Quiz Sumatif Modul 5
Question 1 (1 point)
Prinsip kerja kamera adalah:
Menangkap cahayA.
| |
Membiaskan cahayA.
| |
Meredam cahayA.
| |
Memantulkan cahayA.
|
Question 2 (1 point)
Proportion ( perbandingan / keserasian ) termasuk ke dalam
Unsur – unsur perancangan
| |
Perspektif bentuk
| |
Prinsip – prinsip dasar rancangan
| |
Tujuan perancangan
|
Question 3 (1 point)
Salah
satu prinsip keindahan bentuk adalah keseimbangan. keseimbangan yang
memiliki kesamaan polanya bukan hanya di antara ruang sebelah kiri dan
ruang sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan
ruang sebelah bawah disebut dengan keseimbangan ....
Keseimbangan tersembunyi (axial balance)
| |
Keseimbangan memancar (radial balance)
| |
Keseimbangan simetris (symmetrical balance)
| |
Keseimbangan sederajat (obvious balance)
|
Question 4 (1 point)
Sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnyA. Ini adalah prinsip:
workflow compatibility
| |
task compatibility
| |
product compatibility
| |
user compatibility
|
Question 5 (1 point)
Secara etimologis, nirmana sendiri mempunyai maknA
Tidak bermakna
| |
Tidak berbentuk
| |
Tidak berwarna
| |
Tidak bermula
|
Question 6 (1 point)
Selain
warna merah yang dapat menimbulkan kesan penambah nafsu makan,
kebanyakan toko makanan / restaurant memilih warna kuning sebagai
branding perusahaannya karena warna kuning memberikan kesan....
Kehangatan dan keramahan
| |
Kesegaran dan kesuburan
| |
Kemurahan hati dan ketenangan
| |
Kesehatan dan kebugaran
|
Question 7 (1 point)
Struktur
navigasi yang berbentuk seperti tangga atau pohon, dimana masing–masing
obyek menyediakan sebuah menu pilihan yang memiliki lebih banyak menu
dengan banyak pilihan adalah:
Struktur jaringan
| |
Struktur hirarki
| |
Struktur kombinasi.
| |
Struktur linear
|
Question 8 (1 point)
Suatu
proses memilih, mengatur dan menyusun shot-shot menjadi satu scene,
menyusun dan mengatur scene-scene menjadi sequence yang akhirnya
merupakan rangkaian shot yang bertutur tentang suatu cerita yang utuh.
Proses ini disebut:
Shot
| |
Framing
| |
Editing
| |
Kompilasi
|
Question 9 (1 point)
Suatu
susunan irama yang memiliki hubungan pengulangan dengan perbedaan pada
satu atau beberapa unsur/elemen seni/rupa yang digunakan hasilnya
kontras adalah
Transisi
| |
Harmoni
| |
Repetisi
| |
Oposisi
|
Question 10 (1 point)
Sumber cahaya sekunder dan ditempatkan di sisi berlawanan dari subyek adalah:
Fill light
| |
Low light
| |
Key light
| |
Back light
|
Question 11 (1 point)
Susunan ini hasilnya monoton, ada kesan resmi, rapi, terlihat statis dan menjemukan adalah susunan
Transisi
| |
Harmonis
| |
Repetisi
| |
Kontras
|
Question 12 (1 point)
Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian obyek dikenal dengan istilah:
Straight Angle
| |
Bird Eye View
| |
Frog eye
| |
High Angle
|
Question 13 (1 point)
Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage untuk kemudian diedit pada Adobe Premiere Pro CS4 adalah:
Sequence Monitor Window
| |
Monitor Window
| |
Source Monitor Window
| |
Timeline Window
|
Question 14 (1 point)
Tingkat kepekaan sensor atau film dalam merekam cahaya disebut:
Aperture (Diafragma)
| |
Zoom
| |
Shuter Speed
| |
ISO
|
Question 15 (1 point)
Tipe antarmuka di mana user mengisi area-area yang telah disediakan adalah tipe:
direct manipulation
| |
command language.
