Selasa, 12 Januari 2021

Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan. Selain itu komunikasi juga adalah penyampaian informasi yang berupa pesan, ide ataupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lainnya, dimana kedua pihak itu saling mengerti dengan apa yang dibicarakan. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal (lisan dan tulisan) atau nonverbal (sentuhan dan gerak tubuh).

Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.

Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Komunikasi nonverbal ( non verbal communication) menempati porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya.

Jenis – Jenis Komunikasi
  1. Komunikasi Lisan Komunikasi lisan adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tidak ada jarak dan peralatan yang membatasi.
  2. Komunikasi Tulisan Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung atau menggunakan media perantara. Komunikasi tulisan dapat berupa surat, SMS, e-mail dan lain sebagainya.
  3. Komunikasi Sentuhan Komunikasi sentuhan adalah komuniasi yang dilakukan oleh komunikator dengan komunikan dengan cara bersentuhan.
  4. Komunikasi Gerak Tubuh Komunikasi gerak tubuh adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh antara satu dengan yang lain agar saling mengerti.

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan komputer. Komunikasi dalam jaringan adalah komunikasi yang cara penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu (internet) tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

Sejarah Komunikasi Daring
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas di Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer - komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada komputer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web.

Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut dapat dilihat pada maraknya penjualan ponsel dengan harga murah dan tawaran kelengkapan fasilitas untuk mengakses Internet. Kegemaran berkomunikasi yang bermedia Internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual.

Keunggulan Komunikasi Daring
Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.

Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.

Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.

Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.

Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

Kelemahan Komunikasi Daring
Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring. Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software. Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima. Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

Jenis-Jenis Komunikasi Daring
Komunikasi dalam jaringan terbagi atas komunikasi sinkron (serempak) dan komunikasi asinkron (tidak serempak).
Komunikasi sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:

Text Chat
Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

Video chat
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call).
Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ Hangouts.
Video chatting sering disalahartikan dengan video conference. Video chatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).
Contoh komunikasi daring sinkron yang sering kita gunakan antara lain: komunukasi menggunakan aplikasi chat seperti BBM, Yahoo messenger, Line, google talk, MIRc dsb. Komunikasi dengan video chat seperti Skype, Line, Google Hangout dsb.

2. Komunikasi Daring asinkron (Tidak serempak)
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.

Komponen perangkat keras (hardware)
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, webcam dan perangkat pendukung koneksi internet, seperti : modem, wifi dan lain sebagainya.

Komponen perangkat lunak (software)
Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Contoh program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: browsser, skype, google+ hangout, yahoo, massenger dll.

Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)
Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring. Contoh perangkat nalar atau akal (brainware) yang menggunakan program atau yang melakukan komunikasi daring.

Melakukan Komunikasi Daring asinkron (Tidak serempak)

