Petunjuk :
Pilihlah satu pernyataan yang paling sesuai dengan diri anda.
1. Apabila
seseorang memilih menjadi insan beriman pada Tuhan, maka menurut Anda
sikap mental seperti apa yang paling penting dimilikinya ?
| ||||||||||||||
a. Mempercayai dengan sepenuhnya bahwa setiap tindakan manusia berada dalam pengawasan dan pemeliharaan Tuhan
| ||||||||||||||
b. Memiliki
pilihan moral yang baik di saat punya peluang besar mendapatkan
keuntungan duniawi namun dihadapkan pada tuntutan beribadah.
| ||||||||||||||
c. Amanah dengan pekerjaan karena meyakini bekerja sebagai ibadah.
| ||||||||||||||
d. Rendah hati dan senantiasa bersyukur.
| ||||||||||||||
e. Terbuka untuk mempelajari pengetahuan tentang agama dan keyakinannya.
| ||||||||||||||
2. Komitmen pribadi dalam berketuhanan dalam kehidupan sehari-hari menurut Anda lebih banyak diwujudkan dengan ….
| ||||||||||||||
a. Melakukan kerja bakti atau bakti sosial.
| ||||||||||||||
b. Peduli dan memiliki keinginan menolong sesama
| ||||||||||||||
c. Mendukung kegiatan keagamaan.
| ||||||||||||||
d. Mengawali hari dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa.
| ||||||||||||||
e. Berbaik sangka pada orang lain.
| ||||||||||||||
3. Berdasarkan
pengalaman Anda sebelumnya, metode manakah yang paling sesuai untuk
meningkatkan kepekaan peserta didik terhadap tata nilai dalam
masyarakat multikultural ?
| ||||||||||||||
A. Widyawisata.
| ||||||||||||||
B. Tugas terstruktur.
| ||||||||||||||
C. Bermain peran.
| ||||||||||||||
D. Diskusi kelompok.
| ||||||||||||||
E. Simulasi.
| ||||||||||||||
4. Pernyataan yang paling tepat menggambarkan keyakinan Anda yang sesungguhnya tentang tugas keguruan adalah ….
| ||||||||||||||
a. Menampilkan antusiasme dan semangat.
| ||||||||||||||
b. Posisi strategis guru sebagai pengelola mutu pendidikan peserta didik.
| ||||||||||||||
c. Merencanakan strategi pengajaran yang meningkatkan minat belajar peserta didik.
| ||||||||||||||
d. Bekerjasama dengan komunitas profesional lain dalam menunjang keberhasilan belajar.
| ||||||||||||||
e. Membina hubungan positif dengan peserta didik.
| ||||||||||||||
5. Ketika bekerja bersama dengan rekan sesama guru, Anda akan ….
| ||||||||||||||
a. Kerelaan untuk mengemukakan diri secara terbuka.
| ||||||||||||||
b. Menyediakan waktu membantu kelancaran tugas bersama dengan sesama guru.
| ||||||||||||||
c. Mengharapkan pengertian dari sesama rekan guru.
| ||||||||||||||
d. Menyampaikan ide atau gagasan, secara jelas dan sistematis.
| ||||||||||||||
e. Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya.
| ||||||||||||||
6. Pada
sebuah pertemuan dengan orangtua untuk melaporkan kemajuan belajar
peserta didik, tindakan pertama mana yang Anda pilih ?
| ||||||||||||||
a. Memaparkan
hal positif dari kemampuan dan minat peserta didik, agar orangtua
tergerak berbicara tentang anaknya lebih lanjut.
| ||||||||||||||
b. Mengamati kondisi peserta didik dan orangtuanya untuk perbandingan antara respon peserta didik di rumah dan di sekolah.
| ||||||||||||||
c. Menyerahkan buku laporan kemajuan peserta didik.
| ||||||||||||||
d. Mencatat informasi dan kehadiran orangtua.
| ||||||||||||||
e. Mendengar tuntutan dan kritik orangtua.
| ||||||||||||||
7. Bekerja sistematis menurut Anda yang utama adalah ketika ….
| ||||||||||||||
a. Bekerja menurut intuisi.
| ||||||||||||||
b. Bekerja sesuai prosedur dan dengan target fleksibel.
| ||||||||||||||
c. Bekerja bertahap sesuai rencana memperoleh capaian proses pembelajaran yang lebih baik.
| ||||||||||||||
d. Bekerja keras dengan sungguh sungguh meski dalam kondisi penuh tekanan.
| ||||||||||||||
e. Bekerja sesuai rutinitas.
| ||||||||||||||
8. Sebagai
seorang guru dengan peserta didik yang memiliki permasalahan
berbeda-beda, tentu Anda memiliki cara tersendiri menghadapinya.