| |
menu selection
| |
form fill in
|
Question 16 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang berfungsi untuk memotong gambar secara manual adalah:
Brush Tool
| |
Arrow Tool
| |
Hand Tool
| |
Lasso Tool
|
Question 17 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu garis adalah:
Line Tool
| |
Stroke Color
| |
Swap Color
| |
Fill Color
|
Question 18 (1 point)
Tool pada Adobe Flash yang digunakan untuk menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran adalah:
Hand Tool
| |
Eye Dropper Tool
| |
Paintbucket Tool
| |
Ink Bottle tool
|
Question 19 (1 point)
Ukuran besar kecilnya bukaan lensa disebut:
Aperture (Diafragma)
| |
Zoom
| |
ISO
| |
Shuter Speed
|
Question 20 (1 point)
Ukuran
suatu garis pada konseptual nirmana bukan ukuran sentimeter ataupun
meter tetapi ukurannya bersifat nisbi, hal ini berarti ....
ukuran garis tidak dipengaruhi bidang ataupun ruang
| |
ukuran garis dapat bernentuk lurus, lengkung, rata, berombak yang memberntuk irama
| |
ukuran garis berupa horizontal, diagonal ataupun vertikal
| |
ukuran panjang, tinggi, besar dipengaruhi bidang atau ruang dimana garis itu berada
|
Question 21 (1 point)
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara:
pengguna (user) dengan sistem.
| |
pengguna (user) dengan pengembang sistem.
| |
pengguna (user) dengan pengguna (user).
| |
pengguna (user) dengan hardware
|
Question 22 (1 point)
Berdasarkan gambar berikut ini, manakah susunan warna yang termasuk ke dalam warna triad komplementer ....
merah ungu (MU) - ungu (U) - biru ungu (BU)
| |
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
| |
kuning jingga (KJ) - merah ungu (MU) - biru ungu (BU) - kuning hijau (KH)
| |
hijau (H) - biru (B) - ungu (U)
|
Question 23 (1 point)
Berikut ini adalah format yang digunakan dalam membuat storyboard multimedia interaktif, kecuali:
Double coloum
| |
Landscape
| |
Portrait
| |
Kartu
|
Question 24 (1 point)
Berikut ini adalah jenis-jenis metering, kecuali:
Balance metering
| |
Spot metering
| |
Center weight metering
| |
Matrix metering
|
Question 25 (1 point)
Berikut
ini adalah prinsip yang perlu diperhatikan agar pengambilan gambar yang
akan dilakukan mempunyai nuansa sistemik, kecuali:
Scene
| |
Continuity
| |
Close up
| |
Camera angle
|
Question 26 (1 point)
Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan suatu antarmuka sebuah aplikasi, kecuali:
Familiarity
| |
Consistency
| |
Usability.
| |
Simplicity
|
Question 27 (1 point)
Berikut ini adalah struktur film, kecuali:
Shot
| |
Sequence
| |
Scene
| |
Framing
|
Question 28 (1 point)
Berikut ini adalah tipe teks pada Adobe Flash, kecuali:
Input Text.
| |
Output text.
| |
Dynamic Text.
| |
Static Text.
|
Question 29 (1 point)
Berikut ini adalah triangle fotografi, kecuali:
Shuter Speed
| |
ISO
| |
Aperture (Diafragma)
| |
Zoom
|
Question 30 (1 point)
Berikut ini adalah unsur Three points lighting, kecuali:
Fill light
| |
Key light
| |
Back light
| |
Low light
|
Question 31 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur komposisi fotografi, kecuali:
Rule of Third
| |
Kurva
| |
Exposure
| |
Simplicity
|
Question 32 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur sinematografi, kecuali:
Framing
| |
Durasi gambar
| |
Kamera dan film
| |
Skenario
|
Question 33 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam prinsip keindahan bentuk nirmana adalah
Tekstur
| |
Keterpaduan
| |
Titik
| |
Garis
|
Question 34 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur konseptual nirmana adalah
Question 34 options:
Tekstur
| |
Bentuk
| |
Warna
| |
Gempal
|
Question 35 (1 point)
Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur-unsur visual nirmana adalah, kecuali ...