Membuat akun Gmail
Untuk mendapatkan layanan Gmail, kita harus membuat akun Gmail dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Bukalah web browser, kemudian ketik Gmail.com pada address bar dan tekan tombol Enter.
  2. Google akan mendeteksi dimana lokasi pengguna saat membukanya. Lokasi ditampilkan di pojok kanan bawah dipilih Indonesia. Klik link Buat akun (Create account) untuk membuat akun baru.
  3. Isilah semua kolom isian dengan biodata diri, misalnya sebagai berikut.
  4. Nama (Name), terdiri atas dua bagian, yaitu nama depan dan nama belakang. Misalnya dipilih Endang untuk nama depan dan Wulandari untuk nama belakang.
  5. Pilih nama pengguna (Choose your username), isilah sesuai dengan nama pengguna yang diinginkan. Isian ini digabungkan dengan @gmail.com, nantinya akan menjadi alamat e-mail. Gunakan hanya huruf, angka, dan titik (.), jangan gunakan spasi ketika menyusunnya, sebagai contoh dipilihlah alamat e-mail dengan nama: endangwulandari08@gmail.com.
  6. Jika nama pengguna yang diisi telah digunakan oleh orang lain, Gmail akan memberi tahu dan meminta untuk memilih nama pengguna yang lain. Misalnya pada contoh ini, “endangwulandari” telah digunakan oleh orang lain. Maka, endang mengubah nama penggunanya, misalnya dengan menambahkan angka 08.
  7. Buat sandi (Create a password), buatlah sandi yang kuat, minimal terdiri atas 8 karakter, gabungan dari angka dan huruf. Disarankan untuk memilih sandi yang baru dan belum digunakan sebelumnya, jangan gunakan sesuatu yang terlalu kentara seperti nama, asal daerah, hewan peliharaan. Dan jika bisa buatlah sandi menjadi sebuah frasa, misalnya: “Gapailah mimpi setinggi langit”.
  8. Konfirmasi sandi Anda (Confirm your password), ketik ulang sandi yang ditulis pada Buat sandi. Hal ini untuk memastikan bahwa pengguna tidak lupa ataupun salah ketik saat mengisi kolom isian sandi.
  9. Tanggal lahir (Birthday), isilah dengan tanggal lahir Anda, misalnya: 12 Pebruari 1998.
  10. Gender, pilih jenis kelamin.
  11. Nomor ponsel (Mobile phone), masukkan nomor ponsel. Nomor ponsel akan membantu Google untuk menjaga akun agar aman, misalnya Google akan mengirimkan sms untuk membantu jika lupa sandi.
  12. Alamat email saat ini (Your current location), masukkan jika memiliki akun lainnya. Jika tidak biarkan kosong. Isian ini berfungsi seperti nomor ponsel.
  13. Lokasi (Location), yang mendeteksi otomatis.
  14. Jika sudah lengkap, klik tombol Langkah berikutnya (Next step). Akan tampil pemberitahuan Privasi dan Persyaratan yang ditetapkan Google untuk pengguna Gmail. Klik tombol Saya setuju (I agree) untuk menyetujui layanan Google.
  15. Tampil pemberitahuan Selamat datang, yang menyatakan bahwa e-mail yang dibuat telah selesai. Klik tombol Lanjutkan ke Gmail (Continue to Gmail).
  16. Tampilan akun Gmail saat pertama kali adalah sebagai berikut. Pendaftar akan mendapat email pertama kali dari Tim Komunitas Google, klik untuk melihatnya.

Cara membuat akun Gmail baru Android atau HP dengan OS lainnya

  1. Cari menu setting atau pengaturan di HP
  2. Cari menu acoount atau akun
  3. Pilih add acoount atau tambah akun
  4. Cari ikon google
  5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account
  6. Pilih create a new account
  7. Isi nama depan dan nama belakang
  8. Klik next
  9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin
  10. Klik next
  11. Pilih nama sebagai username Anda
  12. Klik next
  13. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.
  14. Klik next
  15. Selanjutnya adalah memilih password Anda. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah.
  16. Klik next
  17. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi, jika Anda ingin mengisinya kemudian klik next jika tidak Anda klik skip
  18. Akan muncul kotak Privacy and Terms
  19. Klik I Agree
  20. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next
  21. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Anda bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next
  22. Aplikasi akan memproses. Setelah itu And akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.

TATA KRAMA KOMUNIKASI ASINKRON

Karena komunikasi melibatkan orang lain, hendak tatakrama dalam komunikasi hendak diperhatikan. Dalam penulisan email harus diperhatikan :
  • Gunakan bahasa yang sopan
  • Gunakan salam pembuka untuk memulai penulisan email, dan gunakan salam penutup untuk mengakhiri email anda
  • Jangan terlalu banyak menggunakan huruf kapital saat mengirimkan/membalas email
  • Tuliskan subyek, tentang tema email yang anda kirimkan
  • CC dan BCC digunakan pada saat anda mengirim email lebih dari satu
Berkomunikasi merupakan sebuah cara untuk memberitahukan pikiran, ide, gagasan, kritik ataupun saran serta curahatan hati seseorang kepada orang lain yang menjadi lawan berbicaranya. Seiring perkembangan jaman serta kecepatan jaringan internet sekarang ini yang sudah mulai merata hingga kepelosok desa membuat komunikasi dengan seseorang tidak lagi menjadi sulit, karena dimana saja dan kapan saja dapat berkomunikasi dengan orang yang diinginkan baik menggunakan Handphone, Smartphone atau melalui laptop / pc komputer. Oleh karena itu sekarang ini dikenal pula komunikasi melalui jaringan internet yang biasa disebut dengan komunikasi daring sinkron.


