Kamis, 09 Juli 2020

SOFTWARE MIND MAPPING (PETA MINDA) DAN MEMBUAT MIND MAP DENGAN MS WORD

Cara Membuat Peta Minda

Dibawah ini merupakan cara membuat peta minda.

  • Pertama, tentukan terlebih dahulu bahan bacaan.
  • Tentukan konsep-konsep yang relevan.
  • Urutkan konsep-konsep tersebut mulai dari yang paling inklusif sampai yang paling tidak inklusif atau contoh-contoh.
  • Susunlah konsep-konsep tersebut di atas kertas, mulai dari konsep yang paling inklusif di puncak ke konsep yang paling tidak inklusif.
  • Kemudian hubungkan kosep yang berkaitan dengan garis-garis penghubung dan memberi kata penghubung pada setiap garis punghubung tersebut.
  • Kembangkan peta minda yang telah dibuat tersebut. Contohnya dengan menambahkan dua atau lebih konsep yang baru ke setiap konsep yang sudah ada di dalam peta minda.
mempermudah urusan salah satunya dengan memetakan permasalahan dan solusi pemecahannya. Tidak hanya bermasalah pada urusan untuk memulai menulis juga bisa memulai dengan memetakan ide ide pokok. Kalau dalam sebuah buku biasanya juga ada di awal bab pembahasan peta konsep. Kalau dalam sebuah website ada peta situs/sitemap. Dengan demikian perlunya sebuah peta konsep yang bagus dan menarik untuk mempermudah urusan-urusan dan mempermudah para membaca memahami apa isi pokok dan alur dari yang akan disampaikan melalui peta konsep tersebut. Untuk mempermudah dan menyenangkan pembaca maka buatlah sebuah peta konsep yang bagus dan menarik.

Ada banyak Aplikasi yang bisa membantu dengan mudah membuat peta konsep yang bagus dan menarik diantaranya adalah sebagai berikut :

1. MindMaple Lite

Dalam tulisan saya sebelumnya, saya telah mengatakan bahwa Aplikasi Mindmaple Lite adalah aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas dan aktifitas secara visual dalam membuat sebuah peta proyek, pemetaan konsep, dan ide ide anda. Menurut saya dan pernah saya lakukan untuk membuat sebuah peta konsep saya lebih memilih mindmape Lite dibandingkan dengan aplikasi lainnya selain saya merasa nyaman dan mudah membuatnya, aplikasi ini bisa membuat hasil peta konsep yang bagus dan menarik. Tentu saja semua orang berbeda, maka  bisa jadi anda lebih memilih mudah menggunakan aplikasi lainnya untuk membuat peta konsep dari aplikasi ini. Setelah mengetahu tentang mindmaple Lite silahkan anda baca Cara membuat peta konsep dengan Mindmaple Lite yang pernah saya publish di blog ini juga. Baca Cara membuat peta konsep dengan Mindmaple Lite

Jika anda tertarik untuk mencoba membuat peta konsep menggunakan MindMaple Lite silahkan anda download aplikasinya melalui laman website Mindmaple Lite : www.mindmaple.com

2. Edrwa Mindmap
Membuat peta konsep menggunakan aplikasi Edraw Mindmape bisa dikatakan sangat mudah dibandingkan Mindmaple Lite. Palikasi Edraw MindMape adalah apilkasi membuat peta konsep dengan instan. Aplikasi ini bisa dikatan instan karena dalam aplikasi ini disedian berbagai template, disediak berbagai tools style, fitur fitur, effek dan berbagai contoh peta konsep. Sebagai pemula dan ingin cepat selesai aplikasi ini direkomendasikan.

Jika anda tertarik untuk mencoba membuat peta konsep menggunakan Edraw silahkan anda download aplikasinya melalui laman website Edraw : www.edrawsoft.com

3. Free Mind
Free Mind adalah salah satu aplikasi yang populer dikalangan para profesional dalam membuat peta konsep. Aplikasi ini dipilih oleh meraka karena aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap. Jika anda pemula direkomendasikan menggunakan software yang mudah saja, Tapi jika anda ingin mempelajarinya juga tidak salah. 

