1. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....
a. Belajar konsep
b. Belajar teknis
c. Belajar emansipatoris
d. Belajar praktis
e. Belajar aktif
Kunci Jawaban : E
2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan(hipotesis), mencoba - coba(trial and error), mencari dan menemukan keteraturan(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum , membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....
a. Humanistic
b. Konstruktivistik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Behavioristik
Kunci Jawaban : B
3. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu
yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan
teori belajar....
a. Konstruktivistik
b. Behavioristik
c. Kognitivistik
d. Humanistik
e. Rekonstruktivistik
Kunci Jawaban : B
4. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
a. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
b. Kemampuan berinteraksi
c. Kemampuan untuk memecahkan masalah
d. Kemampuan mengemukakan pendapat
e. Kemampuan berkomunikasi
Kunci Jawaban : C
5. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....
a. Mampu mengalami sebuah kejadian
b. Mampu memahami permasalahan
c. Mampu memahami sebuah kejadian
d. Mampu membuat peraturan
e. Mampu memecahkan masalah
Kunci Jawaban : E
6. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai
dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang
diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal
ini merupakan prinsip belajar dari ....
a. Konseptualisasi
b. Conditioning
c. Trial and error
d. Stimulus respon
e. Shaping
Kunci Jawaban : C
7. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
a. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
b. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
c. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
d. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang
keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
e. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
Kunci Jawaban : C
8. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan
belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna
tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya
belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut
merupakan aliran dari teori ....
a. Humanistik
b. Behavioristik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Konstruktivistik
Kunci Jawaban : E
9. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu
terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu
manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut
merupakan bagian dari teori ....
a. Sibernetik
b. Kognitivistik
c. Behavioristik
d. Humanistik
e. Konstruktivistik
Kunci Jawaban : D
10. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya
melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta
didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini
merupakan tahapan dari......
a. Konflik
b. Ikonik
c. Intuitif
d. Simbolik
e. Enaktif
Kunci Jawaban : B