Gempal
| |
Bentuk
| |
Titik
| |
Garis
|
Question 36 (1 point)
Dari gambar berikut ini yang termasuk kedalam warna dmau adalah
Hijau – merah
| |
Merah – jingga
| |
Hijau – biru
| |
Kuning – biru
|
Question 37 (1 point)
Film Seluloid yang pertama diperkenalkan pada tahun:
1878
| |
1887
| |
1891
| |
1895
|
Question 38 (1 point)
Foto berwarna yang pertama diperkenalkan oleh:
Richard Maddox
| |
John Herschel
| |
James Clerk Maxwell
| |
Frederick Scott Archer
|
Question 39 (1 point)
Fungsi Anchor Point pada Adobe Premiere adalah:
mengatur skala klip.
| |
mengatur rotasi atau perputaran klip.
| |
mengatur letak atau posisi klip.
| |
mengatur letak titik pusat perputaran klip.
|
Question 40 (1 point)
Fungsi image stabilizer adalah:
Menstabilkan objek bergerak
| |
Memperbesar gambar
| |
Menstabilkan goncangan tangan
| |
Menstabilkan warna
|
Question 41 (1 point)
Gambar berikut merupakan interval tangga dari ?
interval tangga jarak
| |
interval tangga raut bidang
| |
interval tangga ukuran bidang
| |
interval tangga arah bidang
|
Question 42 (1 point)
Gambar di atas adalah gambar…..
Pengatur fokus.
| |
Filter
| |
Gelang Kamera
| |
Lensa
|
Question 43 (1 point)
Gambar di bawah ini adalah:
Tombol Set Out Point
| |
Toggle Take Audio
| |
Toggle Take Video
| |
Tombol Set In Point
|
Question 44 (1 point)
Jenis kamera yang pembidikannya secara langsung tanpa melalui lensa utama adalah:
Kamera Large Format
| |
Kamera Range Finder
| |
Kamera SLR
| |
Kamera Pocket
|
Question 45 (1 point)
Jenis lensa yang memiliki fokus yang sesuai dengan pandangan mata manusia adalah:
Wide Angle Lens
| |
Lensa Standar
| |
Fish Eye Lens
| |
Lensa Tele
|
Question 46 (1 point)
Jika mengmaukan warna hijau, kita harus mencampurkan warna
Kuning dan biru
| |
Merah dan kuning
| |
Merah dan biru
| |
Biru dan merah
|
Question 47 (1 point)
Jika mengmaukan warna ungu, kita harus mencampurkan warn
Kuning dan biru
| |
Biru dan merah
| |
Merah dan biru
| |
Merah dan kuning
|
Question 48 (1 point)
Kamera
video yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dengan kecenderungan
pengguna kalangan yang memiliki hobi di bidang videografi, adalah:
Kamera Studio
| |
Kamera consumer
| |
Kamera Prosumer
| |
Kamera Professional
|
Question 49 (1 point)
Kecepatan terbuka sampai tertutupnya tirai (rana) pada kamera digital disebut:
ISO
| |
Zoom
| |
Aperture (Diafragma)
| |
Shuter Speed
|
Question 50 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Komunikasi Visual, kecuali:
Interaksi pengguna dengan aplikasi.
| |
Animasi/video yang digunakan sudah sesuai.
| |
Kesederhanaan fungsi navigasi menu.
| |
Format teks dan kombinasi warnA.
|
Question 51 (1 point)
Komponen berikut ini adalah komponen penilaian pada aspek Rekayasa Perangkat Lunak, kecuali:
Penggunaan backsounD.
| |
Kemudahan pengoperasian aplikasi.
| |
Kelengkapan menu navigasi.
| |
Fungsionalitas menu yang tersediA.
