1. Teman – teman menilai saya sebagai orang yang dalam berhubungan dengan orang lain...
|
a. Cepat berubah pikiran
|
b. Membutuhkan waktu lama untuk mengenal secara dekat dengan orang lain
|
c. Selalu memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang lain yang kurang sesuai
|
d. Suka memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang laon yang kurang sesuai
|
e. Mudah menyesuaikan diri serta mampu menjelaskan dengan rinci bilamana ada perbedaan
|
2. Kemampuan
untuk mencipatakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan
sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda
dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan
sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang
sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai
sumber belajar IPS SD adalah...
|
a. Problem based learning
|
b. Contextual teaching learning
|
c. Project based learning
|
d. Open inquiry
|
e. Cooperative learning
|
3. Anda
memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu,
Anda menjadi salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk
kesejahteraan warga sekolah. Apa yang Anda lakukan?
|
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajar
|
b. Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus kepala sekolah
|
c. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas- tugas pengurus koperasi sekolah.
|
d. Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas mengajar.
|
e. Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana
|
4. Seorang
siswa bercerita kepada guru, kalau dia merasa ditipu oleh temannya
yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai
persiapan ujian tengah semester. Tapi pada hari yang telah disepakati
temannya tidak datang dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa
tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, hingga
nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, saat
ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika seandainya Anda adalah
mendapat cerita tersebut, apa yang Anda lakukan?
|
a. Memberitahukan
pada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal
yang penting. Selain itu urusan belajar merupakan urusan masing –
masing.
|
b. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat – nasehat agar keduanya bersahat dan saling membantu.
|
c. Memberitahukan
pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu temannya,
temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf.
|
d. Memfasilitasi
pertemuan diantara keduanya untuk membangun saling kesepahaman
mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya
|
e. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesaikan secara mandiri
|
5. Sebagai seorang ketua kelompok kerja guru, ketika membagi tugas kelompok daya akan...
|
a. Membagi tugas berdasarkan pengalaman yang dimiliki teman – teman.
|
b. Membagi tugas dengan sama rata untuk semua teman
|
c. Memberikan kebebasan pada anggota untuk memilih bagian mana yang sanggup untuk dikerjakan
|
d. Mengerjakan
tugas yang sulit terlebih dahulu bersam a- sama, baru membagi
kelompok sesuai dengan strategi saya sebagai ketua agat pekerjaan
selesai.
|
e. Membagi tugas dengan memperhatikan minat dan kompetensi setiap anggota sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik
|
6. Para
siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup
budaya, nilai – nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan
orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya
adalah....
|
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama
|
b. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan – perbedaan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didiknya.
|
c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
|
d. Mengurangi perbedaan – perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
|
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya.
|
7. Terdapat
peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan
tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau
terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika
melaporkan tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal
tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
|
a. Memberikan
hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat
membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawab
|
b. Guru
melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket
kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya agar menjadi perhatian
seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
|
c. Memberikan
teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket
kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak
mengulangi perbuatannya.
|
d. Merekomendasikan
guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan
keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok
|
e. Memfasilitasi
pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kemlompok
piket kebersihan sehingga anggira menyadari tugas masing – masing
ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung
|
8. X
adalah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru
yang pernah menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman
tersebut berbohong kepada beberapa wali murid yang dapat mencemarkan
nama sekolah. Jika X melapor pada kepala sekolah , maka kasusnya akan
ramai dan tem a- teman tesebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila
tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan tercemar dan banyak wali
murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut Anda yang sebaiknya
dilakukan si X adalah....
|
a. Diam saja, karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun temannya akan mendapat masalah.
|
b. Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak sekolah.
|
c. Mengingatkan temannya untuk itdak mengulangi perbuatannya dan membantu mencari solusi atas masalah yang terjadi.
|
d. Meminta temannya untuk mengaku kesalahan di depan kepala sekolah.
|
e. Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala sekolah dan membantu mencari solusi
|
9. Seringkali
seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar
belakang pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan Anda bila menerima
tugas seperti ini?
|
a. Hanya akan bekerja bila seusuai dengan pendidikan dan keterampilan saya.
|
b. Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja saya
|
c. Saya kan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan bahwa sebenarnya itu di luar bidang ilmu dan keterampilan saya.
|
d. Saya akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun harus menguatkan hati untuk melaksanakannya
|
e. Menjalankan tugas dan mengganggap sebagai kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti
|
10. Di
wilayah Anda mengajar ada komunita GTT (Guru Tidak Tetap) yang
terwadahi dalam PGRI. Melakukan penggalangan dana sukarela untuk
berjuang ke Jakarta mengusulkan ke pemerintah agar diangkat sebagai
PNS. Jika Anda adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi,
apa yang akan Anda lakukan?
|
a. Mendukung
sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS
lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana.
|
b. Memberi
nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat
sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya.
|
c. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberikan kontribusi dalam bentuk uang.
|
d. Berpartisipasi
aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan
mampu membayar perwakilan GTT ke Jakarta
|
e. Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membayar perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya
|
11. Anda
memiliki tetengga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun
sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah anak
berkebutuhan khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai
guru, apa yang Anda lakukan?
|
a. Menjelaskan
kepada orang tuanya bahwa ABK juga memiliki hak untuk sekolah dan
terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai siswanya.
|
b. Menyarankan kepada orangtuanya agar menyekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusia
|
c. Meminta aparat desa untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan ananknya yang menyandang ABK
|
d. Meminta
guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan
orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya
|
e. Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK
|
12. Seorang
siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah
sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk
tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban
memberikan pendidikan, bagaimana Anda menganggapi permasalahan
tersebut?
|
a. Memanggil
siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di
lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya
|
b. Apabila
mengetahui siswa yang membawa handphone segera menyampaikan hal ini
pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh
penanganan lebih lanjut
|
c. Saya
akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone
ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk
kelas dan menyita hp untuk sementara waktu
|
d. Saya
menemui siswa tersebut yang membawa hanphone saat di sekolah maupun
di kelas serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak
mengulangi pelanggaran tersebut
|
e. Merampas
handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut
mengingatkan anaknya jangan samapai membawa handphone ke sekolah.
|
13. Salah
satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin
pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang dapat terlambat. Poin
pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai
kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket ada seorang guru dan anaknya
(kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambat 30
menit. Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus diberi poin
pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba – tiba teman Anda yang terlambat
tersebut meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan
surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa
yang akan Anda lakukan?
|
a. Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannnya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolah
|
b. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya
untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah
|
c. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi
|
d. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturan
|
e. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini
|
14. Guru
banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak
tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan
prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana
cara Anda menyelesaikannya?
|
a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa
|
b. Siswa
menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang
topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas
|
c. Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar
|
d. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi
|
e. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya
|
15. Seorang
anak berminat pada kelompok peminataan bidang ilmu pengetahuan sosial
ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun orang tuan bersikukuh agar
anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua
menginginkan anaknya menjadi dokter agar masa depannya terjamin.
Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di
kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi,
matematika serta fisika, kimia. Sebagai wali kelas apa yang Anda
lakukan?
|
a. Menasehati
si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan
yang baik karena tidak ada orang tuan yang berniat menjerumuskan
anaknya
|
b. Memberikan
saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenali secara objektif
kemampuannya dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang
peminataan yang sesuai
|
c. Menyarankan
kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak
berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran.
|
d. Melakukan
kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan
diskusi dengan agar orang tua memahami potensi anaknya
|
e. Bersama
guru BK, Anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara
orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama – sama dengan
menggunakan data- data sebagai dasar keputusan obyektif.
|
16. Ketika
Anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran
tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan
ritual keagamannya, maka yang sebaiknya Anda lakukan...
|
a. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan
|
b. Memberi nasihat kepada siswa tersebut untuk mrngganti jadwal ritual keagamaannya
|
c. Menyerahkan keputusannya kepada siswa
|
d. Memberi
nasihat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan
keputusannya kepada siswa tersebut apakah akan mengikuti atau tidak
|
e. Membolehkan
siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi
kesempatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain
|
17. Dalam
pelajaran menuju sekolah, pola pemberhentian di perempatan Anda
melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati guru marka jalan.
