Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Menyimak |
Peserta
didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan,
arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai
tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu
mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang
disimak. |
Membaca
dan Memirsa |
Peserta
didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan,
pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca
berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu
mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Peserta didik mampu mengevaluasi dan
merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari
membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu
mengapresiasi berbagai tipe teks. Peserta didik mampu mengaitkan isi teks
dengan hal lain di luar teks. |
Berbicara
dan Mempresentasikan |
Peserta
didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau
pesan dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar
wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu
menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Peserta didik mampu
mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Peserta
didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta
menyimpulkan masukan dari mitra diskusi. |
Menulis |
Peserta
didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi
untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu
menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks
refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional
dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu menerbitkan
tulisan hasil karyanya di media cetak, elektronik, dan/atau digital. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar