Selasa, 14 Juli 2020

SHARING DEVICE DALAM JARINGAN KOMPUTER (Pengertian dan Manfaat Sharing Device)


 

images

Pengertian dan manfaat sharing device :

  1. pengertian sharing device

Sharing device adalah proses pemakaian bersama periperal komputer dalam sebuah jaringan. Komputer pada jaringan tempat periperal terpasang secara fisik disebut server peripheral , contohnya server printer. Pada komputer yang bertindak sebagai server printer itu sebelumnya harus di lakukan pengaturan konfigurasi printer yang memungkinkan pengaksesan printer tersebut oleh anggota jaringan lain.

  1. Manfaat sharing device

a.dapat menghemat waktu,tenaga dan baiaya

b.file dari satu computer dapat di copy secara langsung ke computer lain dalm satu jaringan dengan menggnakan share device

Sharing Devices adalah proses pemakaian bersama perangkat komputer dalam suatu jaringan. Contoh yang paling umum adalah sharing printer, yaitu satu printer dapat digunakan semua komputer yang tergabung dalam suatu jaringan. Sebuah file atau folder juga bisa dishare agar dapat diakses oleh seluruh anggota lain pada jaringan, begitu juga disk drive atau cd room. 

Fasilitas sharing atau pemakaian bersama ini dapat emnghemat waktu, tenaga, biaya, dan sumber daya. Kamu tidak perlu repot untuk pindah ke komputer, kamu dapat mencetak dokumen langsung dari komputermu, walaupun printer terpasang pada komputer lain. 

Kamu juga tak perlu mengcopy file ke disket atau cd roo untuk memindahkan file ke komputer lain. Melalui fasilitas sharing folder, file di suatu komputer dapat di copy langsung ke komputer yang lain dalam suatu jaringan. Hal ini dapat emnghemat waktu dan biaya operasional. Sharing Device adalah proses pemakaian bersama perangkat komputer dalam suatu jaringan. Contoh : Sharing printer, Sharing Folder, Sharing DiskDrive dan sharing CD Rom Manfaatnya :

  Menghemat tenaga, biaya, waktu, dan sumber daya. 

 Dapat menggunakan sumber daya komputer lain langsng dari  komputer kita. 

 Dapat mengcopy file pada komputer lain secara langsung dari komputer kita.

Sharing Device adalah proses pemakaian bersama periperal komputer dalam sebuah jaringan. Sharing Device juga bisa disebut metode yang memanfaatkan peralatan pada suatu komputer oleh komputer lain. Jika diartikan secara bahasa, maka sharing berarti berbagi dan device berarti alat. Sehingga sharing device juga dapat diartikan sebagai berbagai peralatan (sumber daya) dan data (informasi) dalam bentuk file, gambar, video, audio, printer dan sebagainya.

12

Ø Alat yang dapat di Share

13

Alat yang dapat dibagikan dalam sebuah jaringan yaitu :

  1. Printer
  2. Hardisk
  3. Scanner
  4. Floppy disk drive
  5. CD ROM Drive
  6. File
  7. Folder

 

Ø Untuk Melakukan Sharing ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

  1. Jaringan sudah tekoneksi dengan baik
    2. Protokol sharing file dan printer sudah terinstall
    3. Setting Sharing dengan dengan benar.

Ø Manfaat Sharing Device

Sharing device memiliki beberapa manfaat atau keuntungan antara lain :

  1. Menghemat waktu
  2. Menghemat tenaga
  3. Menghemat biaya
  4. Dapat mengirim file dari satu computer secara langsung ke komputer lain dalam satu jaringan
  5. Satu device (contoh: printer) dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam satu jaringan. 

PROTOKOL SHARING DEVICE

Protol TCP/IP merupakan protokol default yang dipilih oleh Ms.windows. untuk sharing device juga digunakan protokol TCP/IP dengan setting komponen tertentu. 

Komputer yang bertindak sebagai server printer itu sebelumnya harus dilakukan pengaturan konfigurasi printer yang memungkinkan pengaksesan printer tersebut oleh anggota jaringan lain. Sebuah file atau folder (hard disk) juga dapat dishare agar dapat diakses oleh seluruh anggota jaringan,begitu pula drive (disk drive ataupun CD ROM). Seperti telah diulas sebelumnya, pemakaian bersama periferal ini dapat menghemat waktu, tenaga, biaya, dan sumber daya. Kita tidak perlu mendatangi komputer yang tersambung dengan printer untuk mencetak dokumen dikomputer kita (hemat waktu dan tenaga), pencetakan dapat kita lakukan melalui komputer kita dengan mengakses printer dikomputer lain tempat printer terpasang. Kita juga tidak perlu meng-copy file di komputer lain ke dalam disket ataupun CD untuk di-copy ke komputer kita (hemat biaya), prng-copy-an dapat dilakukan melalui shared folder. Untuk file-file yang dipakai bersama, tiap anggota jaringan tak perlu meng-copy ke masing-masing komputer, cukup salah satu anggota jaringan meletakkannya dalam shared folder (hemat kapasitas hard disk).