Anda akan melakukan apa?
|
a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
|
b. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas
|
c. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
|
d. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
|
e. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu.
|
18. Suatu
ketika Anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT.
semua warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu
pertama yang datang ke rumah Anda adalah seornag warga paling miskin
di RT. apa yang akan Anda lakukan?
|
a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di kursi yang telah disediakan
|
b. Membiarkan tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda perlakukan seperti itu
|
c. Meminta tamu pertama tu duduk di kursi deretan paling depan untuk menghargai tamu yang datang paling awal
|
d. Sembari menunggu tamu lainnya Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal – hal ringam
|
e. Mengajak
tamu tersebut ke belakangdan menawarinya untuk makan, setelah itu
meminta bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman
|
19. Ada
siswa yang kurang bergairah belajar di kelas Anda. Terkait dengan hal
ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah
|
a. Membiarkan saja karena sangat mungkin sesuai tersebut tidak berminat pada mata pelajaran
|
b. Mengingatkan namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa – siswa lain yang menunjukkan kemajuan
|
c. Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit
|
d. Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya
|
e. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya
|
20. Bayangkan
suatu ketika Anda sedang berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba –
tiba ada orang memaki Anda secara tidak sopan, padahal Anda merasa
tidak berbuat salah. Apa yang akan Anda lakukan?
|
a. Membalas makian orang itu agar agar anak melihat Anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan diri
|
b. Menarik orang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan ornag yang tidak benar
|
c. Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana caranya menjaga harga diri
|
d. Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana caranya menghindari keributan
|
e. Mengajak bicara baik – baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi dalam kondisi sengketa
|
21. Bagaimana
sikap Anda terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model
ancaman dan pemaksaan kepada perserta didik agar berprestasi unggul?
|
a. Sangat tidak setuju terhadap tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswa
|
b. Tidak setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswa
|
c. Cukup setuju dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswa
|
d. Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi belajar unggul siswa
|
e. Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa
|
22. Karena
terbiasa bekerja cepat dan teratur, Anda sering memiliki siswa waktu
setelah mengajar. Anda melihat ada teman yang sedang kerepotan
mengerjakan sesuatu yang harus segra diselesaikannya. Tindakan yang
mencerminkan diri Anda adalah...
|
a. Kalau diminta untuk membantu, maka saya tidak bersedia karena khawatir salah
|
b. Mengerjakan kewajiban Anda yang lain agar tidak diminta membantu menyelesaikan pekerjaannya
|
c. Meminta teman itu untuk istirahat, dan menggantikan dia untuk menyelesaikan pekerjaannya
|
d. Memahami kesulitan teman itu, dan siap membantu ketika teman itu meminta bantuan saya
|
e. Segera menawarkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan itu karena ia memang perlu bantuan
|
23. Saya
adalah orang yang menunjang tinggi apa yang telah menjadi prinsip
yang saya katakan. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak
sesuai dengan prinsip saya. Hal yang saya lakukan adalah...
|
a. Menyalurkan pikiran dan perasaan negatif pada sasaran lain
|
b. Memendam perasaan negatif yang muncul agar tidak mengganggu pelaksanaan tugas
|
c. Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat
|
d. Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang terdekat yag ada di lingkungan kerja
|
e. Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan perasaan itu dengan pimpinan
|
24. Saat
masih pendidikan dulu, daya pernah mendapatkan tugas yang cukup
banyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya
lakukan saat itu adalah...
|
a. Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu pada sebagian tugas
|
b. Mengerjakan tugas yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu
|
c. Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagian tugas dan sebagian tugas dikerjakan sendiri
|
d. Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengupulkannya
|
e. Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan tuntas
|
25. Anda
ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan belajar
mengajar tidak optimal, media dan sumber belajar yang minim. Serta
kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi
keadaan tersebut
|
a. Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan cara- cara baru memajukan sekolah
|
b. Saya mengusulkan kepala dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan kemajuan sekolah
|
c. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
|
d. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar yang diperlukan sekolah
|
e. Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksankan tugas mengajar sebagaimana besarnya
|
26. Tugas
di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sosial silih berganti. Satu
tugas belum belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu.
Dalam situasi seperti itu, bagaimana reaksi Anda?
|
a. Lebih baik saya tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, karena guru bekerja seperti robot
|
b. Saya ingin mengerjakan seluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan semua
|
c. Saya bekerja satu persatu, itu lebih baik daripada tugas tidak tantangani sama sekali atau meninggalkan tugas
|
d. Hal yang penting adalah semua tugas terselesaikannya karena soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi
|
e. Saya bekerja dengan cepat, semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas sesuai rencana dan waktunya
|
27. Komplek
dimana Anda tinggal setiap musim hujan selalu banjir sebagai akibat
tidak ada saluran air menuju suangai. Warga sudah beberapa kali
mengajukan kepada pemerintah desa/ kelurahan untuk dibuatkan saluran
pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi.