|
Question 52 (1 point)
Model pembelajaran yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language adalah:
Tutorial
| |
Simulasi
| |
Drill and practice
| |
Socratic
|
Question 53 (1 point)
Model
pembelajaran yang memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga pengguna
merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya adalah:
Tutorial
| |
Simulasi
| |
Drill and practice
| |
Hybrid
|
Question 54 (1 point)
Model
pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel,
definisi istilah, latihan dan branching yang sesuai adalah:
Socratic
| |
Hybrid
| |
Inquiry
| |
Tutorial
|
Question 55 (1 point)
Pengambilan gambar dari belakang obyek, biasanya obyek tersebut hanya terlihat kepala atau bahunya saja, dikenal dengan istilah:
Profil Shot
| |
Reflection Shot
| |
Over Shoulder
| |
Jaws Shot
|
Question 56 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dari dagu hingga kepala, dikenal dengan istilah:
Medium Close Up (MCU)
| |
Close up (CU)
| |
Extreme Close Up (ECU)
| |
Big Close Up (BCU)
|
Question 57 (1 point)
Pengambilan gambar obyek dengan fisik manusia tampak jelas namun latar belakang masih dominan, dikenal dengan istilah:
Long shot (LS)
| |
Medium long shot (MLS)
| |
Extreme long shot (ELS)
| |
Full Shot (FS)
|
Question 58 (1 point)
Pengambilan
gambar sosok manusia mulai mendominasi dalam frame. Tubuh manusia
tampak dari dada ke atas hingga kepala, dikenal dengan istilah:
Medium long shot (MLS)
| |
Close up (CU)
| |
Medium Close Up (MCU)
| |
Full Shot (FS)
|
Question 59 (1 point)
Pergerakan horizontal kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Zooming
| |
Tilting
| |
Tracking
| |
Panning
|
Question 60 (1 point)
Pergerakan vertikal kamera dari atas ke bawah atau sebaliknya, dikenal dengan istilah:
Tilting
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Zooming
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Panning
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dolly Tes Formatif M5 KB 1
Question 1 (1 point)
Raut bidang dengan dua interval tangga berjauhan (raut bidang yang berbeda), hasilnya kontras, keras, tajam adalah
Question 2 (1 point)
Menyusun garis dengan dua atau tiga interval garis yang berjauhan disebut
Question 3 (1 point)
Warna yang kesannya energi dan keceriaan, kejayaan, kemegahan, kemuliaan, dan kekuataan adalah
Question 4 (1 point)
Ciri khas dari suatu raut dapat berupa kasar, halus, polos, bermotif, keras dan lain sebagainya dan hal ini disebut
Question 5 (1 point)
Bidang-bidang yang dibatasi garis lengkung-lengkung bebas disebut
Question 6 (1 point)
Berikut ini adalah warna tersier, kecuali:
Question 7 (1 point)
Arah saat kita menggoreskan garis disebut
Question 8 (1 point)
Suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa, dan warna, disebut dengan
Question 8 options:
Question 9 (1 point)
Bidang-bidang yang dibatasi garis patah-patah bebas, disebut
Question 10 (1 point)
Raut bidang yang memadukan raut bidang dengan dua atau tiga interval yang berdekatan adalah
Question 11 (1 point)
Bidang teratur yang dibuat secara matematika, disebut
Question 12 (1 point)
Susunan yang hasilnya monoton, ada kesan resmi, rapi, terlihat statis dan menjemukan adalah
Question 13 (1 point)
Jenis
irama dengan gerak pengulangan dalam pertentangan-pertentangan secara
teratur, runtut, terus menerus, bak sebuah aliran yang mengalir penuh
vitalitas disebut
Question 14 (1 point)
Keseimbangan
yang kesamaan polanya bukan hanya di antara ruang sebelah kiri dan
ruang sebelah kanan saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan
ruang sebelah bawah adalah
|
Question 15 (1 point)
bentuk bidang yang seolah terpelintir, ada lipatan, disebut
Question 15 options:
bidang organik.
| |
bidang bersudut bebas.
| |
bidang mayA.
| |
bidang gabungan.
|
Question 16 (1 point)
Salah
satu prinsip dasar tata rupa yang mengandung unsur keunggulan,
keistimewaan, keunikan, keganjilan, dan menarik perhatian adalah
Keseimbangan
| |
Oposisi
| |
Dominasi
| |
Kesatuan
|
Question 17 (1 point)
Ciri khas dari elemen titik adalah
ukurannya yang kecil dan rautnya sangat sederhanA.
| |
ukurannya yang kecil dan rautnya sederhanA.
| |
ukurannya yang sederhana dan rautnya kecil
| |
ukurannya yang sangat sederhana dan rautnya kecil.
|
Question 18 (1 point)
Berikut ini adalah tiga dimensi warna yang sangat besar pengaruhnya terhadap tata rupa, kecuali:
Hue
| |
Value
| |
Contrast
| |
Chroma
|
Question 19 (1 point)
Warna yang kesannya dmau adalah
Kuning
| |
Ungu
| |
Merah
| |
Jingga
|
Question 20 (1 point)
Warna pokok subtractive adalah:
cyan, magenta, dan kuning.
| |
cyan, merah, dan kuning.
| |
cyan, magenta, dan hijau.
| |
cyan, magenta, dan orange.
|
tes formatif modul 5 kb2 TIK
Question 1 (1 point)
Aksesories kamera yang memberikan efek-efek khusus pada foto adalah
Tripod
| |
Filter
| |
Blitz
| |
Lensa
|
Question 2 (1 point)
Alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya pada fotografi adalah
Luxmeter
| |
Tachometer
| |
Avometer
| |
Lightmeter
|
Question 3 (1 point)
CCD pada kamera digital berfungsi sebagai
Sensor cahaya
| |
Pemantul cahaya
| |
Sensor objek
| |
Penangkap cahaya
|
Question 4 (1 point)
Daerah tajam atau daerah fokus yang disebut
White balance
| |
Depth Of Field
| |
Focal Length
| |
Golden Section
|
Question 5 (1 point)
Fitur kamera yang berfungsi untuk menstabilkan goncangan tangan kita adalah
Zoom
| |
Shutter speed
| |
Image Stabilizer
| |
Tripod
|
Question 6 (1 point)
Jenis
kamera yang biasanya hanya digunakan untuk pemotretan yang lebih khusus
seperti foto udara dan foto arsitektur dari jarak dekat tanpa
menimbulkan distorsi adalah
Kamera Instan
| |
Kamera SLR
| |
Kamera Medium Format
| |
Kamera Large Format
|
Question 7 (1 point)
Jenis
kamera yang pembidikannya dipantulkan melalui prisma dan cermin lalu
diteruskan pada lensa utama sehingga tidak terjadi efek paralaks adalah
Kamera Pocket
| |
Kamera SLR
| |
Kamera Range Finder
| |
Kamera Medium Format
|
Question 8 (1 point)
Lamanya waktu penyinaran sensor pada kamera digital, dan film pada kamera disebut
Question 8 options:
Aperture
| |
ISO
| |
Shutter Speed
| |
Exposure
|
Question 9 (1 point)
Lensa yang memiliki fokus 50 mm adalah
Lensa Standar
| |
Lensa Tele
| |
Lensa Sudut Lebar
| |
Lensa Mata Ikan
|
Question 10 (1 point)
Panduan komposisi yang didasarkan pada perhitungan matematika yang unik adalah
Kurva
| |
Rule of Third
| |
Simplicity
| |
Golden Mean
|
Question 11 (1 point)
Penemu ilm negatif dengan larutan Sodium thiosulfate/hyposulfite of soda yang disebut hypo, adalah
John Herschel
| |
Eadweard Muybridge
| |
James Clerk Maxwell
| |
Richard Maddox
|
Question 12 (1 point)
Penemu xenon flash lamp dan strobe photography adalah
Question 12 options:
Arthur Korn
| |
Gabriel Lippmann
| |
Doc Harold Edgerton
| |
Yasujiro Niwa
|
Question 13 (1 point)
Proses mengukur seberapa terang objek foto supaya kamera bisa mendapatkan exposure yang tepat disebut
Question 13 options:
Metering
| |
Panning
| |
Crabbing
| |
Zooming
|
Question 14 (1 point)
Tingkat kepekaan sensor atau film dalam merekam cahaya disebut
Aperture
| |
ISO
| |
Shutter Speed
| |
Exposure
|
Question 15 (1 point)
Ukuran besar kecilnya bukaan lensa disebut
Shutter Speed
| |
Exposure
| |
Aperture
| |
ISO
|
Quiz M5 KB 3
Bagian kamera yang berfungsi sebagai jendela pengamat untuk bisa melihat obyek yang masuk ke dalam kamera adalah
Exposure
| |
White balance
| |
Aperture
| |
View finder
|
Question 2 (1 point)
Berikut ini adalah fungsi dasar tata cahaya/lampu, kecuali:
efek
| |
dimensi
| |
atmosfir
| |
penerangan
|
Question 3 (1 point)
Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang editor ketika melakukan tugas editing, kecuali:
Memilih jenis transisi yang digunakan.
