Kamis, 04 Maret 2021

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 PPG Terbaru: Konsep Dasar Ilmu Pendidik



1. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....
a. Belajar konsep
b. Belajar teknis
c. Belajar emansipatoris
d. Belajar praktis
e. Belajar aktif
Kunci Jawaban : E

2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan(hipotesis), mencoba - coba(trial and error), mencari dan menemukan keteraturan(pola), menggeneralisasi  atau   menyusun rumus beserta bentuk umum , membuktikan benar   tidaknya  dugaannya  itu. Hal ini merupakan  penerapan teori belajar....
a. Humanistic
b. Konstruktivistik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Behavioristik
Kunci Jawaban : B

3. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....
a. Konstruktivistik
b. Behavioristik
c. Kognitivistik
d. Humanistik
e. Rekonstruktivistik
Kunci Jawaban : B

4. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
a. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
b. Kemampuan berinteraksi
c. Kemampuan untuk memecahkan masalah
d. Kemampuan mengemukakan pendapat
e. Kemampuan berkomunikasi
Kunci Jawaban : C

5. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....
a. Mampu mengalami sebuah kejadian
b. Mampu memahami permasalahan
c. Mampu memahami sebuah kejadian
d. Mampu membuat peraturan
e. Mampu memecahkan masalah
Kunci Jawaban : E

6. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

a. Konseptualisasi
b. Conditioning
c. Trial and error
d. Stimulus respon
e. Shaping
Kunci Jawaban : C

7. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
a. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
b. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
c. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
d. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
e. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
Kunci Jawaban : C

8. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ....
a. Humanistik
b. Behavioristik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Konstruktivistik
Kunci Jawaban : E

9. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....
a. Sibernetik
b. Kognitivistik
c. Behavioristik
d. Humanistik
e. Konstruktivistik
Kunci Jawaban : D

10. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......
a. Konflik
b. Ikonik
c. Intuitif
d. Simbolik
e. Enaktif
Kunci Jawaban : B