Akibatnya salah satu warga yang cukup berpengaruh di wilayah itu
mengajak dan atau mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak
pada tahun itu. Sebagai guru apa yang Anda lakukan?
|
a. Mengingatkan warga agar tetap membayar pajak karena membayar pajak itu kewajiban warga negara
|
b. Tetap membayar pajak meskipun beberpa warga negara terpengaruh terhadap himbauan tidak membayar pajak
|
c. Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak
|
d. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat desa/ kelurahan agar dibuatkan saluran air
|
e. Bersama warga lain mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak terjadi banjir lagi
|
28. Pada
rapat desa yang dipimpin kepala desa sedang mengidentifikasi program
desa yang akan didanai melalui dana desa. Sebagai guru, program apa
yang akan Anda usulkan?
|
a. Membangun fasilitas umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di desa itu belum ada fasilitas AUD
|
b. Perbaikan jalan antar dusun agar transportasi lancar, karena jalan dusun tidak dapat dilewati kendaraan roda empat
|
c. Memperbaiki tempat ibadah di desa itu, agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusuk
|
d. Memberi beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi sampai pendidikan tinggi
|
e. Pemberian modal usaha dan pelatihan kewirausaan bagi keluarga miskin di desa itu agar kemiskinan menjadi berkurang.
|
29. Kesempatan
untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya
Anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai yang
paling penting?
|
a. Pengembangan wawasan melalui belajar
|
b. Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan
|
c. Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja
|
d. Peningkatan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sebagai hasi studi lanjut
|
e. Pengembangan diri sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain
|
30. Pada
sekolah tempat Anda bekerja Anda sering berinteraksi dengan rekan
guru lainnya. Suatu ketika salah satu rekan guru Anda menjadi topik
perbincangan antara guru – guru Lain di sekolah tersebut karena guru
tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan yang
dimiliki siswa. Menyikapi hal tersebut apa yang akan anda lakukan pada
rekan Anda?
|
a. Mendiamkan hal tersebut, karena urusan masing – masing
|
b. Menyampaikan pada waka kesiswaaan dan kurikulum agartidak terjadi kesalah pahaman
|
c. Menyampaikan secara langsung tanpa basa – basi
|
d. Menyampaikan dengan baik – baik dengan guru – guru lainnya
|
e. Membicarakan permasalahan ini secara baik – baik saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai
|
31. Siswa
– siswi peserta olimpiade sains nasional (OSN) dari sekolah Anda
gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN,
apa yang Anda lakukan?
|
a. Saya
merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan latihan lebih intensif
bagi peserta didik untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya
|
b. Saya meminta para peserta OSN membentuk kelompok belajar materi OSN agar penguasaannya meningkat
|
c. Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para peserta tentang cara menjawab soal OSN
|
d. Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan pengayaan materi olimpiade dan guru kelas
|
e. Saya mengarahkan orang tua peserta OSN untuk lebih memotivasi anak mereka agar lebih giat belajar dalam persiapan OSN
|
32. Tetangga
Anda memiliki anak yang menyandang penyakit genetik (kakinya cacat
sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP
anak itu mulai tidak percaya diri karena tidak kuat dibully temannya.
Tragisnya anak tersebut tidak naik kelas, sehingga mogok tidak mau
melanjutkan sekolah. Meskipun Anda bukan guru dari anak tersebut, apa
yang Anda lakukan?
|
a. Menasehati orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi
|
b. Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homescholing
|
c. Menyarankan melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri dan mau sekolah lagi untuk masa depannya
|
d. Mendatangi sekolah anak tersebut agar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi
|
e. Menyarankan kepala sekolah anak tersebut agar menghentikan budaya bully
|
33. Seringkali
dalam bekerja tim, kelompok memilih pandangan yang bertentangan
dengan pendapat Anda. Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi Anda
adalah...