| |
Memilih shot.
| |
Membentuk irama/tempo.
| |
Menentukan Camera Angle.
|
Question 4 (1 point)
Berikut ini adalah isi dari Tab Effects Adobe Premiere, kecuali:
Audio Transitions
| |
Video Transitions
| |
Track Selection
| |
Video Effects
|
Question 5 (1 point)
Berikut ini adalah isi dari Tools Window Adobe Premiere, kecuali:
Rate Scracth
| |
Track Selection
| |
Rooling Edit
| |
Transitions
|
Question 6 (1 point)
Bidang
pandang yang memperlihatkan komposisi obyek secara total, dari ujung
kepala hingga ujung kaki (bila obyek manusia) adalah:
Full Shot (FS)
| |
Long Shot (LS)
| |
Extreme Long Shot (ELS)
| |
Medium Shot (MS)
|
Question 7 (1 point)
Bidang pandang yang memperlihatkan tubuh manusia tampak dari dada ke atas hingga kepala adalah:
Medium Shot (MS)
| |
Full Shot (FS)
| |
Medium Long Shot (MLS)
| |
Medium Close Up (MCU)
|
Question 8 (1 point)
Bidang pandang yang memperlihatkan tubuh manusia terlihat dari leher bagian bawah hingga kepala adalah:
Medium Close Up (MCU)
| |
Extreme Close Up (ECU)
| |
Big Close Up (BCU)
| |
Close Up (CU)
|
Question 9 (1 point)
Bidang pandang yang memperlihatkan tubuh manusia terlihat dari pinggang ke atas hingga kepala adalah:
Long Shot (LS)
| |
Medium Long Shot (MLS)
| |
Medium Shot (MS)
| |
Extreme Long Shot (ELS)
|
Question 10 (1 point)
Efek
yang terjadi adalah obyek terlihat tidak jelas, sementara background
tampak terang benderang. Pengambilan gambar ini disebut
Door Frame Shot
| |
Reflection Shot
| |
Backlight Shot
| |
Artificial Framing Shot
|
Question 11 (1 point)
Gabungan dari scene-scene disebut
Transition
| |
Frame
| |
Sequence
| |
Shot
|
Question 12 (1 point)
Gerakan kamera maju mendekati obyek disebut
Zoom in
| |
Dolly out
| |
Zoom out
| |
Dolly in
|
Question 13 (1 point)
Jenis
kamera yang didesain untuk keperluan sehari-hari dengan kecenderungan
pengguna kalangan yang memiliki hobi di bidang videografi adalah kamera
Consumer
| |
Professional
| |
DSLR
| |
Prosumer
|
Question 14 (1 point)
Jenis kamera yang dikenal dengan kamera home industry adalah kamera
Prosumer
| |
Prosumer dan Consumer
| |
Consumer
| |
Professional
|
Question 15 (1 point)
Jenis lensa dibedakan menurut
wide angle
| |
Body Kamera
| |
Focal Length
| |
Kemampuan menangkap obyek.
