajaran melalui kemampuan mengorganisasi, pendekatan yang lebih baik karena belajar dari obyek langsung merupakan satu hal yang utama. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran di luar kelas kita tidak hanya memikirkan apa yang kita pelajari, tetapi juga memikirkan
2. bagaimana dan kapan kita belajar.
3. Pembelajaran studi lapangan dapat meningkatkan sikap kearah lingkungan yang lebih baik.
4. Keterlibatan dari setiap peserta lebih tinggi jika dibandingkan pembelajaran secara klasikal.
5. Materi/informasi yang diperoleh akan lebih lama diingat dan tidak segera ditinggalkan.
II. NAMA KEGIATAN
Pembelajaran Luar Kelas (outdoor study)
III. TEMA KEGIATAN
Kegiatan Outdoor Study ini mengambil tema :
“pencegahan kecelakaan kerja di tempat tinggi dan prosedur kerja di tempat tinggi (pemanjatan)”.
IV. TUJUAN KEGIATAN
1. Peserta Didik dapat memahami materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri
2. Peserta Didikdapat memahami pencegahan kecelakaan kerja di tempat tinggi dan prosedur kerja di tempat tinggi (pemanjatan).
3. Peserta Didik dapat mempraktekkan pencegahan kecelakaan kerja di tempat tinggi dan prosedur kerja di tempat tinggi (pemanjatan)
V. MANFAAT KEGIATAN
1. Pemahaman Peserta Didik terhadap materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri dapat meningkat.
2. Peserta Didik memiliki peluang untuk mengembangkan pengetahuan dan potensinya dengan melakukan aktivitas sehari-hari di dalam pembelajaran.
3. Secara spesifik studi lapangan memiliki pengaruh positif terhadap memori jangka panjang dan secara alami lingkungan alami memperkuat memori.
4. Studi lapangan yang efektif dan pengalaman individual (lokal) dapat mempengaruhi pertumbuhan individu dan peningkatan ketrampilan sosial.
5. Dapat meningkatkan ranah afektif serta menjembatani pembelajaran tingkat tinggi (HOT).
VI. OBJEK KAJIAN OUTDOOR STUDY
Outdoor Study ini berlokasi di Kota Salatiga, Propinsi Jawa Tengah dengan objek :
Kampus perguruan tinggi yang mempunyai fasilitas panjat dinding dan peralatannya
VII. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Outdoor Study akan dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Kamis, Nopember 2023
Waktu : pukul 07.00 WIB - selesai.
Tempat : Kota Salatiga
VIII. PESERTA
Peserta outdoor study adalah siswa kelas X TJKT 2 SMK Negeri 1 Tuntang. Daftar dan jumlah peserta outdoor study. ( Terlampir )
IX. SUSUNAN PANITIA
(Terlampir)
X. GURU PEMBIMBING
(Terlampir)
XI. INSTRUMEN OUTDOOR STUDY
Alat tulis seperti buku catatan dan pulpen.Fungsinya disini adalah sebagai alat pencatat hal penting yang telah disampaikan oleh guru pembimbing outdoor study.
XII. PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami susun sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak, semata-mata demi kemajuan dan perkembangan pembelajaran siswa kelas X TJKT 2 SMK Negeri 1 Tuntang, kegiatan outdoor study ini diakhiri dengan suatu bentuk laporan sebagai pertanggungjawaban Peserta Didik.
Rembang, 1 Mei 2012
Ketua Kelas Sekretaris Kelas
Sebastian Abimanyu
NIS. 001 NIS. 008
Menyetujui
Ketua Kompetensi Keahlian, Guru Pembimbing
TJKT
_______________
NIP. NIP.
Mengetahui,
____________
Lampiran 1
DAFTAR PESERTA OUTDOOR STUDY
NO | NAMA | Nomor Induk Siswa |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. | 001 002 003 004 005 006 007 008 009 010 011 012 013 014 015 016 017 018 019 020 021 022 023 024 025 026 027 028 029 030 031 032 |
Lampiran 2
SUSUNAN PANITIA OUTDOOR STUDY
Penanggung Jawab : Drs. Setyo Purwoko
Pembimbing I : Prastika Ristianingrum,S.Pd,M.Sc
II : Niken Luluk Cahyani,S.Pd,M.Si
III : Sinta Selvi Windrianingsih,S.Pd,M.Si
IV : Himmatul Amanah,S.Pd,M.Si
Ketua Panitia : Rendra Ristian Wibowo
Wakil Ketua : Gilang Pradana Wilaga
Sekretaris I : Faiz Ahmad Fahregi
II : Inggrid Oktaviani
Bendahara I : Zain Malik
II : Dea Melinda Putri
Sie. Konsumsi : Noviyana Rindaryani
Raymond Rico Cauilan
Fianda Luphita
Bagus Budi Muzammel
Sie. Dokumentasi : Tifa Laila Syifa
Ardhika Wisnu Kusuma
Sie. P3K : Luthfi Ahmad Ridwan
Aurora Feriska
Rosi Miryanastiti
Sie. Keamanan : Nyoman Brahmana
Magfuri Zaqi Mubarok
Seto Nur Amaludin
Ricky Ahmad
Lampiran 3
DAFTAR GURU PEMBIMBING
Guru Pembimbing I
Nama : Prastika Ristianingrum,S.Pd,M.Sc
NIP : 3201408038
Guru Pembimbing II
Nama : Niken Luluk Cahyani,S.Pd,M.Si
NIP : 3210408065
Lampiran 4
ANGGARAN BIAYA OUTDOOR STUDY
Sewa Bis : Rp. 200.000
Minum
4dus @ Rp. 15.000 : Rp. 60.000
Snack
38 orang @Rp. 5.000 : Rp. 190.000 +
Jumlah : Rp. 450.000
Jumlah siswa yang ikut sebanyak 32 , 4 guru pendamping dan 2 kru bus sehingga yang ikut dalam rombongan sebanyak 38.
Untuk iuran tiap siswanya sebesar Rp 13.000