Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadi Internet. Internet berasal dari interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3.

Komunikasi daring menjadi mungkin dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an, setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi atau PC(personal computer). Latar belakang komunikasi daring dalam pembelajaran dan penelitian dapat dibagi menjadi dua periode yang berbeda, ditandai oleh pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980-an dan munculnya world wide web pada pertengahan 1990-an.

Pada periode pertama, sejak pertengahan 1980-an para pendidik menemukan potensi media pendidikan untuk pengajaran bahasa (Cummins, 1986). Integrasi komunikasi yang dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri dibagi menjadi dua: yang pertama, beberapa pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur pertukaran informasi jarak jauh, dan yang kedua, pendidik mulai menggunakan program perangkat lunak sinkron (Daedalus Interchange. Daedalus Inc, 1989) untuk memungkinkan percakapan komputer antarkelas.

Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Komunikasi virtual pada abad ini dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja. Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut dapat dilihat pada maraknya penjualan ponsel dengan harga murah dan tawaran kelengkapan fasilitas untuk mengakses Internet. Kegemaran berkomunikasi yang bermedia Internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual.

  1. Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.

  1. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.
  2. Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.
  3. Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
  4. Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
  5. Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
  6. Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
  2. Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
  3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
  4. Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
  1. Jenis komunikasi daring

Penggunaan jenis sarana komunikasi akan mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi. Terdapat 2 jenis komunikasi daring.

a. Komunikasi daring sinkron (serempak)

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:

  • Text chat

Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama – sama sedang menggunakan Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

  • Video chat

Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chattingbiasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ HangoutsVideo chatting sering disalahartikan dengan video conference.

b. Komunikasi daring asinkron (tak serempak)

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

  1. Fungsi Komunikasi Dalam Jaringan

Beberapa fungsi dari komunikasi jaringan adalah :

  1. Kendali adalah komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harud dipatuhi.
  2. Motivasi adalah komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan  untuk memperbaiki kinerja itu dibawah standar.
  3. Pengungkapan emosional adalah bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial. Komunikasi yang terdiri di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.

Contoh Kelemahan dan Kelebihan Jaringan Sinkron dan Asinkron

Facebook chat

Facebook chat termasuk sinkron

  • Kelebihan :
  1. Memiliki tampilan yang user friendly (bersahabat)
  2. Memiliki fitur chat yang digunakan untuk bersosialisasi
  3. Memiliki fitur group yang digunakan untuk mengumpukan orang orang tertentu
  • Kekurangan :
  1. Terlalu rame tampilanya (banyak iklan, dll)
  2. Susah berkomunikasi dengan orang terkenal (artis, dll)
  3. Tidak memiliki fitur follow (yang ada fitur add)

Website

Website termasuk asinkron

  • Kelebihan  :
  1. Konten
  2. layout dapat berubah-ubah.
  3. Menggunakan dynamic html (DHTML).
  4. Menggunakan pemrograman server untuk mengatur perubahan data.
  5. Dapat menggunakan CMS (content management system) untuk mengubah konten website.
  6. Konten web dan layout halaman dibuat terpisah, sehingga loading halaman lebih cepat.
  7. Dapat menggunakan database untuk menyimpan konten.
  8. Bisa mepasilitasi komunikasi dua arah antara admin dan visitor.
  9. Konten terbaru selalu berada di urutan pertama karena untuk memperjelas konten yang diupdate.
  • Kekurangan     :
  1. Lebih kompleks, sehingga sulit dalam pencarian Search Engine.

KASKUS

Kaskus termasuk jenis komunikasi dalam jaringan sinkron.

  • Kelebihan  :

Bisa berbagi, saling tanya & jawab. banyak forum yg disediakan, bisa diberi gambar animasi lucu-lucuan, ekspresi sampai foto yg bsa menegaskan maksd posting, terdapat menu khusus jual beli. Jadi jika ingin jualan atau cari barang bisa langsung masuk.

  • Kekurangan :

banyak informasi yang tidak penting/tidak jelas, harus memiliki akun, memiliki hardwarenya

VIDEO CALL

Video Call termasuk sinkron

Telepon video (bahasa Inggris: videophone) adalah telepon dengan layar video dan mampu menangkap video (gambar) sekaligus suara yang ditransmisikan. Fungsi telepon video sebagai alat komunikasi antara satu orang dengan orang yang lainnya secara waktu nyata (real-time). Saat ini telepon video sangat berguna bagi orang tuli dan bisu, karena melalui telepon video, komunikasi bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa isyarat melalui layanan video tersebut. Begitu juga untuk orang-orang yang berada di tempat lain yang jauh dan ingin berkomunikasi dengan orang yang berada di tempat lain yang jauh pula. Telepon video dapat digunakan sebagai alat yang dapat menyalurkan gambar serta suara dalam bentuk video sehingga terlihat seperti nyata.

 cara penggunaa video call facebook       :

  1. klik tombol yang berbambar kamera video
  1. nanti akan muncul tab lagi yang digunakan untuk video call
  1. selesai

kelemahan :

  1. tergantung pada masing pc/laptop biasanya pc/laptop ada yang tidak mempunyai web cam
  2. tergantung orang yang online menerima atau menolak
  3. tidak bisa video call dengan orang yang offline

keuntungan   :

  1. bisa bertatap muka langsung lewat video call
  2. sangat mudah dan tidak ribet

ini tidak bisa digunakan untuk perusahaan kecuali online shop saja ini jeni asinkron

EMAIL YAHOO!

Email termasuk jenis kondaring asinkron, karena kita dapat mengirim sebuah email, tapi kita tidak menerima balasan secara langsung, kita bisa menerima balasan setelah penerima membalas email kita.

Kelebihan :

  1. sebagai alat surat menyurat.
  2. menyediakan fasilitas gratis.
  3. fasilitas yang diberikan lengkap.
  4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs local.
  5. mengeluarkan fitur Yahoo Messenger via Yahoo Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat ber-messenger ria ketika sedang membuka Yahoo
  6. fasilitas perlindungan spam.
  7. Fasilitas Pop dan forwarding
  8. sudah tersedia dibanyak negara/mendunia

Kekurangan :

  1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn.
  2. sering disalah gunakan karna terlalu mudah membuat ID.
  3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banya.
  4. tidak mementingkan mesin pencari sehingga pemakai harus membuat folder-folder untuk mempermudah pencarian.
  5. banyak iklan
  6. server sering bermasalah