|
Question 16 (1 point)
Jika
dua orang sedang berdialog, tetapi pengambilan gambarnya dari samping,
kamera satu memperlihatkan orang pertama dan kamera dua memperlihatkan
orang keduA. Teknik ini disebut
Walking Shot
| |
Over Shoulder
| |
Artificial Hairlight
| |
Profil Shot
|
Question 17 (1 point)
Juru
kamera menempatkan benda-benda di depan kamera sehingga efek yang
muncul adalah keindahan karena kamera tidak langsung membidik obyek,
tetapi terhalangi oleh benda yang menjadi foregrounD. Teknik ini disebut
Jaws Shot
| |
Artificial Framing Shot
| |
Door Frame Shot
| |
Backlight Shot
|
Question 18 (1 point)
Kegiatan merekam gambar mulai kamera diaktifkan (on) hingga kamera dihentikan (off), disebut
1 action
| |
1 frame
| |
1 Scene
| |
1 shot
|
Question 19 (1 point)
Lamanya sebuah obyek diambil gambarnya oleh kamera disebut
Durasi
| |
Zooming
| |
Framing
| |
Exposure
|
Question 20 (1 point)
Langkah pertama yang dilakukan untuk mengatur tampilan klip yang ada di dalam Track Video Adobe Premiere adalah:
Memilih style tampilan klip menggunakan tombol Set Display Style yang ada di dalam Track Video 1
| |
Memilih
salah satu klip yang ada di dalam Project Window, kemudian drag ke
dalam Timeline Window dan letakkan pada Track Video 1.
| |
Meng-klik tombol Set Display Style
| |
Meng-klik tombol panah Collapse/Expand Track yang berada pada Track Video 1.
|
Question 21 (1 point)
Memotong klip menggunakan tombol
Delete
| |
Cut
| |
Razor Tools
| |
Anchor Point
|
Question 22 (1 point)
Pergerakan horizontal kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya disebut dengan istilah
Tilting
| |
Tracking
| |
Panning
| |
Zooming
|
Question 23 (1 point)
Pergerakan vertikal kamera dari atas ke bawah atau sebaliknya disebut dengan istilah
Zooming
| |
Tracking
| |
Panning
| |
Tilting
|
Question 24 (1 point)
Perpindahan gambar secara tumpang tindih dari akhir suatu shot dengan awal dari suatu shot berikutnya adalah jenis transisi
Fade
| |
Cut
| |
Dissolve
| |
Wipe
|
Question 25 (1 point)
Perpindahan shot di mana gambar berubah secara berangsur-angsur menjadi semakin tampak jelas adalah jenis transisi
Wipe
| |
Dissolve
| |
Fade-Out
| |
Fade-In
|
Question 26 (1 point)
Prinsip yang menyatakan bahwa mata kamera adalah mata penonton adalah
Composition
| |
Continuity
| |
Camera Angle
| |
Close up
|
Question 27 (1 point)
Proses
memilih, mengatur dan menyusun shot-shot menjadi satu scene, menyusun
dan mengatur scene-scene menjadi sequence yang akhirnya merupakan
rangkaian shot yang bertutur tentang suatu cerita yang utuh disebut
dengan proses
Rendering
| |
Composition
| |
Editing
| |
Shooting
|
Question 28 (1 point)
Prosumer, kecuali:
Tidak tahan banting tetapi tidak ringkih.
| |
Penggunanya adalah home industry atau mendekati professional.
| |
Fitur yang disediakan serba otomatis.
| |
Sudah memiliki beberapa fitur manual.
|
Question 29 (1 point)
Sejumlah
lembaran metal tipis yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa dibuka
dan ditutup untuk mengatur banyaknya sinar yang masuk ke lensa kamera
disebut
Gain
| |
Aperture
| |
White balance
| |
Filter Colour
|
Question 30 (1 point)
Seolah-olah
obyek tidak tahu jika gambarnya akan di-shoot sehingga ketika kamera
menyorot ke arahnya dia terlihat kaget, tapi dalam situasi yang
dramatik. Teknik ini disebut
Door Frame Shot
| |
Jaws Shot
| |
Backlight Shot
| |
Artificial Framing Shot
|
Question 31 (1 point)
Sistem televisi NTSC digunakan di
Indonesia
| |
Eropa
| |
Amerika Serikat
| |
Perancis
|
Question 32 (1 point)
Sistem televisi PAL digunakan di
Amerika Serikat
| |
Belanda
| |
Perancis
| |
Indonesia
|
Question 33 (1 point)
Sistem televisi SECAM memiliki kemampuan merekam gambar
925 garis perdetik
| |
825 garis perdetik
| |
525 garis perdetik
| |
625 garis perdetik
|
Question 34 (1 point)
Sumber
cahaya yang ditempatkan di antara sisi kamera dan subjek sedemikian
rupa (biasanya membentuk sudut 45o) sehingga satu sisi subjek akan
terang, tetapi sisi lain agak gelap. Sumber cahaya ini disebut
Key light
| |
Fill light
| |
Front light
| |
Back light
|
Question 35 (1 point)
Sumber cahaya yang ditempatkan di sisi berlawanan dari subjek (membentuk sudut -45o) adalah sumber cahaya
Front light
| |
Back light
| |
Fill light
| |
Key light
|
Question 36 (1 point)
Tata
cahaya yang membagi sisi gelap dan terang atas obyek yang disinari
sehingga membantu perspektif tata panggung. Prinsip ini disebut
efek
| |
atmosfir
| |
dimensi
| |
penerangan
|
Question 37 (1 point)
Teknik pengambilan gambar dari atas obyek yang diarahkan ke bawah sehingga mengesankan obyek terlihat kecil adalah teknik:
High Angle
| |
Bird Eye View
| |
Straight Angle
| |
Frog eye
|
Question 38 (1 point)
Teknik
pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di
atas ketinggian obyek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan
benda-benda lain tampak kecil adalah teknik:
Low Angle
| |
Bird Eye View
| |
Straight Angle
| |
High Angle
|
Question 39 (1 point)
Tempat
di mana Anda menyimpan klip/footage yang berupa file image, audio,
title, dan video yang akan digunakan dalam proses editing pada Adobe
Premiere adalah:
Project window
| |
Tools window
| |
Monitor window
| |
Timeline window
|
Question 40 (1 point)
Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage untuk kemudian diedit pada Adobe Premiere adalah:
Monitor window
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tools window
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Project window
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Timeline window
Quiz M5 KB4
Question 1 (1 point)
Area
pada Adobe Flash untuk berkreasi dalam membuat animasi yang digunakan
untuk mengkomposisi frame-frame secara individual dalam sebuah movie
adalah:
Question 2 (1 point)
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat multimedia interaktif agar menjadi menarik, kecuali
Question 3 (1 point)
Berikut ini adalah fungsi multimedia dalam kegiatan pembelajaran, kecuali:
Question 4 (1 point)
Berikut ini adalah unsur-unsur yang harus ada ppada storyboard, kecuali:
Question 5 (1 point)
Model yang banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi adalah
Question 6 (1 point)
Model yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language adalah model
Question 7 (1 point)
Model
yang bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu,
komputer menyampaikan materi, mengajukan pertanyaan, dan memberikan
umpan balik sesuai dengan jawaban pengguna adalah model
Question 8 (1 point)
Model yang didesain dengan memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk memotivasi dan meningkatkan minat belajar adalah model
Question 9 (1 point)
Model yang tidak menampilkan suatu instruksi, tetapi hanya mempraktekkan konsep yang sudah ada adalah
Question 10 (1 point)
Prinsip
interaktif yang menyatakan bahwa sebuah aplikasi yang menggunakan
antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya
adalah:
Question 11 (1 point)
Prinsip interaktif yang menyatakan bahwa sebuah aplikasi yang menggunakan antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya adalah:
Question 12 (1 point)
Sebuah
jendela panel pada Adobe Flash yang digunakan untuk mengelompokkan dan
mengatur isi sebuah movie, pengaturan tersebut meliputi penentuan masa
tayang objek, pengaturan layer, dan lain-lain adalah:
Question 13 (1 point)
Struktur
navigasi seperti tangga atau pohon, dimana masing–masing obyek
menyediakan sebuah menu pilihan yang memiliki lebih banyak menu dengan
banyak pilihan adalah struktur
Question 14 (1 point)
Struktur
navigasi yang paling kompleks dengan banyak obyek dalam setiap arah
pada setiap obyek dalam aplikasi multimedia adalah struktur
Question 15 (1 point)
Unsur multinedia interaktif yang merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem disebut
Question 15 options:
|