Pilihan di bawah ini yang paling sesuai mewakili tindakan Anda terkait
hal tersebut adalah ….
| ||||||||||||||
a. Mendengarkan keluhan dan melayani kebutuhan serta minat masing masing siswa.
| ||||||||||||||
b. Menyampaikan materi pelajaran yang dikaitkan dengan kegunaannya di kehidupan nyata.
| ||||||||||||||
c. Memberikan pengarahan dengan jelas dan dimengerti oleh masing masing peserta didik.
| ||||||||||||||
d. Menggunakan pendekatan pengajaran yang lebih problematik sehingga siswa terdorong untuk berfikir.
| ||||||||||||||
e. Menunjukkan toleransi yang sama kepada semua siswa.
| ||||||||||||||
9. Seorang
siswa yang Anda kenal tengah menghadapi masalah keluarga yang berat,
dan nilai-nilai pelajaran yang diperoleh menjadi menurun, maka pertama
Anda akan mengambil langkah ....
| ||||||||||||||
a. Memberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk perbaikan nilai.
| ||||||||||||||
b. Mengajak siswa berbicara dari hati ke hati tentang kondisi tersebut.
| ||||||||||||||
c. Cukup menyapa hangat saat istirahat sekolah.
| ||||||||||||||
d. Meminta kepada teman-temannya untuk tetap mengajak bercanda dan berinteraksi seperti biasa.
| ||||||||||||||
e. Memberi teguran keras karena prestasi belajarnya menurun.
| ||||||||||||||
10. Tindakan mana yang Anda pilih ketika ada seorang siswa Anda mengalami kemalangan ?
| ||||||||||||||
a. Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaannya, dan memberi dukungan atas kebutuhan atau keinginannya saat itu.
| ||||||||||||||
b. Memberinya bantuan dana.
| ||||||||||||||
c. Berbagi cerita dengannya tentang perasaannya saat itu.
| ||||||||||||||
d. Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung.
| ||||||||||||||
e. Meminta teman-temannya saja untuk menggantikan Anda datang menemuinya
| ||||||||||||||
11. Saat
ini anda baru tiga bulan bekerja sebagai guru pengganti mata
pelajaran matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga jadwal
mengajar menjadi padat serta ditambah tugas non akademik. Beberapa
peserta didik merasa kesulitan sehingga nilai ulangannya rendah. Apa
yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi tersebut ?
| ||||||||||||||
a. Memberikan
pelajaran tambahan di luar jam belajar mengajar bagi peserta didik
yang mendapat nilai rendah meskipun sibuk karena sudah menjadi
tanggung jawab saya.
| ||||||||||||||
b. Meminta bantuan pada peserta didik llain yang lebih pandai untuk mengajari.
| ||||||||||||||
c. Meminta beberapa peserta didik tersebut mengikuti les pelajaran diluar sekolah.
| ||||||||||||||
d. Menganjurkan
peserta didik yang mendapat nilai rendah untuk belajar kelompok
karena anda sibuk dengan tugas non akademik di sekolah.
| ||||||||||||||
e. Menegur peserta didik tersebut agar mereka belajar lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi sadar.
| ||||||||||||||
12. Jika
anda melihat kurangnya fasilitas ruang laboratorium serta peralatan
untuk praktikum yang kurang lengkap. Sebagai guru, apa yang akan anda
lakukan ?
| ||||||||||||||
a. Berinisiatif
untuk mengajak siswa melakukan praktikum dengan laboratorium alam
bebas atau di luar ruangan dengan memanfaatkan kejadian-kejadian yang
sifatnya alamiah.
| ||||||||||||||
b. Berupaya untuk mengkomunikasikan terbatasnya fasilitas kepada pihak sekolah, dan memberikan solusi untuk mengatasinya.
| ||||||||||||||
c. Menciptakan
laboratorium temporary dengan cara meminjam kelas lain yang kosong
untuk dijadikan sebagai ruang laboratorium sementara sampai ada solusi
untuk menjawab persoalan tersebut.
| ||||||||||||||
d. Berupaya mengoptimal apa yang sudah ada disekolah secara maksimal.
| ||||||||||||||
e. Menyerahkan segala permasalahan tersebut untuk diselesaikan sendiri oleh pihak sekolah.
| ||||||||||||||
13. Saat
ini anda adalah seorang guru yang sedang ijin belajar untuk studi S2.
Pada suatu ketika Anda dihadapkan dengan tugas kuliah yang menumpuk
dan waktu pengumpulannya mendesak, tapi di sisi lain Anda juga harus
mempersiapkan materi yang akan disampaikan saat mengajar. Apa yang
anda lakukan ?
| ||||||||||||||
a. Saya
akan mempersiapkan materi mengajar dengan sebaik-baiknya terlebih
dahulu agar peserta didik dapat memahami pelajaran selanjutnya saya
akan mengerjakan tugas kuliah.
| ||||||||||||||
b. Saya akan memberikan penugasan mandiri kepada peserta didik karena tugas kuliah mendesak untuk dikerjakan.
| ||||||||||||||
c. Saya
akan berusaha menjalankan kedua aktivitas saya dengan melakukan
manajemen waktu dengan baik dan yang menjadi prioritas adalah
mengajar.
| ||||||||||||||
d. Saya
akan menyelesaikan tugas kuliah terlebih dahulu dimalam hari dan
selanjutnya sebelum kelas dimulai saya akan mempersiapkan materi untuk
mengajar.
| ||||||||||||||
e. Saya akan mencari alasan untuk tidak masuk mengajar untuk dapat menyelesaikan tugas kuliah.
| ||||||||||||||
14. Anda
diterima sebagai guru di SMA swasta yang ada di Surabaya sedangkan
tempat tinggal Anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam
untuk sampai di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam
hari kerja. Selain itu anda juga diminta pihak sekolah untuk
mengerjakan tugas administrasi diluar jam kerja. Apa yang akan anda
lakukan ?
| ||||||||||||||
a. Sementara saya akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di dekat rumah.
| ||||||||||||||
b. Saya
akan tetap menjalankan tugas saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya
meskipun tempat mengajar jauh dan banyak tugas tambahan yang harus
diselesaikan.
| ||||||||||||||
c. Saya sering merasa kelelahan dengan jarak tempuh rumah yang terlalu jauh dengan sekolah.
| ||||||||||||||
d. Saya merasa terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan faktor ekonomi saja.
| ||||||||||||||
e. Saya
akan tetap bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta
dispensasi tidak diberi tugas tambahan diluar jam mengajar karena
rumah terlalu jauh.
| ||||||||||||||
15. Anda
adalah guru yang mendapatkan tugas dari Kepala Sekolah untuk
melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan metode pembelajaran
untuk peserta didik agar dapat meningkatkan efektivitas sistem
pembelajaran di Sekolah. Namun, sekolah tidak memiliki dana untuk
mengadakan penelitian tersebut. Bagaimana anda menyikapi persoalan
tersebut ?
| ||||||||||||||
a. Saya
akan mengajukan prosopal penelitian saya pada penelitian yang
diselenggarakan Pemerintah agar mendapatkan bantuan dana sehingga
mampu menyelesaikan penelitian secara optimal.
| ||||||||||||||
b. Saya
akan tetap melaksanakan tugas penelitian tersebut sampai tuntas
dengan memanfaatkan fasilitas yang ada secara optimal dan tidak akan
menyurutkan semangat saya dalam memberikan hasil yang terbaik.
| ||||||||||||||
c. Saya akan menolak secara halus tugas yang diberikan Kepala Sekolah apabila saya merasa kurang siap dalam menyelesaikannya.
| ||||||||||||||
d. Saya
merasa kurang tertarik dengan tugas yang diberikan Kepala Sekolah
apabila kurang mendapatkan dukungan dana yang dibutuhkan.
| ||||||||||||||
e. Saya akan meminta bantuan dari rekan guru yang lain untuk menyelesaikan penelitian saya.
| ||||||||||||||
16. Seorang
guru di tempat anda mengajar menunjukkan ketidakpedulian pada semua
peserta didiknya. Guru tersebut hanya datang saat mengajar dan tidak
berkenan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan pelajaran.