|
a. Keluar diri kelompok karena saya tidak bisa menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
|
b. Tetap bergabung dengan kelompok namun diam – diam mengaharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang diputuskan
|
c. Tetap bergabung dengan kelompok, namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati
|
d. Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil
|
e. Menerima sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru
|
34. Saat terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan?
|
a. Membahas bersama pihak internal sekolah dan seger menemukan solusinya
|
b. Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak – pihak yang berkepentingan
|
c. Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat
|
d. Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak – pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan
|
e. Membiarkan peristiwa tersebut menghilang secara alamiah agar tidak memalukan sekolah
|
35. Dalam diskusi kelompok, saya biasanya dikena sebagai individu yang...
|
a. Sulit menerima pendapat orang itu yang kurang logis
|
b. Mengikuti semua pendapat orang lain agar tidak terjadi konflik
|
c. Membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya sebelum menerima pendapat orang lain
|
d. Dapat menerima pendapat orang lain asalkan tidak terlalu bertentangan dengan pendapat saya
|
e. Mampu memahami perbedaan dalam berpendapat
|
36. Pada
acara tiraktan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, Anda menjadi
narasumber di sebuah forum tirakatan warga. Jika Anda diberi kebebasan
untuk memilih tema yang diuraikan pada acara tersebut, maka Anda akan
memilih tema apa?
|
a. “menengok
sejarah perjuangan oahlawan kemerdekaan” dengan alasan untuk
memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para pahlawan
kemerdekaan
|
b. “tegakkan
hukum menuju Indonesia jaya” dengan alasan persoalan bangsa Indonesia
(terutama budaya korupsi) lebih banyak disebabkan karena lemahnya
penegakkan hukum
|
c. “kesadaran
hukum dalam mangisi kemerdekaan” dengan alasan agar warga memiliki
kesadaran untuk menegakkan hukum dalalm mengisi kemerdekaan
|
d. “peran
orang tua dalam menataati hukum” dengan alasan taat hukum adalah
bagian dari mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga
|
e. “warga taat hukum masyarakat damai” dengan alasan agar warga selalu taat hukum sehingga kedamaian masyarakat tetap terjaga
|
37. Terdapat
lima kriteria penialian teman sejawat yaitu kejujuaran, kedisiplinan,
integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada
teman sejawat yang Anda lakukan objektif maka yang dilakukan adalah...
|
a. Setiap
aspek dinillai dulu untuk semua teman, misalnya aspek kejujuran
dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya
|
b. Merangking
aspek kejujuran dari rangking pertama sampai terakhit untuk semua
teman kemudian dilanjutkan merangking aspek kehidupan dan seterusnya
|
c. Menilai
satu persatu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran,
kedisiplinan. Integritas, tanggung jawab, penampilan) sekaligus
|
d. Mendiskusikan dengan teman laini agar hasil penilaian tidak terdensius dan dapat dipertanggungjawabkan
|
e. Perlu mempetimbangkan senioritasmeskipun lima kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan
|
38. Berdasarkan instrospeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah...
|
a. Orang yang suit untuk mengapresiasi perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal karena membuat bingung yang lain
|
b. Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal – hal yang dapat dipahaminya saja
|
c. Orang
yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak senang
terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menilai sesuatu
|
d. Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki kebenaran untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran
|
e. Orang yang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakiran diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain
|
39. Pembelajaran
bahasa Indonesia memegang peranan yaitu strategis dalam pembelajaran
SD. Pernyataan yag tidak mendukung pendapat tersebut...
|
a. Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai penghela dalam pembelajaran di SD
|
b. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan wahana yang efektif mengembangkan nilai karakter pada siswa
|
c. Pembelajaran bahasa Indonesia di SD menekankan pada pemberian pengetahuan tentang bahasa pada siswa
|
d. Pembelajaran bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran lain
|
e. Pembelajaran bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan prestasi siswa
|
40. Seorang
guru menegur salah satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung
karena ia tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan malah bermain
handphone. Pernyataan yang patut digunakan guru untuk siswa tersebut
adalah...
|
a. “sini berikan kepada saya handphone, kamu ini waktunya pelajaran malah bermain handphone sendiri”
|
b. “kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu? Ayo dimatikan dan segera fokus pada penjelasan pelajaran ini”
|
c. “tolong
disimpan dulu handphone nya, saat ini sedang pelajaran. Kamu dapat
menggunakan nya nanti pada jam istirahat atau setelah pulang sekolah”
|
d. “berikan handphonenya ke saya. Kamu tidak menghargai guru, jika tidak ingin mengikuti pelajaran silakan keluar dari kelas”
|
e. “tanpa pernyataan seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan pelajaran”
|
41. Di
sekolah Anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, namun ada juga
yang beragama non islam. Ketika memasuki bulan ramadhan. Anda
mendapati siswa non muslim yang sedang makan di depan kelas ketika
teman – teman yang lain sedang menjalankan ibdah puasa. Sebagao
seorang guru apa yang Anda lakukan untuk menyikapi hal tersebut?
|
a. Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan ramadhan demi menghormati yang berpuasa
|
b. Kesuanya memiliki haknya masing – masing, boleh berbuat sesuai keyakinanannya
|
c. Menasehatinya siswa yang sedang puasa ramadhan, bahwa makan dimanapun itu hak mereka
|
d. Meminta siswa tersebut untuk makan di tempat yang sepi agar tidak kelihatan teman – temannya yang sedang berpuasa
|
e. Tidak peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut
|
42. R
adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R
sudah meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk
menyukupi kebutuhan anak – anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah,
karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya
Anda lakukan adalah...
|
a. Memeberikan yang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya
|
b. Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R belajar menolong orang tua dan bekerja
|
c. Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman – teman guru lain untuk membantu keuangannya
|
d. Memberikan penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan
|
e. Memberikan
penjelasan pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah
serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi
|
43. Alif
senang bermain musik. Ia pandai memainkan semua alat musik , termasuk
gendang. Ketika alif memukul gendang, udara di depan membran akan
terbentuk....
|
a. Resonasi bunyi
|
b. Mempatan
|
c. Regangan
|
d. Mampatan dan regangan
|
e. Sampul dan perut
|
44. Hari
ini pelajaran IPA tentang cahaya.pak Made menerapkan kegiatan
praktikum mengamati peristiwa pembiasan kaca planparalel. Penilaian
yang diterapkan tidak hanya ranah kognitif, tetapi juga psikomotorik.
Deskriptor berikut ini untuk menilai keterampilan siswa mengukur
besarnya sudut datang, kecuali...
|
a. Membuat garis tegak lurus di atas garis mendatar pengganti kaca planparalel
|
b. Membuat garis sinar datang
|
c. Meletakkan posisi nol busur derajat pada garis tegak, posisi 90 derajatnya berimpit dengan garis mendatar
|
d. Mengukur besar sudut antara garis mendatar dengan sinar datang
|
e. Mengukur besar sudut antara garis tegak dengan sinar datang
|
45. Di daerah topografi curam, seperti dilereng pegunungan , rawan terjadi longsor bantuan. Hal ini dikarenakan...
|
a. Batu mengalami pelapukan
|
b. Penambangan batu liar
|
c. Curah hujan yang tinggi
|
d. Tanah yang bergerak
|
e. Tanah tidak kuat menahan batu
|
46. Dalam suatu tes, seorang siswa menuliskan jawaban berikut
|
-2×-3 = -6 . Dari jawaban tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa tersebut belum memahami sifat... bilangan negatif
|
a. Tertutup
|
b. Perkalian
|
c. identitas
|
d. Komutatif
|
e. Asosiatif
|
47. Seorang
guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas
pada tenggang wantu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas
yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai
guru apa yang Anda lakukan ?
|
a. Memberikan
fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang
bagaimna cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada
tugas yang diberikan
|
b. Mendorong
siswa untuk segeramenyelesaikan tugas secara maksimal dengan
menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan
|
c. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya
|
d. Tetap
meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan
tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk mmemberikan efek jera pada
siswa
|
e. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati
|
48. Perhatikan penyataan berikut:
|
1) (1) letak astronomis Indonesia 6 LU – 11 Ls
|
2) (2) ibu kota Indonesia adalah Jakarta
|
3) (3) penghasil tembakau wilayah yang bersuhu udara panas
|
4) (4) cerita rakyat mengandung Majas narasi
|
5) (5) ITB berada di bandung.
|
Yang termasuk fakta dalam pembelajaran IPS SD adalah,,,
|
a. 1,2,3
|
b. 2,3,4
|
c. 3,4,5
|
d. 1,3,4
|
e. 1,2,5
|
49. Pembangunan
suatu stadion dapat diselesaikan oleh 20 orang dalam waktu 100 hari.