Komunikasi sinkron merupakan komunikasi antara seseorang dengan pihak lain yang menggunakan jaringan internet dan berlangsung secara langsung dan cepat dengan menggunakan Handphone, Smartphone atau melalui laptop / pc komputer yang terhubung ke jaringan internet. Komunikasi sinkron memiliki macam-macam media komunikasi, namun yang paling sering digunakan untuk berkomunukasi antara lain seperti BBM, Yahoo messenger, Line, Google talk, Google Hangout, Messenger, Facebook chat Whats App, dan lain sebagainya. Komunikasi sinkron memiliki kelebihan pada kecepatan transmisi pengiriman pesan yang lebih cepat, namun juga meniliki kekurangan yang memungkinkan pesan tersebut tidak sampai atau biasa disebut error. 

Komunikasi sinkron yang menggunakan komunikasi secara verbal atau bahasa tubuh haruslah memiliki tata krama yang baik dan benar agar lawan bicara tidak merasa tersinggung ataupun tersakiti, karena dengan mengetahui dan menggunakan tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar maka sesuatu yang disampaikan saat sedang berkomunikasi akan diterima dengan baik oleh lawan bicara. Selain itu tata krama yang baik pada saat berkomunikasi akan menunjukkan beberapa informasi diri. Berikut ini beberapa tata krama berkomunikasi sinkron yang baik dan benar untuk menjaga komunikasi kita berjalan dengan baik :

1. Sapa dengan semangatMemulai komunikasi dengan semangat akan memberikan efek positif untuk komunikasi yang akan dilangsungkan. Bahasa sebagai alat komunikasi yang baik haruslah memberikan semangat bagi orang yang mendengarnya, oleh karena itu biasakan sebelum berkomunikasi untuk menyapa lawan bicara dengan senyuman yang bersemangat atau kata – kata yang membawa semangat.

2. Tatap wajah lawan bicaraKetika lawan bicara sedang mengutarakan sesuatu, maka pandangan dan arah mata haruslah melihat dan memandang lawan bicara. Hal ini akan memberikan tanda kepada lawan bicara, bahwa apa yang diutarakannya didengarkan dengan baik. Jangan terlalu sering menoleh ke kiri – ke kanan karena akan memberikan kesan yang tidak sopan. (Baca Juga : Fungsi Media Komunikasi)
Sponsors Link


3. Jangan membicarakan keburukan orang lainSewaktu berbicara hendaklah membicarakan hal-hal yang baik dan bermanfaat agar komunikasi memiliki makna dan manfaat yang jelas. Janganlah komunikasi hanya diisi oleh percakapan-percakapan yang mengandung kebencian, SARA dan keburukan orang lain.

4. Jika batuk tutuplah mulutKetika sedang berkomukasi sinkron biasakanlah menjaga etika duduk, berdiri maupun etika lainnya yang harus dipatuhi dan dilakukan pada saat berkomunikasi. Terlebih jika sedang batuk atau bersin, maka tutuplah mulut dengan tangan untuk menghormati lawan bicara atau orang – orang disekitar.

5. Menggunakan kata – kata yang sopanPenggunaan kata – kata yang sopan harus digunakan ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang agar proses komunikasi efektif dan berjalan dengan penuh keceriaan serta tidak memiliki hambatan – hambatan komunikasi yang dapat membuat kesalahpahaman antara kedua pihak.

6. Jangan memaksaSetiap komunikasi yang berjalan dengan baik haruslah juga menggunakan kata-kata yang lembut dan jangan memaksa lawan bicara agar memenuhi segala tuntutan kita. Pada saat komunikasi antar pribadi berusahalah untuk meminta dengan lembut dan baik agar tujuan dari komunikasi dapat diterima dengan baik.

ads

7. Dengarkan dengan baikKetika sedang berkomunikasi maka akan terjadi percakapan panjang antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu tata krama atau etika komunikasi yang baik adalah ketika lawan komunikasi sedang berbicara, dengarkanlah dengan baik dan seksama agar lawan bicara tersebut merasa dihormati dan didengarkan keluh kesahnya.

8. Jangan berbicara terlalu cepatDalam komunikasi usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat atau tidak juga terlalu lambat agar lawan bicara dapat mendengarkan dengan jelas apa yang kita ucapkan. Intonasi atau penekanan nada dan ekspresi wajah juga jangan membuat lawan bicara merasa risih atau terancam. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi menjadi tidak baik, salah satunya adalah berbicara terlalu cepat.

