1.
Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam
perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi
media itu sendiri, yang disebut sebagai?
a. Media konvergensi
b. Media Berbasis web
c. Media Berbasis TIK
d. Multimedia
e. Media transformasi
2.
Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang
mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital,
merupakan deskripsi dari standar....
a. Memfasilitasi pembelajar kekinian
b. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
c. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
d. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
e. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
3.
Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara
keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di
sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan
teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian
juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya,
termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks
pembelajaran adalah ....
a. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.
b. Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
c.
Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah
dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
d.
Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa,
karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan
media.
e. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.
4.
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah
memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang
begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran,
tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa
menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang
teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar
untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument
itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
a.
Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja
logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti
kehendak teknologi dan media.
b.
Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses
pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena
teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses
pembelajaran.
c. Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbulkan pengaruh buruk
d.
Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh
teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus
beradaptasi dengan perkembangan baru ini.
e.
Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran
guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di
antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan
problem pembelajaran.
5.
Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam
kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah ....
a. Sebagai media hibran
b. Sebagai media promosi
c. Sebagai media komunikasi
d. Sebagai media literasi
e. Sebagai media sumber belajar
6.
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel
bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan
dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan
belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis
komputer yang disebut....
a. Situational tools
b. Interacting with others
c. Independent tools
d. Interactive tools
e. Alternative tools
7.
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial
yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas
belajar di seluruh penjuru dunia....
a. wiki
b. podcast
c. blog
d. web
e. proquest
8. Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah....
a. Personal Response System (PRS)
c. Community of Practice (Komunitas Praktik)
d. Interactive Instruction and Personal Response System
e. Interacting with others
9. Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan....
a. Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa
b. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
c. Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
d. Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
e. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
10. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari:
a. Diterminisme ICT
b. Diterminisme budaya
c. Diterminisme teknologi dan efek media
d. Diterminisme teknologi
e. Diterminisme sosial
Tes Formatif Modul 1 KB2 PPGDALJAB Pedagogik (Quiz M1 KB2)
1. Berikut yang bukan merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah sebagai berikut....
a. interactive instruction
b. dubbing
c. interacting with others
d. community of practice
e. personal response systsem
2. Guru secara terus menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya dengan cara ....
a. mempromosikan dan model digital citizenship dan tanggung jawab
b. interaktif dan komunikatif
c. terlibat dalam pertumbuhan dan profesional kepemimpinan
d. model kerja dan belajar digital-age
e. memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreatifitas siswa
3. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah....
a. sebagai media promosi
b. sebagai sumber belajar
c. sebagai media interaktif
d. sebagai media literasi
e. sebagai media komunikasi
4. Guru dalam pembelajaran berbasis digital menggunakan perangkat digital handlehand. Hal ini sesuai dengna peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa
a. mobile tools
b. community of practice
c. mobile assessment tools
d. personal response system (PRS)
e. interactive instruction
5. Berikut ini yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
a. web
b. blog
c. podcast
d. wiki
e. proquest
6. Salah satu contoh konkret penggunaan aplikasi untuk media pembelajaran yang digunakan guru saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah
a. corel draw
b. power point
c. macromedia flash
d. MS word
e. wiki
7. File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh langsung ke perangkat seluler adalah pengertian dari
a. web
b. blog
c. podcast
d. wiki
e. html
8. Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut...
a. interactive tools
b. situational tools
c. media tools
d alternative tools
e interacting with others
9. Ilustrasi pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad ke 21 ditandai dengan....
a. peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia
b. keterampilan motorik yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
c. hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital
d. peningkatan game online dalam pembelajaran
e. interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
10. Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital merupakan deskripsi dari standar
a. mempromosikan dan model digital citizenship dan tanggung jawab
b. professional guru
c. memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreatifitas siswa
d. model kerja dan belajar digital-age
e. memfasilitasi dan menginspirasi pembelajaran dan kreatifitas siswa
Tes Formatif Modul 1 KB3 PPGDALJAB Pedagogik (Quiz M1 KB3)
1. Mengapa dukungan infrastruktur pembelajaran berperan penting dalam pencapaian kompetensi abad 21? Karena menjadi faktor penunjang yang signifikan
2. Model pembelajaran yang sering diterapkan guru pada pembelajaran abad 21 diantaranya ....Problem BAsed Learning
3.
Siswa membuat keputusan, dan membuat kerangka kerja dan terdapat
masalah yang pemecahannya tidak ditentukan sebelumnya. Hal ini merupakan
ciri khas model belajar
Project Based Learning
4. Berikut ini yang merupakan tipe pembelajaran Cooperative Learning....
Think Pair Share
5.
Rancangan pembelajaran abad 21 yang harus disiapkan guru mencakup tiga
hal pokok. Berikut yang bukan termasuk tiga hal pokok tersebut...Tujuan PEmbelajaran
6. Rancangan pembelajaran di abad 21 diharapkan dapat disusun oleh guru dengan tujuan untuk...Mengembangkan potensi siswa melalui pemanfaatakan TIK dan media online
7.
Berikut karakteristik model suat pembelajaran 1) Working autonomy 1)
Practical relevance 3) Learning of soft skills 4) Cooperation of
university and practice. Model pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik di atas adalah...
Project Oriented Learning
8.
Penyusunan rancangan pembelajaran pada kurikulum 2013 tentnag penilaian
menyesuaikan karakteristik belajar abad 21 bercirikan...Adanya penilaian autentik
9. Model pembelajaran Cooperative learning berikut yang paling sesuai untuk membelajarkan membaca dalam Bahasa Indonesia adalah...Team Games Tournament (TGT)
10.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen
rancangan pembelajaran berikut yang tidak termasuk komponen RPP yaitu...Penilaian Kepala Sekolah
Tes Formatif Modul 1 KB4 PPGDALJAB Pedagogik (Quiz M1 KB4)
Selanjutnya, setelah anda membaca mengenai tes formatif modul 1 dari KB1
KB2 KB3 dan KB4, sekarang anda bisa mengikuti tes sumatif dengan soal
dan jawaban seperti tersemat di bawah ini!
1.
Di abad ke 21 guru dapat mengarahkan pembelajaran lebih banyak pada
diskusi, memecahkan masalah hingga melakukan proyek yang merangsang
siswa untuk...
Berpikir kritis
2. Sekarang ini banyak yang sepakat bahwa masyarakat Indonesia mengalami transisi dari masyarakat offline menuju masyarakat...Online
3.
Kemunculan masyarakat informasional itu ditandai dengan lima karakter
dasar, antara lain ada teknologi yang bertindak berdasarkan informasi.
Pernyataan berikut yang sesuai dengan karakteristik tersebut...Perkembangan teknologi mengikuti perkembangan informasi
4. Ciri utama masyarakat informasi adalah bahwa semua aktivitas masyarakatnya berbasis pada...Pengetahuan
5.
Kehadiran e-learning guru abad 21 juga dituntut untuk kreatif dan
inovatif dalam memanfaatkan media baru (new media) untuk pembelajaran
berbasis web. Oleh karena itu guru perlu mempuyai kompetensi untuk
menerapkan....Multimedia
6.
Terdapat ungkapan bahwa buku bisa digantikan dengan teknologi, tetapi
peran guru tidak bisa digantikan bahkan harus diperkuat. Pada era
sekarang abad 21, guru harus mampu memanfaatkan...Teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif
7.
Diperlukan adanya transformasi kultural dari model pembelajaran yang
berprinsip searah, top-down dan memosisikan peserta didik sebagai pihak
pasif ke arah model pembelajaran konstruktivistik yang berorientasi pada...Peserta didik
8.
Pendidikan memegang peranan sangat pentingdan strategis dalam membangun
masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan: 1)melek teknologi
dan media, 2)melakukan komunikasi efektif, 3)berfikir kritis,
4)memecahkan masalah dan...Berkolaborasi
9. Guru harus mulai membiasakan untuk merasakan pembelajaran digital yang terus berkembang melalui cara...Menggunakan TIK pada hal sederhana dan praktis
10.
Karakteristik guru abad 21 di tengah pesatnya perkembangan era
teknologi digital bagaimanapun harus mampu melakukan transformasi
kultural. Karena itu transformasi mengandaikan terjadi proses pergantian
dan perubahan dari sesuai yang dianggap lama menjadi sesuatu yang
dianggap...Baru
11.
Penerapan model.....seperti pembelajaran kooperatif, metode diskusi
curah pendapat dan debat perlu diintensifkan sehingga melatih siswa
memiliki kemampuan bertanya dan tidak takut bertanya dalam upaya
mengembangkan kemampuan berfikir krtitis dan pemecahan masalah...Konstruktivistik
12.
Melalui pola pembelajaran hibrida yang memanfaatkan perangkat komputer
ataupun smartphone yang terkoneksi pada jaringan internet memberikan
peluang seluas-luasnya bagi guru dan siswa untuk melakukan aktivitas
belajar sambil melakukan aktivitas lain termasuk rekreatif secara
bersama-sama. Inilah disebut pembelajaran...Multitasking
12. Abad ke 21 salah satunya ditandai dengan munculnya fenomena masyarakat digital. Hal ini sering diidentikkan dengan...Masyarakat informasi
13.
Pada awal dekade sembilanpuluhan telah ada buku The Second Media Age
yang mengabarkan datangnya periode baru yaitu hadirnya teknologi
interaktif dan komunikasi jaringan terutama sejak hadirnya internet.
Buku tersebut disusun oleh...Mark Poster
14. Pada abad ke 21 guru harus meningkatkan profesionalnya dengan meningkatkan
Minat baca
16.
Fenomena generasi abad 21 memiliki kecakapan nilai dan perilaku seperti
rasa keingintahuan tinggi, kepercayaan diri dan keberanian. Tindakan
yang tepat oleh seorang guru menyikapi hal tersebut yaitu...Guru memerankan sebagai administrator dan motivator di sekolah
17.
Pembelajaran berbasis media baru (new media)maka mengedepankan
egalitarianism, kesetaraan, emansipatif dan partisipatif dalam proses
komunikasinya, maka student-center lebih sesuai dengan prinsip
pembelajaran...Online
18. Masyarakat di Indonesia di era digital abad ke 21 ini ditandai dengan...Semua belum terjangkau internet
19. Berikut ini pandangan yang penting dimiliki seorang guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yaitu...Pemanfaatan TIK harus menjadi bagian terintegrasi dalam pembelajaran
20. Pada abad ke 21 guru juga dituntut untuk bisa menuangkan gagasan-gagasan inovatifnya dalam bentuk...Karya Ilmiah
21. Gelombang keempat atau biasa disebut gelombang 4.0 dicirikan sebagai berikut
Pola-pola komunikasi dua arah
22. Jika hubungan sosial lama menempatkan tempat dengan prinsip kedekatan, ikatan komunikasional adalah meletakan tempat pada...Jarak jauh
23. Menurut Lash generasi kedua ekonomi baru adalah komunikasional, karena hal intu sentralitasnya adalah...Internet dan sektor jaringan
24.
Guru abad 21 harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode
belajar atau mencari pemecahan masalah-masalah belajar sehingga
meningkatkan.......pembelajaran berbasis TIK. (Kualitas)
25.
Ketika transformasi digunakan untuk menjelaskan konsep transformasi
budaya maka mengandaikan terjadinya proses alih ubah nilai, sikap dan
praksis dalam aktivitas kebudayaan. Tindakan seorang guru berikut yang
mencerminkan adanya tranformasi budaya adalah...Mengembangkan sikap kritis terhadap dampak positif dan negatif penggunaan TIK
26.
Guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk
mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir
kritis. Dari pernyataan tersebut maka guru harus berperan sebagai...Fasilitator
27.
Informasi tidaklah secara ekslusif, tetapi sebagian besar dalam kaitan
ini bahwa kita hidup dalam era informasi. Pernyataan tersebut dikatakan
oleh...Scott Lash
28.
Menurut Lash generasi pertama perkembangan ICT secara fundamental
adalah informasional dengan sektor kuncinya adalah semikonduktor,
software (sistem operasi dan aplikasi) dan...Computer
29.
Kemampuan gurudalam posisi sebagai fasilitator ini berarti harus
mengubah cara berpikir bahwa guru adalah pusat (teacher center) menjadi
siswa adalah pusat (student center) sebagaimana dituntut dalam...Kurikulum 2013
30.
Transformasi kultural, bila diterapkan dalam kaitannya dengan
perkembangan model pembelajaran hibrid, maka konsep transformasi
kultural tentu mengandaikan proses alih ubah dari nilai tradisional ke
nilai pembelajaran...Modern