Setelah dikerjakan selama 40 hari ternyata pekerjaan tersebut harus
segera disesaikan dalam waktu 40 hari lagi. Agar pmebangunan stadion
tersebut dapat diselesaikan tepat waktu banyak pekerja yang harus
ditambah adalah.... orang
|
a. 6
|
b. 7
|
c. 8
|
d. 9
|
e. 10
|
50. Adanya
integrasi sosial berdasarkan pada nilai dan norma yang disepakati
bersama dan memberi tuntutan bagaimana indovidu beperilaku. Berikut
faktor yang mempengaruhi integrasi sosial adalah...
|
92. Berikut ini yang merupakan pertanyaaan tingkat tinggi kategori C5 taksonomi bloom (revised) adalah....
|
a. a.
Hasil uji emisi sebuah mobil dalam penggunaan bioanol tipe gasohol
E-10 dibandingkan dengan premium terdapat pada tabel berikut.
|
b. (TABEL)
|
c. Apa yang dapat disimpulkan dari penggunaan premium dan biotanol tersebut?
|
d. b.
2 buah mobil A dan B menggunakan bahan bakar yang berbeda. Mobil A
mengunakan bahan bakar pertamax, mobil B menggunakan pertalite. Harga
pertalite Rp 1.500,- lebih mahal dari pertamax. Kedua mobil diisi
bahan bakar dengan volume yang sama. Mobil A dapat menempuh jarak 60
km dan mobil B sejauh 80km. Bahan bakar mana yang lebih efisien?
|
e. c. Sebuah mobil berjalan dengan kecepata 60km/jam. Jarak yang ditempuh 240km. Berapa lama mobil itu berjalan
|
f. d. Ketika kecepatan suatu mobil ditingkatkan menjadi 2 kalinya bagaimana besar percepatannya
|
g. e.
Rancanglah sebuah kompor listrik yang memiliki daya 100 watt, jika
disediakan kawat nikelin berdiamter 0,05mm. Sumber tekanan yang ada
220 volt.
|
93. Alat peraga yang tepat untuk memahamkan konsep perpangkatan bilangan adalah...
|
a. Menggunakan kartu bilangan yang dibuat khusus untuk permainan dan alat hitung
|
b. Memotng sedotan sama panjang dan dilakukan berulang – ulang untuk setiap sedotan hasil potongan sebelumnya
|
c. Memotong kertas berbentuk persegi panjang menurut diagonalnya secara berulang dan sama besar
|
d. Melipat kertas berbentuk persegi panjang beberapa kali dan menghitung kelilingnya
|
e. Menggunakan kertas berpetak dan kemudia diberi arsiran menurut arah horisontal dan vertikal
|
94. Perhatikan argumen berikut
|
P1: jika koni lulus ujian maka ia pergi ke luar negeri
|
P2 : jika koni tidak menukar uang uang dolar maka ia todak pergi keluar negeri
|
Kesimpulan benar adalah...
|
a. Jika koni tidak pergi ke luar negeri maka ia menukar uang dolar
|
b. Jika koni menukar uang dolar maka ia lulus ujian
|
c. Koni lulus ujian tetapi tidak menukar uang dolar
|
d. Jika koni tidak menukar uang dolar maka ia tak lulus ujian
|
e. Jika koni tidak pergi ke luar negeri maka ia tidak menukar uang dolar
|
95. Organ
penyusun gerak atau rangka manusia terdiri atas beberpa bagian namun
bagian – bagian tersebut memiliku fungsi yang sama. Berikut ini
merupakan fungsi dari rangka manusia kecuali...
|
a. Sebagai alat gerak aktif
|
b. Tempat melekatnya otot
|
c. Tempat penyimpanan mineral
|
d. Tempat pembentukan sel – sel darah
|
e. Tempat pembentukan sum – sum merah
|
96. Manusia
merupakan komponen abiotik yang memiliki akal pikiran, kemampuan
tersebut dapat digunakan untuk mengubah alam. Salah satu peranan
manusia yang memberikan manfaat bagi alam adalah...
|
a. Mengadakan reboisasi dan penghijauan dalam rangka menajaga kelestarian alam
|
b. Berubahnya ekosistem alam menjadi ekosistem binaan sehingga biota dapat terpelihara
|
c. Memberikan senyawa tertentu untuk meningkatkan flora dan fauna
|
d. Melakukan sistem pertanian dengan menggunakan sistem modern
|
e. Melakukan perubahan profil
|
97. Diberikan
KD 3.3 “Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan
menggunakan kumpulan benda- benda konkrit. Tugas yang sesuai dengan KD
di atas adalah...
|
a. Menghitung banyak antrian untuk mencuci tangan
|
b. Merinci banyak kegiatan saat makan
|
c. Merinci tugas masing – masing anggota keluarga
|
d. Menghitung banyak siswa kelas 5 dan 6 saat upacara hari senin
|
e. Menghitung banyak anak yang tidak masuk dalam 2 hari
|
98. Seorang
siswa kelas I diminta gurunya untuk menulis contoh – contoh kalimat
majemuk berdasarkan gamabr yang ada di papan tulis. Hal ini menandakan
guru tersebut tidak memahami karakteristik perkembangan ..... siswa
|
a. Kognitif
|
b. Bahasa
|
c. Moral
|
d. Sosial
|
e. Emosional
|
99. Perhartikan pernyataan yang disampaikan dalam diskusi berikut
|
“sertifikasi guru dilakukan dengan tujuan
utama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui
sertifikasi diharapkan akan tersaring guru – guru yang berkualitas.
Guru yang belum tersertifikasi diharapkan akan meningkatkan
kualitasnya”. Pertanyaan yang paling tepat disampaikan dalam diskusi
adalah...
|
a. Apa yang dimaksud dengan sertifikasi guru?
|
b. Mengapa sertifikasi guru perlu dilakukan?
|
c. Kapan guru yang belum tersertifikasi dapat meningkatkan kualitasnya?
|
d. Mengapa sertifikasi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran?
|
e. Berapa lama jangka waktu sertifikasi dilakukan?
|
100. Siswa mampu berpidato, aspek yang dapat dinilai untuk mengukur ketercapaian KD tersebut adalah....
|
a. Lafal, intonasi, tanda baca, penampilan
|
b. Lafal, ejaan, ekspresi, penampilan
|
c. Lafal, diksi, ekspresi, percaya diri
|
d. Lafal, intonasi, ekspresi, penampilan
|
e. Lafal, intonasi, penguasaan topik, penampilan
|
101. Sebuah
penampung air dengan volume 36.000 liter akan penuh jika dengan
kecepatan 2liter/ detik. Lama pengisian penampung adalah.... jam
|
a. 4
|
b. 4,5
|
c. 5
|
d. 5,5
|
e. 6
|
102. Perhatikan pernyataan berikut
|
1) kesadaran informasi masyarakat yang masih belum maksimal
|
2) penggunaan teknologi informasi yang belum merata dan mengakar dalam kehidupan masyarakat
|
3) penerapan budaya informasi di dorong oleh perkembangan atau kej=bijakan nasional
|
4) kapasitasn inovasi nasional yang belum maksimal
|
5) dibuat UU iptek
|
Faktor penghambat fenomena interaksi perkembangan iptek di Indonesia adalah...
|
a. 1,2,3
|
b. 2,3,4
|
c. 3,4,5
|
d. 2,3,5
|
e. 1,2,4
|
103. Rangkaian
listrik terdiri atas 3 buah lampu yang memiliki hambatan sama besar
dipasang secara paralel dan dihubungkan dengan sumber tegangan
sehingga menjadi rangkaian tertutup. Bila hambatan penggantinya 2,5
ohm dan kuat arus yang mengalir sebesar 2 A, serta hambatan dalam dari
sumber tegangan sebesar 0,5 ohm. Maka hambatan masing – masing lampu
adalah...
|
a. 2 ohm
|
b. 2,5 ohm
|
c. 3 ohm
|
d. 4 ohm
|
e. 6 ohm
|
104. Apa
bila kemampuan yang diharapkan oleh guru IPS SD adalah siswa dapat
menguasai memberikan pendapat tentang hakikat permasalahan sosial di
lingkungan sekitar, maka jenis tes yang tepat diberikan oleh seorang
guru IPS SD adalah...
|
a. Uji kinerja
|
b. Uraian
|
c. Menjodohkan
|
d. Obejektif pilihan ganda
|
e. Benar salah
|
105. Perhatikan pernyataan berikut
|
1) sebagai media daring
|
2) sebagai media penelususran materi pembelajaran
|
3) sebagai komunikasi antar kelompok
|
4) sebagai piranti sofware
|
5) sebagai media guru untuk mengumumkan suatu hal yang penting
|
Peran IPTEK bagi siswa SD di era milenial adalah....
|
a. 1,2,3
|
b. 1,2,5
|
c. 2,3,4
|
d. 2,4,5
|
e. 3,4,5 |