Sebagai teman sejawat sesame guru apa yang akan anda lakukan ?
| ||||||||||||||
a. Saya akan mengajukan usulan kepada kepala sekolah agar memberikan teguran pada guru tersebut.
| ||||||||||||||
b. Saya
akan melakukan pendekatan secara persuasif pada guru tersebut agar
mau membimbing peserta didiknya yang menalami kesulitan dalam
pelajaran.
| ||||||||||||||
c. Saya
akan mengajukan saran kepada kepala sekolah agar mengevaluasi kinerja
guru setiap bulan sehingga diharapkan dapat memperbaiki kekurangan
guru dalam melaksanakan tugasnya.
| ||||||||||||||
d. Saya akan diam saja karena hal ini bukan merupakan tanggung jawab saya.
| ||||||||||||||
e. Saya
akan meminta teman terdekat dari guru tersebut untuk menyampaikan
nasehat agar berkenan untuk membimbing peserta didiknya.
| ||||||||||||||
17. Sekolah
tempat anda bekerja memberikan seragam baru untuk semua guru. Seragam
tersebut motifnya bagus akan tetapi berbahan tebal dan panas sehingga
membuat yang memakai tidak merasa nyaman. Teman sejawat banyak yang
enggan memakainya dan ada juga yang melakukan protes terhadap
kebijakan memakai seragam kerja. Apa yang akan anda lakukan ?
| ||||||||||||||
a. Mengikuti teman sejawat yang tidak mau memakai seragam kerja.
| ||||||||||||||
b. Melakukan protes terhadap kebijakan keharusan memakai seragam kerja.
| ||||||||||||||
c. Mengikuti aturan yang telah ditetapkan dengan memakai seragam kerja yang sudah diberikan.
| ||||||||||||||
d. Memilih pasif dalam menghadapi situasi yang terjadi.
| ||||||||||||||
e. Membeli
motif yang sama akan tetapi memilih bahan yang lebih baik untuk
dijahitkan sendiri agar tetap kelihatan memakai seragam yang sama.
| ||||||||||||||
18. Anda
adalah guru yang bekerja di SMP Swasta di Surabaya. Pada suatu hari
anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang
lebih besar dibandingkan profesi anda saat ini sebagai Guru. Apa yang
akan anda lakukan ?
| ||||||||||||||
a. Saya
akan tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun dengan
kesejahteraan yang lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan lain
karena menjadi guru sudah menjadi cita-cita.
| ||||||||||||||
b. Saya
akan tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun suatu saat nanti
saya ingin pindah ke sekolah lain yang lebih tinggi tingkat
kesejahteraannya.
| ||||||||||||||
c. Saya akan menolak tawaran pekerjaan tersebut saat ini, namun saya mau membuka diri untuk menerimanya di kemudian hari.
| ||||||||||||||
d. Saya
akan menerima tawaran tersebut tanpa berpikir panjang dan segera
mengundurkan diri secara baik-baik di sekolah tempat saya mengajar.
| ||||||||||||||
e. Saya akan mempertimbangkan tawaran pekerjaan tersebut demi masa depan yang lebih baik.
| ||||||||||||||
19. Anda
adalah guru yang mengajar di SMA. Beberapa peserta didik anda
memiliki bakat melukis. Anda ditugaskan sekolah untuk memilih salah
satu peserta didik untuk mewakili sekolah dalam mengikuti lomba
melukis antar sekolah. Ada tiga peserta didik yang anda kenal dekat
dan baik dibandingkan peserta didik lainnya. Apa yang akan anda
lakukan untuk menentukan pilihannnya ?
| ||||||||||||||
a. Saat
memilih perwakilan saya akan melibatkan guru kesenian dan kepala
sekolah agar terjadi obyektivitas dalam menentukan pilihan.
| ||||||||||||||
b. Saya
akan mengadakan lomba melukis antar peserta didik dalam sekolah
dengan tim penilai guru kesenian dan kepala sekolah. Selanjutnya
peserta didik yang memenangkan lomba yang berhak mewakili sekolah.
| ||||||||||||||
c. Saya
akan meminta peserta didik menyerahkan hasil karyanya yang dibuat
dirumah untuk dinilai oleh guru kesenian. Selanjutnya yang terbaik
akan mewakili sekolah mengikuti lomba.
| ||||||||||||||
d. Saya akan memilih peserta didik yang mudah dihubungi. e. Saya akan memilih peserta didik yang mewakili sekolah berdasarkan kedekatan saya secara pribadi.
|