Jika anda ingin mencoba membuat peta konsep sperti para profesional silahkan anda download aplikasinya di sini : Dowload

4.  Mind Meister
MindMeister adalah alat pemetaan pikiran secara online yang memungkinkan Anda menangkap, mengembangkan dan berbagi ide secara visual. Lebih dari 6 juta orang sudah menggunakan pikiran editor peta pemenang penghargaan kami untuk brainstorming, pencatatan, perencanaan proyek dan ton tugas kreatif lainnya. MindMeister benar-benar berbasis web, yang berarti tidak ada Download dan tidak ada update

Jika anda tertarik dan ingin mencoba membuat sebuah peta konsep atau peta pikiran memalui aplikasi ini silahkan anda coba. Ingat aplikasi ini secara online anda harus terkoneksi internet. Coba d www.mindmeister.com

5. Coggle
Coggle adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat peta konsep atau pikiran. Coggle tidak jauh beda dengan MindMeister, aplikasi ini juga dijalan secara online, dan anda harus mendaftar lebih dahulu.
Jika anda ingin mencoba aplikasi ini silahkan anda coba di https://coggle.it/

Ada yang lebih familar dan software yang sudah umum kita gunakan dan tidak dikhususkan untuk membuat mind mapping yaitu  ms word. berikut langkahnya :

Cara membuat mind mapping di Microsoft Word

1. Buka aplikasi Microsoft Word > Blank document

Buat dokumen kosong baru, lalu ubah orientasi page jadi landscape.

2. Buat shape tepat di bagian tengah dokumen lalu tulis ide utama di sana

cara membuat mind mapping di microsoft word 1

Cara paling mudah untuk memulai membuat mind map adalah meletakkan ide utama di tengah-tengah. Klik menu Insert > Shape > pilih shape yang diiginkan. Untuk memasukkan teks, klik kanan pada shape > Add text.

3. Letakkan ide-ide yang berhubungan di sekeliling ide utama lalu hubungkan dengan garis

cara membuat mind mapping di microsoft word 2

Selanjutnya kita tinggal menempatkan ide yang berhubungan di sekeliling ide utama, lalu menghubungkannya dengan garis. Beri jarak antar shape agar nanti masih ada ruang untuk ide lain yang muncul.

4. Tambahkan icon atau clip untuk membuat mind map jadi lebih menarik

cara membuat mind mapping di microsoft word 3

Kita juga bisa berkreasi dengan menambahkan icon untuk membuat mind map jadi lebih menarik. Untuk menambahkan icon klik Insert > icon. Pilih icon yang cocok lalu atur ukurannya.

5. Teruskan mind mapping hingga semua ide pendukung kita letakkan di sekeliling ide utama

cara membuat mind mapping di microsoft word 4

Masukkan semua ide yang muncul ke dalam mind mapping. Letakkan di sekeliling ide utama tadi lalu hubungkan dengan garis penghubung. Kita juga bisa menambahkan gambar agar terlihat lebih menarik.

6. Letakkan ide penghubung di antara ide utama dan ide turunan

cara membuat mind mapping di microsoft word 5

Nah tadi diawal saya katakan untuk menyisakan ruang antar ide, tujuannya adalah agar kita bisa meletakkan ide penghubung yang muncul antara ide-ide yang sudah kita buat. Selalu sisakan ruang agar kita bisa memasukkan ide yang tiba-tiba muncul saat membuat mind mapping.

7. Rapikan susunan mind mapping

Setelah semua ide kita tumpahkan ke dalam mind map, selanjutnya kita tinggal menyusunnya agar terlihat lebih rapi. Selesai.

Bagaimana? ternyata membuat mind mapping yang menarik di Microsoft Word tidak susah bukan.

Kalian bisa menggunakan segenap imajinasi untuk membuatnya lebih menarik lagi. Ini adalah hasil mind mapping yang saya buat dari tutorial di atas:

cara membuat mind mapping menarik di microsoft word

Silakan dikembangkan dengan kreasi kalian masing-masing. Semoga menginspirasi

Tidak ada komentar: