MODUL I
KB 1 : Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21
KB 2 : 1. Peran Teknologi dan Media dalam Pembelajaran Abad 21
2. TIK dalam Pembelajaran
KB 3 : 1. Prinsip-prinsip pembelajaran efektif abad ke 21
2. Merancang pembelajaran dan strategi pembelajaran abad ke 21
3. Prinsip-prinsip penilaian efektif abad ke 21
MODUL II
KB 1 : 1. Kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian
2. Kompetensi pedagogik guru abad 21
KB 2 : 1. Profesi guru dalam pandangan yuridis
2. Profesi guru dalam pandangan akademik
3. Kriteria profesi bidang pendidikan
4. Penilaian kinerja guru
5. Pengembangan keprofesian berkelanjutan
6. Merubah paradigma tentang profesi guru
7. Profesi guru abad 21
MODUL III
KB 1 : Teori belajar Behavioristik
KB 2 : Teori belajar Kognitif
KB 3 : Teori belajar Konstruktivis
KB 4 : Teori belajar Humanis
MODUL IV
KB 1 : Karakteristik umum peserdik, gender, etnik, usia, kultur, status sosial, minat dan bakat
KB 2 : 1. Mengidentifikasi kecakapan dasar spesifik peserta didik.
2. Mengakomodasi pembelajaran berdasarkan kecakapan dasar spesifik peserta didik
KB 3 : Gaya Belajar
1. Kekuatan dan preferensi perseptual dan mengaplikasinya dalam pembelajaran
2. Kebiasaan memproses informasi dan aplikasinya dalam pembelajaran.
3. Kecerdasan majemuk dan strategi mengembangkannya.
4. Motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran.
5. Faktor – faktor fisiologis dan aplikasinya dalam pembelajaran.
MODUL V
KB 1 : Model pembelajaran
KB 2 : Media pembelajaran
KB 3 : Pengembangan bahan ajar
KB 4 : Perencanaan pembelajaran
MODUL VI
KB 1 : Pengukuran, penilaian, tes dan evaluasi
KB 2 : Penilaian otentik
KB 3 : Tes hasil belajar
KB 4 : Menelaah tes hasil belajar
KB 1 : Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21
KB 2 : 1. Peran Teknologi dan Media dalam Pembelajaran Abad 21
2. TIK dalam Pembelajaran
KB 3 : 1. Prinsip-prinsip pembelajaran efektif abad ke 21
2. Merancang pembelajaran dan strategi pembelajaran abad ke 21
3. Prinsip-prinsip penilaian efektif abad ke 21
MODUL II
KB 1 : 1. Kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian
2. Kompetensi pedagogik guru abad 21
KB 2 : 1. Profesi guru dalam pandangan yuridis
2. Profesi guru dalam pandangan akademik
3. Kriteria profesi bidang pendidikan
4. Penilaian kinerja guru
5. Pengembangan keprofesian berkelanjutan
6. Merubah paradigma tentang profesi guru
7. Profesi guru abad 21
MODUL III
KB 1 : Teori belajar Behavioristik
KB 2 : Teori belajar Kognitif
KB 3 : Teori belajar Konstruktivis
KB 4 : Teori belajar Humanis
MODUL IV
KB 1 : Karakteristik umum peserdik, gender, etnik, usia, kultur, status sosial, minat dan bakat
KB 2 : 1. Mengidentifikasi kecakapan dasar spesifik peserta didik.
2. Mengakomodasi pembelajaran berdasarkan kecakapan dasar spesifik peserta didik
KB 3 : Gaya Belajar
1. Kekuatan dan preferensi perseptual dan mengaplikasinya dalam pembelajaran
2. Kebiasaan memproses informasi dan aplikasinya dalam pembelajaran.
3. Kecerdasan majemuk dan strategi mengembangkannya.
4. Motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran.
5. Faktor – faktor fisiologis dan aplikasinya dalam pembelajaran.
MODUL V
KB 1 : Model pembelajaran
KB 2 : Media pembelajaran
KB 3 : Pengembangan bahan ajar
KB 4 : Perencanaan pembelajaran
MODUL VI
KB 1 : Pengukuran, penilaian, tes dan evaluasi
KB 2 : Penilaian otentik
KB 3 : Tes hasil belajar
KB 4 : Menelaah tes hasil belajar