Protokol TCP/IP merupakan protokol default yang dipilih oleh MS.Windows. untuk sharing device juga digunakan protokol TCP/IP dengan setting komponen tertentu. Jika kita lihat kotak dialog Local Area Conecction Properties seperti pada saat melakukan setting IP dan DNS server, ada komponen bernama File and Printer Sharing for Microsoft Network. Kotak disebelah kiri komponen itu harus terseleksi agar kita dapat sharing file dan printer. 

melakukan Sharing File, Printer, Hardisk dan CD-room

CARA SHARING FILE PADA WINDOWS

Apabila Komputer sudah terkoneksi dengan jaringan atau sudah bisa berkomunikasi dengan komputer lain, maka salah satu fasilitas yang bisa digunakan adalah sharing file. Sharing file berfungsi untuk membagikan file kepada jaringan. Misalnya ada tiga buah komputer yang terhubung dengan jaringan. Komputer tersebut adalah komputer A, B, dan C. Komputer A ingin membagikan sebuah file, maka dilakukanlah share file pada komputer A, maka komputer B dan C bisa menggunakan file yang telah dishare oleh komputer A. Berikut adalah langkah-langkah sharing file:

  1. Klik kanan folder yang akan dibagikan, pilih Sharing and Security
  2. Apabila komputer belum melakukan sharing folder, maka ikuti langkah nomor 3 dan 4, apabila komputer pernah melakukan sharing folder, maka lanjutkan ke lagkah nomor 5
  3. Klik link If you understand the security…..
  4. Pilih Just enable file sharing, kemudian klik OK
  5. Checklist Share this folder on the network, lalu klik OK
  6. Jika diinginkan komputer lain boleh mengedit file yang di shared, maka checklist juga Allow network users to change my files

Untuk melakukan pengecekan terhadap file yang dishared, silahkan menuju ke komputer lain yang masih terhubung dengan jaringan, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka jendela explorer dengan mengklik kanan menu start, pilih explore
  2. Klik My Network Places
  3. Jika folder yang tersharing belum muncul, maka klik kanan My Network Places, kemudian pilih search for computers, masukan alamat IP dai komputer yang membagikan file, kemuduan pilih search.Cara Sharing Printer Pada Windows 
    2. Lalu buka Control Panel dan pilih Printer and Faxes (pada komputer utama)
    3. Akan muncul gambar printer, lalu klik kanan dan pilih Sharing

    sharing+printer

    4. Klik pada Share this printer, lalu Apply

    sharing+printer+1

    Sharing printer pada komputer lain di Windows XP
    Setelah setting printer pada komputer utama, berikutnya setting printer pada komputer lain agar terkoneksi dengan komputer utama, caranya :
    1. Pindah ke komputer lain yang akan dihubungkan dengan printer pada komputer utama.
    2. Klik tombol Start lalu pilih Printer and Faxes
    3. Klik Add a printer

    sharing+printer+2

    4. Akan tampil gambar Add printer Wizard, lalu klik Next

    sharing+printer+3

    5. Berikutnya pilih A network printer, or a printer attached to another computer, lalu klik Next

    sharing+printer+4

    6. Selanjutnya pilih browse for a printer dan klik Next

    sharing+printer+5

    7. Maka akan ditampilkan nama printer pada komputer utama, pilih jenis printernya dan klik Next. Kalau sudah lalu klik tombol Finish.

  4. Pastikan driver printer sudah terinstal pada komputer utama

 

Cara Sharing Drive Harddisk Win 7

Pada tutorial ini saya akan mencoba mengenalkan kepada teman-teman cara melakukan setting share drive pc untuk share LAN atau pada jaringan local, na sebelumnya teman-teman sudah memiliki kabel LAN, dan sudah mengerti setting LANnya ya. Oke, langsung saja langkah pertama silahkan teman-teman koneksikan komputer teman-teman dengan LAN pada PC lain.

Langkah1:

Screenshot_6

Klik kanan drive yang akan kita lakukan share, pada contoh ini drive E yang akan saya lakukan share. Kemudian Anda klik Properties. Langkah2:

1fqadef

Langkah3:

1fqadef

Na, lakukan setting seperti gambar diatas, kemudian klik Ok, dan Oke saja.

 

CARA SHARING CD ROM / CARA SHARING DVD DI WINDOWS XP

Kali Ini Saya akan Berbagi/ Sharing Tentang Bagaimana Cara Sharing CD ROM / DVD RW LEwat Jaringan LAN.  Hal Ini sangatlah Mudah, Tapi Bila tidak belajar Akan Terasa Sulit. Hal Ini Di Gunakan Ketika Ketika Teman Kita Tidak Punya CD ROM / DVD RW tapi Kita Punya.

 

Untuk Mengatasi Masalah Tersebut, Dapat Kita Manfaatkan Fasilitas Sharing Di Windows maupun Linux.  Dengan Fasilitas Sharing Tersebut, Kita Bisa Sharing / Berbagi Apa Saja Dengan Kita Baik File, Musik, Folder, Partisi, Modem, Printer, Dan Masih Banyak Lagi. Kali Ini Saya Akan Membahas, Cara Sharing / Berbagi CD ROM / DVD Dengan Teman.

 

Okay Ini Langkah-Langkahnya.

 

  1. Klik Tombol Start, Masuk Ke My Computer

1211

2. Klik kanan pada CD-ROM / DVD RW yang akan Kita Bagikan/ di share, Kemudian Pilih/ klik Share and Security.
12122
  1. KlikTombol If you ……..

22112

4. Centang / Beri tanda “Share this folder on the network”. Kemudian kasihkan nama pada “Share name”

2qwqw

5. Jika Sukses / berhasil, maka akan muncul icon tangan pada icon yang dishare.

Sampai disini proses sharing telah berhasil.

Selanjutnya akan kita bahas tentang bagaimana cara mengaksesnya dari komputer client.

1. Klik/ pilih My Network Places
asdasdasd
2. Klik/ pilih Share
3. Isi IP server ( IP yang Membagikan CD ROM / DVD Nya ) pada kolom atau Kotak pencarian, lalu klik search
4. Jika IP yang Kita ketikkan benar, maka akan muncul di sebelah kanan seperti pada gambar dibawah, double click IP itu.
adawdasdw

Tidak ada komentar: