Rabu, 08 Januari 2025

PENGENALAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengolahan data yang menggunakan angka-angkaBerikut beberapa contoh aplikasi pengolah angka: 
  • Microsoft Excel
    Aplikasi pengolah angka yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. 
  • Google Sheets
    Aplikasi pengolah angka yang dapat diakses secara gratis dan terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya. 
  • Kspread
    Aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, seperti Windows dan Linux. 
  • Open Office Calc
    Aplikasi pengolah angka yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi dan memiliki tampilan sederhana. 
  • Gnumeric
    Aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan dapat digunakan di Windows maupun Linux. 
  • Xess
    Aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan pada komputer dengan sistem Linux, UNIX, Windows, dan Open VMS. 
  • Lotus 123
    Aplikasi pengolah angka dari IBM yang dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office yang lainnya. 
  • Wingz
    Aplikasi freeware yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, tetapi hanya dibatasi untuk penggunaan non komersial. 
  • Abacus
    Aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah penggunaannya. 
Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet adalah program komputer yang digunakan untuk mengolah data dalam bentuk kolom dan barisData yang dimasukkan dapat berupa angka, teks, atau rumus. 
Berikut adalah beberapa fungsi aplikasi pengolah angka: 
  • Menghitung angka dengan cepat
  • Menganalisis hasil pengolahan angka
  • Membuat laporan keuangan
  • Membuat grafik
  • Perhitungan menggunakan rumus
  • Menampilkan data dalam berbagai jenis tabel
  • Memproyeksikan data

Menurut Indrastuti Ristiyani, dkk. dalam Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga (2023), berikut beberapa fungsi dasar aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Excel:

    • Mengolah data menggunakan rumus-rumus pengolahan angka.
    • Menghitung data angka (kalkulasi) menggunakan operasi matematika sederhana, seperti tambah, kurang, kali, bagi, persen, dan sebagainya.
    • Membuat basis data atau database.
    • Membuat grafik atau diagram dari data angka yang dimiliki.
    • Membuat laporan perusahaan berbasis angka, seperti laporan laba rugi, neraca, jurnal umum, dan laporan keuangan lainnya.
    • Membuat data administrasi dalam bentuk tabel.

Senin, 06 Januari 2025

CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER GENAP 2024-2025

 

 Capaian Pembelajaran Fase F      :

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.

 

 Elemen : Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara; mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

 

 Elemen : Membaca Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi.


 

 Elemen : Berbicara Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif; mampu menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Peserta didik mampu mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Peserta didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.

 

 Elemen : Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan,pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu memodifikasi/mendekonstruksikan karya sastra untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak maupun digital