9. Jaga sikap dan perilakuJika berkomunikasi melalui daring sinkron, sikap dan perilaku mungkin tidak akan terlahu kelihatan secara jelas. Tapi jika komunikasi dilakukan secara langsung baik pada saat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, hingga komunikasi antar budaya sikap dan perilaku haruslah dijaga karena sikap dan perilaku adalah cerimanan kepribadian seseorang. Janganlah melakukan hal-hal seperti memejamkan mata terlalu lama, menggaruk hidung atau menggigit bibir karena akan menimbulkan kesan yang tidak baik.

10. Berikan solusi ketika ada masalahPada saat komunikasi dilakukan ketika ada sebuah masalah, maka cobalah untuk memikirkan solusi dari masalah tersebut dan mengutarakannya. Memberikan solusi adalah komunikasi yang terbaik dibandingkan hanya sekedar bertanya dan memberikan argumentasi pandangan. Hal ini juga akan memunculkan kesan bahwa anda seorang penengah dan pemecah masalah yang baik.

11. Berkata jujur, jangan bertele – teleJika komunikasi dilakukan karena memiliki sebuah keinginan dan ingin dikomunikasikan dengan lawan bicara, maka berbicaralah secara jujur, meminta dengan lembut, tidak memaksa dan berikan alasan kenapa menginginkan dan membicarakan hal tersebut serta berikan pemahaman dengan baik dan benar dengan tidak bertele-tele.

12. Tulis yang ingin dibicarakan dengan rapiJika berkomunikasi menggunakan jaringan internet atau daring sinkron, maka sebaiknya untuk tidak menulis seluruh huruf pada kata-kata atau kalimat yang ingin disampaikan dengan huruf kapital. Penulisan huruf pada kalimat menggunakan kapital dapat diartikan bahwa yang mengirim pesan tersebut sedang marah atau berteriak. Selain itu, jangan gunakan jenis font ketikan yang aneh aneh. (Baca Juga : Fungsi Komunikasi Non Verbal)

13. Perkenalkan diri dengan sopanJika sedang berkomunikasi dengan orang – orang yang belum dikenal atau orang yang baru akan dikenalkan oleh seseorang, maka perkenalkanlah diri dengan sopan diikuti dengan nada atau volume suara yang lembut dan tidak setengah berteriak. Memperkenalkan diri bisa Anda jadikan sebagai alat untuk mencairkan suasana dan memberikan kesan kepada lawan bicara bahwa Anda adalah orang yang ramah dan sopan.
Sponsors Link


14. Selingi dengan humorHumor ataupun bahan bercandaan sangat penting sekali digunakan ketika sebuah komunikasi terasa dingin dan sudah berjalan dengan kurang baik. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan humor sebagai pembangkit keceriaan sewaktu berkomunikasi, agar komunikasi kembali ceria dan ketegangan antar orang yang sedang berkomunikasi berkurang. Tapi perlu diingat juga humor ataupun bercandaan yang digunakan tidaklah untuk menyindir seseorang.

15. Hargai pendapat orang lainKetika komunikasi dilakukan secara berdiskusi atau berkelompok, maka dengarkan dan hargailah pendapat orang lain agar diskusi dapat berjalan dengan baik. Jangan terlalu sering mendebat perkataan orang lain, tapi lebih seringlah menulis hal-hal penting yang diutarakan oleh orang lain karena dengan begitu pendapat yang juga akan kita utarakan, juga akan dihargai dan diterima dengan baik oleh lawan bicara kita.

Sebenarnya masih banyak etika yang harus dipatuhi pada saat berkomunikasi dengan orang lain, baik pada saat kita melakukan komunikasi langsung dan tidak langsung yang bertujuan untuk membuat komunikasi berjalan dengan lancar. Etika komunikasi sangat erat hubungannya dan bahkan tidak terpisahkan dari elemen-elemen komunikasi yang sering kita gunakan. Namun biasanya, komunikasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tatakrama atau etika yang sudah ditetapkan melalui sebuah rumusan bersama. Seperti misalnya ketika berkomunikasi secara pribadi maka digunakanlah etika komunikasi antar pribadi, begitu juga ketika sedang berkomunikasi masalah organinasi atau bisnis maka yang biasa dipakai adalah etika komunikasi organinasi atau etika komunikasi bisnis.

Tidak ada komentar: