Selasa, 29 Juli 2025

Menyimak Ceramah

 

Topik: Menyimak Ceramah

📅 Semester: Ganjil
🕓 Alokasi Waktu: ±2–3 JP


🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, murid diharapkan mampu:

  • Menyimak ceramah dengan saksama dan kritis.

  • Mengidentifikasi struktur, isi, dan tujuan ceramah.

  • Menilai keefektifan isi dan penyampaian ceramah.

  • Menyimpulkan isi ceramah secara logis dan runtut.


🔑 Pengertian Ceramah

Ceramah adalah bentuk komunikasi lisan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, pemahaman, atau ajakan kepada pendengar dalam situasi formal atau semi formal.


🧱 Struktur Ceramah

  1. Pendahuluan: salam, pembukaan, dan pengantar topik.

  2. Isi: pokok pembahasan utama, bisa berupa informasi, argumentasi, atau ajakan.

  3. Penutup: kesimpulan, harapan, dan penutup (doa, salam).


🗣️ Ciri-Ciri Ceramah

  • Disampaikan oleh seorang pembicara (penceramah).

  • Disampaikan secara monolog, tapi bisa diselingi tanya jawab.

  • Bertujuan memberikan pengetahuan, ajakan, atau motivasi.

  • Menggunakan bahasa baku, komunikatif, dan persuasif.

  • Biasanya menggunakan alat bantu visual atau media pendukung.


👂 Langkah-Langkah Menyimak Ceramah

  1. Persiapan:

    • Fokuskan perhatian pada pembicara.

    • Siapkan alat tulis untuk mencatat poin penting.

  2. Selama menyimak:

    • Tangkap informasi utama dan detail penting.

    • Amati cara penyampaian, mimik, dan nada suara.

    • Evaluasi argumentasi dan data yang disampaikan.

  3. Setelah menyimak:

    • Buat rangkuman isi ceramah.

    • Sampaikan tanggapan atau refleksi secara tertulis/lisan.


📝 Teknik Mencatat Saat Menyimak

  • Gunakan peta konsep, bagan, atau kalimat singkat.

  • Fokus pada kata kunci, data penting, dan pendapat pembicara.

  • Buat pertanyaan untuk diperdalam setelah ceramah selesai.


🎧 Contoh Topik Ceramah

  • Bahaya penyalahgunaan narkoba

  • Pentingnya literasi digital

  • Etika dalam menggunakan media sosial

  • Menjaga lingkungan hidup


🧠 Contoh Soal Pemahaman Ceramah

Petikan Ceramah:
"Saudara-saudara, saat ini kita berada di era digital yang menuntut setiap individu cakap dalam literasi media. Tanpa literasi, kita akan mudah terjebak hoaks dan manipulasi informasi..."

Pertanyaan:

  1. Apa topik utama ceramah di atas?

  2. Apa tujuan dari ceramah tersebut?

  3. Bagaimana gaya bahasa yang digunakan pembicara?


🎯 Penilaian

  • Kognitif: tes pemahaman isi ceramah (soal pilihan ganda/uraian).

  • Afektif: sikap aktif dalam menyimak, antusiasme, dan ketertarikan.

  • Psikomotor: kemampuan mencatat, merangkum, dan menyampaikan kembali isi ceramah.


📌 Tugas/Latihan

  1. Dengarkan cuplikan ceramah (audio/video).

  2. Catat pokok-pokok isi ceramah.

  3. Buatlah ringkasan ceramah dalam 1 paragraf.

  4. Sampaikan kembali isi ceramah di depan kelas dengan gaya sendiri.


🧩 Penguatan Projek (Opsional)

Buat video ceramah singkat berdurasi 3–5 menit dengan tema yang relevan bagi remaja SMK. Gunakan bahasa yang komunikatif dan teknik retorika.


📎 Media & Sumber Belajar

  • Video ceramah 

  • Buku Bahasa Indonesia kelas XI (kurikulum Merdeka)

  • Lembar kerja menyimak ceramah


🌐 Keterkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila

  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME: Menyimak ceramah keagamaan.

  • Bernalar kritis: Mengevaluasi isi ceramah.

  • Komunikatif: Menyampaikan kembali isi ceramah secara lisan/tulisan.

Tidak ada komentar: